Panduan Mudah Cara Membuat KPI Sales dan Contohnya – Ada banyak cara untuk meningkatkan sales performance, seperti meningkatkan kapasitas individu tim, menciptakan manajemen yang transparan, dan menentukan strategi penjualan yang tepat.

Cara terbaik untuk melihat kinerja sales sesungguhnya sepanjang siklus penjualan ialah melalui alat ukur KPI (Key Performance Indicator) penilaian kerja sales. 

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara membuat KPI perusahaan, khususnya untuk tim sales Anda.

Baca Juga: Cara Melakukan Penilaian Kinerja Sales yang Tepat

Pentingnya KPI Sales dalam Perusahaan

KPI sales adalah matriks berisikan serangkaian indikator kuantitatif yang dibuat untuk menilai kinerja tim sales. Matriks tersebut membantu Anda melihat apakah setiap tugas dan tanggung jawab sudah dijalankan dengan baik dan apakah target penjualan sudah tercapai.

KPI untuk sales sangat berguna dalam menganalisis dan mengelola kinerja sales secara individu atau tim, sebab berlandaskan pada data. Secara umum, dasar penetapan KPI dibagi atas dua hal, yaitu penilaian kondisi perusahaan dan tindakan yang hendak diambil untuk mengatasi kondisi tersebut.

Misalnya, dalam kuartal terakhir, penjualan perusahaan Anda mengalami penurunan yang berdampak terhadap penurunan revenue. Strategi manajer penjualan mengatasinya ialah dengan meningkatkan target penjualan dan menentukan siapa saja yang akan dilibatkan. 

Tahapan Cara Membuat KPI Sales

KPI harus menunjukkan hal yang berhubungan dengan hasil yang diharapkan perusahaan Anda. Ikuti langkah-langkah cara membuat KPI sales berikut :

1. Tetapkan target perusahaan (goal setting)

Langkah pertama ini berupa menetapkan tujuan yang hendak diraih perusahaan dalam waktu yang ditetapkan serta langkah-langkah yang dilaksanakan karyawan untuk mencapainya. 

Sebagai contoh, target Anda adalah meningkatkan pendapatan penjualan tahun ini sebesar 20%. Key indicator-nya adalah peningkatan dan penurunan penjualan dalam periode waktu tertentu, lalu Anda bisa menetapkan indikator penilaian yang sesuai dengan jabatan. 

2. Tentukan struktur organisasi dan deskripsi tugas

Langkah ini bertujuan menghindari tumpang tindih jabatan dan menjelaskan pekerjaan masing-masing peran, sehingga bisa diberikan key indicator yang tepat.

Misalnya indikator KPI untuk sales yaitu : jumlah kontak, perusahaan dan deals yang dihasilkan setiap sales, target penjualan individu, jumlah closing setiap bulan, jumlah ticket pada setiap tahapan, aktivitas sales, status tugas, penyelesaian tugas, dan win rate

Baca Juga: 5 Tips Tingkatkan Performa Tim Sales Lapangan

3. Buatlah standar penilaian dan identifikasi faktor suksesnya

Standar penilaian bisa dalam bentuk key result areas dan indikator. Anda harus mengenali faktor sukses setiap indikator, misalnya Anda menargetkan omset penjualan sebesar 75 juta rupiah per bulan, yang terbagi atas 40 juta dari pelanggan lama dan 35 juta dari pelanggan baru. Dengan faktor sukses ini, Anda jadi lebih mudah memberi penilaian kinerja.

4. Susun matriks penilaian sales dan jangka waktunya

Langkah terakhir menyusun KPI sales adalah membuat matriks dalam bentuk tabel sederhana dengan membagi tanggung jawab karyawan ke dalam beberapa key result areas dan indikator, disertai bobot dan targetnya. 

Bobot (weight) KPI setiap indikator ditentukan berdasarkan kepentingan tugas dan harus didiskusikan antara manajer dan karyawan. Jumlah bobot total adalah 100.

Contoh KPI Sales

Untuk memahami KPI sales, berikut ini salah satu contoh KPI sales yang sederhana. Anda bisa memodifikasi bobot masing-masing KPI sesuai kebutuhan, namun jumlahnya harus mencapai 100 persen.

Cara Membuat KPI Sales
Begini Cara Membuat KPI Sales dan Contohnya | Hadirr

Dari penilaian KPI di atas, sales yang bersangkutan mencapai target yang ditentukan, bahkan melebihi. Hal ini nantinya berkaitan dengan pemberian reward karyawan dalam bentuk kenaikan gaji atau promosi. Contohnya :

contoh kpi sales
Contoh KPI sales | Hadirr

Bagaimana Cara agar Lebih Fokus Meningkatkan Kinerja Sales?

Sebagai HR, Anda bersama manajer departemen penjualan membuat KPI sales, lalu diturunkan kepada setiap sales. Fungsi KPI tidak sebatas sebagai sarana pemberian imbalan saja, tapi untuk mengevaluasi kinerja karyawan, apakah sudah sesuai atau belum.

Jika sales masih belum mencapai target yang ditentukan, misalnya skill yang kurang, tentu mereka membutuhkan pengembangan skill. Dalam memenuhi hal ini, waktu dan tenaga Anda akan tersita. Lalu, siapa yang menangani pekerjaan rutin administrasi Anda?

Baca Juga: Fakta Seputar Aplikasi Sales Tracker

Serahkan saja pada Hadirr dan Gadjian, aplikasi HRIS berbasis cloud serba otomatis yang sangat membantu dalam kemudahan pengelolaan sales.

Dengan Hadirr, Anda bisa memantau kehadiran sales, melacak kunjungan harian (sales visit) dan mempercepat proses reimbursement secara online.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Sedangkan Gadjian dengan fitur analisis kinerja karyawan, akan menyediakan informasi yang Anda butuhkan terkait data kompensasi, demografi karyawan, hingga data produktivitas. Jadi, Anda bisa mendorong sales mencapai target yang ditetapkan dalam KPI sekaligus mengukur tingkat produktivitasnya. 

Coba Gadjian Sekarang
Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.