Kebiasaan minum kopi tentu saja bukan hal baru. Minuman nikmat dari racikan biji kopi ini sudah ada sejak ribuan tahun. Seiring berjalannya waktu, cara meracik biji kopi pun mengalami perkembangan.

Melihat antusiasme masyarakat, kafe kopi menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Terlebih, saat ini sudah terjadi perubahan besar. Dahulu, kopi identik dengan minuman bapak-bapak atau orang yang sudah berusia. Namun, saat ini kalangan remaja pun sangat gemar minum kopi. Remaja masa kini punya kebiasaan nongkrong di kedai kopi. Mereka minum kopi sambil mengerjakan sesuatu atau sekadar melakukan pertemuan dengan rekan. 

Baca Juga: Raup Cuan dari Bisnis Restoran: Ini Kisah Sukses Piro Resto & Cafe

Kebiasaan-kebiasaan itulah yang membuat H2O Coffee & Space didirikan. Usaha kafe kekinian yang berlokasi di Semarang ini memberikan fasilitas kepada siapa pun yang membutuhkan tempat untuk minum kopi sambil melakukan berbagai aktivitas. 

H2O Coffee & Space mulai beroperasi pada Oktober 2018. Awalnya kedai kopi ini hanya menjual minuman, baik kopi maupun non-kopi. Pada Januari 2019 barulah H2O Coffee & Space menyediakan berbagai makanan, mulai dari yang ringan hingga makanan berat. 

Tempat ini menyediakan berbagai fasilitas seperti area indoor, outdoor, smoking room ber-AC, dan sumber listrik di setiap meja. H2O Coffee & Space juga beroperasi selama 24 jam. Fasilitas inilah yang menjadi unggulan. Dengan fasilitas yang lengkap dan jam operasional yang panjang, bisa terbayang cuan yang didapat oleh H2O Coffee & Space. 

Lalu, bagaimana kafe yang menghasilkan cuan ini menghadapi pandemi? Ketika terhantam pandemi, H2O Coffee & Space masih bisa bertahan. Tempat ini masih tetap beroperasi. Pada awalnya kafe kopi ini sempat tutup selama tiga minggu karena harus beradaptasi dengan situasi. Namun, sekarang H2O sudah kembali menyambut para pelanggan dengan aneka menunya.

Membayangkan cuan yang dihasilkan dari strategi H2O Coffee & Space, tentu saja bisnis kafe kopi ini menggiurkan. Di sisi lain, manajemen juga harus mengatur jam kerja karyawan, serta urusan lain yang berhubungan dengan karyawan dan operasional. Manajemen H2O mengatur jam kerja karyawan menjadi sistem shift agar bisnis kafe kopi ini berjalan lebih teratur. 

Dalam urusan kehadiran karyawan, H2O Coffee & Space mempercayakan aplikasi absensi Hadirr. Aplikasi absensi karyawan berbasis cloud ini membuat manajemen bisa mengamati karyawan yang selalu datang tepat waktu ataupun yang terlambat.

Bisnis yang berputar cepat ini sangat terbantu dengan aplikasi Hadirr. Sebab, Hadirr mempermudah jalannya operasional. Misalnya, sistem absensi online yang sebelumnya dilakukan secara manual, dengan aplikasi karyawan absen Hadirr, data kehadiran karyawan hanya tinggal di-download setiap akhir bulan.

“Kami terbantu dengan mengetahui jam masuk karyawan sehingga kami mengetahui karyawan mana yang sering terlambat. Sebelumnya untuk absensi kami masih manual melakukan rekap tiap bulan, sekarang untuk absensi kami hanya mendownload saja dari dashboard Hadirr.”
– Weindry, HRD H2O Coffee & Space

Setelah menggunakan Hadirr, manajemen tidak akan direpotkan lagi dengan sistem manual, sehingga bisa fokus pada hal-hal penting, seperti mengembangkan usaha atau ekspansi bisnis. Aplikasi ini juga tepat digunakan pada bisnis kafe kopi untuk pemula. 

Baca Juga: Cara Sukses Jualan Minuman Sehat Ala Yuliana Fresh Juice

Apakah kamu berencana membuat atau mengembangkan usaha kafemu? Silakan belajar dari pengalaman H2O Coffee & Space, salah satunya dengan memilih Hadirr dalam memantau produktivitas karyawan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr