Perkembangan teknologi yang cukup pesat dewasa ini membuat segala hal menjadi contactless, mulai dari transaksi keuangan, pendidikan, transportasi dan sebagainya. Berkurangnya interaksi fisik ini dianggap lebih efektif dan mudah dilakukan. 

Salah satu hal yang juga turut mengikuti perkembangan zaman ialah sistem manajemen kehadiran karyawan. Bentuk teknologi yang bisa Anda terapkan di perusahaan berupa aplikasi absensi wajah

Sistem absensi online merupakan strategi yang aman dan efisien untuk menandai masuk dan keluarnya karyawan. Selain itu, mesin absensi wajah juga dinilai lebih hemat daripada mesin absen sebelumnya. 

Selain untuk absensi, teknologi face recognition ini digunakan dalam aktivitas kontrol akses, pelacakan kehadiran pada suatu acara, dan jadi kunci pintu masuk perusahaan yang memiliki aset bernilai tinggi di dalam kantornya.

Apalagi keunggulannya? Yuk ketahui keunggulan absensi scan wajah lainnya dalam artikel berikut ini.

Baca Juga: Mesin Absensi Wajah : Kelebihan dan Kelemahannya di Era Sekarang

Alasan Harus Menggunakan Aplikasi Absensi Wajah 

Absensi wajah
Mesin absensi wajah hadirr terbaik | Hadirr

Aplikasi absensi selfie atau lewat face recognition dapat mengidentifikasi dan mengonfirmasi seseorang dan mencatat kehadiran berdasarkan deteksi wajah.

Sistem kehadiran ini cocok untuk bisnis kecil maupun besar. Tak heran banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini karena banyak sisi positifnya. Beberapa keuntungannya berupa:

1. Mudah mengelola catatan kehadiran

Mengelola jam masuk, jam pulang, dan jam lembur ratusan karyawan itu sulit. Bayangkan jika Anda harus menghitung jumlah jam untuk menghitung upah kerja semua karyawan satu per satu. Oleh karena itulah menggunakan aplikasi absen wajah sangat membantu untuk mengelola catatan kehadiran.

Manajemen perusahaan akan lebih mudah melihat detail karyawan, penempatan, produktivitas, hingga jam kerja dalam satu bulan penuh.

2. Menghemat waktu karyawan

Menghemat waktu dalam dunia bisnis sama dengan menghemat uang dan meningkatkan produktivitas. Alih-alih harus antre mesin absen, karyawan dapat melakukan absen melalui aplikasi absensi wajah yang ada pada gadget mereka sendiri.

Dengan begitu, karyawan tidak akan membuang waktu dan bisa mengalokasikan waktu lebih banyak untuk bekerja.

3. Membantu memantau karyawan lapangan

Aplikasi absensi wajah sangat membantu untuk memantau produktivitas karyawan lapangan. Bayangkan, jika karyawan lapangan harus absen dulu ke kantor sebelum berangkat ke lapangan, hal ini tentunya juga membutuhkan biaya lagi bagi karyawan.

Dengan menggunakan mesin absensi wajah, perusahaan akan lebih hemat biaya dan lebih efisien bagi karyawan.

4. Mudah berintegrasi dengan sistem lain

Aplikasi absensi wajah biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur, salah satunya integrasi dengan sistem administrasi lainnya. Anda jadi mudah menghitung penggajian, melacak jumlah jam kerja, jam lembur, absen, reimbursement, dan sebagainya.

5. Melacak waktu secara otomatis

Pemantauan jam masuk dan jam pulang karyawan sepenuhnya dapat otomatis dicatat oleh sistem kehadiran di aplikasi absen scan wajah. Hal ini dapat meminimalisir penipuan yang dilakukan karyawan nakal.

Perusahaan juga akan memiliki catatan yang akurat tentang siapa yang hadir, berapa jam karyawan bekerja, dan di mana ia bekerja.

6. Mengurangi penularan penyakit

Dengan menerapkan sistem absensi pengenalan wajah, Anda dapat membuat karyawan merasa lebih terlindungi dan aman saat mereka kembali bekerja setelah COVID-19. 

Pasalnya, aplikasi absensi selfie menerapkan sistem yang minim kontak alias contactless sehingga karyawan bisa absen dengan handphone sendiri-sendiri tanpa harus kontak secara tidak langsung dengan mesin absen lama, misalnya mesin absen fingerprint.

Baca Juga: 3 Cara Karyawan Mengakali Absen Fingerprint

7. Viabilitas menggunakan cloud

Sistem absensi pengenalan wajah adalah perangkat lunak yang berbasis cloud. Semua catatan kehadiran dapat disimpan dengan baik dan aman.

Biasanya HR memiliki akses data ini secara real time dan dapat diunduh berbentuk dokumen. Data ini dapat dikelola oleh HR dari mana saja dan kapan saja sehingga memudahkan berbagai urusan administrasi perusahaan.

8. Akurasi dan keamanan

Banyak perusahaan mengeluhkan akan pengawasan jam kerja karyawan. Oleh karena itu, sistem absensi online hadir agar karyawan tetap bekerja sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Aplikasi absen online juga lebih akurat, bebas dari error, dan pelacakan dilakukan secara real-time.

Aplikasi absen dengan wajah dapat meningkatkan pelacakan kehadiran karyawan sekaligus memangkas biaya. Sistem seperti ini juga memberikan lapisan perlindungan tambahan ke tempat kerja.

Jika perusahaan Anda masih menggunakan sistem absensi biometrik manual atau sidik jari, saatnya beralih ke sistem absensi pengenalan wajah.

Baca Juga: Jenis, Cara Kerja, dan Harga Mesin Presensi

Hadirr, Aplikasi Absensi Wajah Terbaik

cta sales manager

Nah, jika Anda tertarik menerapkan teknologi absen dengan face recognition di perusahaan Anda, aplikasi Hadirr merupakan salah satu opsi yang harus Anda pertimbangkan.

Hadirr merupakan aplikasi absensi wajah online berbasis cloud yang digunakan untuk memudahkan para pelaku usaha maupun staff HR dalam memantau kinerja setiap karyawan secara real-time.

Aplikasi Hadirr memiliki kecanggihan teknologi GPS sehingga dapat meminimalisir kecurangan yang dilakukan karyawan. Dengan deteksi lokasi di GPS, absensi dan shift kerja bisa dicatat di berbagai lokasi yang Anda tentukan. Informasi lokasi secara detail akan tersedia real-time di dashboard admin.

Selain itu, aplikasi presensi online Hadirr juga memiliki beragam fitur lain untuk memudahkan operasional perusahaan. Misalnya fitur canvassing dan Hadirr Sales untuk tim sales atau karyawan lapangan. Dengan fitur ini, kunjungan ke klien menjadi lebih termonitor dan produktivitas tim sales pun meningkat.

Fitur lainnya yaitu reimbursement online untuk pencatatan keuangan yang lebih baik. Fitur ini dapat memudahkan karyawan tentang administrasi tanpa kecurangan, lebih mudah, dan lebih hemat.

Banyak banget yah keuntungan menerapkan sistem absensi wajah, apalagi untuk perusahaan yang mengharuskan karyawannya bekerja di lapangan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera beralih ke aplikasi Hadirr!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: ANIS

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group