Saat di masa pandemi seperti sekarang, ternyata bisnis era digital justru hadir sebagai solusi penyegar ekonomi tanah air. Bisnis era digital pun juga menghadirkan kemudahan dalam pengelolaan pekerjaan terkait sumber daya manusia (SDM) seperti aplikasi penggajian online, aplikasi absensi digital, aplikasi kalkulator pajak karyawan dan lain sebagainya.

Laporan yang dirilis tahun 2019 oleh beberapa perusahaan seperti Temasek, Google, dan Bain&Co memperkirakan pertumbuhan ekonomi digital yang ada di Indonesia mencapai 49 persen per tahun. 

Selain itu, bisnis digital di Indonesia dari sisi e-commerce setiap tahun bertumbuh cukup pesat dan diprediksi mampu menembus angka US$ 130 miliar pada 2025. Berdasarkan fakta tersebut, Indonesia masuk ke dalam deretan negara dengan kekuatan ekonomi digital terbesar di dunia.

Baca juga: Tren Bisnis 2022: Go Digital untuk Profit Maksimal

Tantangan Bisnis Era Digital 

Meski menjadi solusi di masa pandemi, menjalankan bisnis digital di Indonesia bukanlah hal yang mudah, ya. Jika ingin sustain, setidaknya kamu harus mempelajari apa saja tantangan yang bakal dihadapi seperti di bawah ini. 

bisnis era digital
Tantangan bisnis era digital bagi pengusaha | Hadirr

Persaingan bisnis era digital yang sengit

Teknologi yang terus berinovasi dari waktu ke waktu semakin memudahkan untuk saling terhubung antara saluran bisnis satu dengan yang lainnya kapan dan di mana saja. Bila ingin bisnis yang dijalankan tetap bertahan, diperlukan pembaharuan secara berkala agar tidak tertinggal dari kompetitor. 

Menyediakan layanan yang serba cepat

Jika berbicara tentang bisnis di zaman serba digital, akan berkorelasi dengan faktor kecepatan. Bisnis yang dapat menyajikan layanan produk atau jasa dengan cepat dan praktis banyak diminati oleh konsumen dari segala usia. Bisnis juga bisa berjalan dan tahan lebih lama. Sebaliknya, jika bisnis era digital perusahaan tidak mampu memberikan layanan yang cepat, pasti lama-kelamaan akan ditinggalkan oleh konsumen. 

SDM yang harus mengikuti zaman

Bukan hanya teknologi yang dituntut terus berkembang, tapi Sumber Daya Manusia (SDM) juga harus ikut bertumbuh agar dapat adaptif menyesuaikan penggunaan teknologi tersebut. Jangan sampai pelaku bisnis sudah mengeluarkan modal besar untuk memanfaatkan teknologi, tapi tidak didukung dengan tim yang terampil dan produktif.

Itulah sebabnya pemilik bisnis perlu melakukan peningkatan pemahaman akan pentingnya pengelolaan SDM yang baik dan tepat serta memberikan pelatihan khusus demi menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pendukung Bisnis Online Terbaik untuk Pebisnis Muda

Strategi Memulai Bisnis Era Digital

Dari tantangan yang sudah diketahui, kamu juga perlu merancang strategi yang sesuai dalam menjalani bisnis era digital. Berikut beberapa di antaranya!

peluang bisnis digital
Peluang bisnis digital di masa pandemi | Hadirr

Cari tahu target pasar bisnis

Peluang bisnis digital dapat terbuka lebar jika kamu paham siapa target pasar dari usaha yang akan dibangun. Salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu menentukan beberapa aspek seperti demografi, geografi, behaviour, dan lainnya.

Memudahkan layanan konsumenmu

Semakin memudahkan layanan dan menjawab kebutuhan konsumen maka bisnis era digital yang sedang kamu rintis bisa banyak disukai. Terlebih jika dapat mempermudah kehidupan sehari-hari konsumenmu. 

Cari tahu platform dan buat konten yang tepat untuk memasarkan produkmu

Bisnis era digital tak terlepas dari pemanfaatan media sosial dan juga website sebagai sarana pemasaran. Namun, tidak semua platform media sosial dan konten yang disajikan cocok untuk memasarkan bisnismu. 

Itulah sebabnya penting untuk mencari tahu di mana biasanya target audience dari bisnismu menggunakan media sosial dan jenis konten apa yang mereka sukai. Pastikan juga jika website dan media sosial bisnismu menggunakan SEO agar berada di halaman pertama mesin pencari, sehingga mudah ditemukan. 

Lakukan analisis terhadap kompetitor

Persaingan yang begitu ketat membuat kamu perlu secara cermat melakukan analisis terhadap keunggulan dan kelemahan kompetitor. Dengan begitu, kamu bisa menghadirkan produk atau jasa yang lebih baik dan unik dari pesaingmu.

Itu tadi apa saja tantangan dan strategi dalam menjalani bisnis era digital yang perlu dipahami. Untuk memudahkan kamu menjalani bisnis era digital juga perlu didukung dengan aplikasi yang membantu mengelola absensi seperti Hadirr dan penggajian karyawan seperti Gadjian.

Solusi Praktis untuk Bisnis Era Digital

Sedangkan aplikasi Hadirr merupakan absensi berbasis web (e-absensi) & reimbursement online yang dapat diandalkan untuk memantau kinerja karyawan lapangan, karyawan dari jarak jauh, pekerja work from home (WFH), dan tim sales. Di dalamnya sudah dilengkapi dengan fitur absensi digital, jadwal shift kerja, sales visit dan reimbursement online

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Baca Juga: Absensi Digital Karyawan Ini Mudahkan Pekerjaan HRD

Sedangkan aplikasi Gadjian merupakan layanan payroll software online berbasis cloud yang dapat dimanfaatkan para HR atau business owner untuk menghitung gaji, PPh 21, THR, BPJS dan lainnya secara online & otomatis.

Pekerjaan administrasi HR lainnya seperti manajemen absensi karyawan, cuti, pola kerja, lembur, dan elemen-elemen lain juga dapat dikelola dengan mudah melalui aplikasi HRIS Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: RE