Subsrcibe

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Inspirasi Bisnis Kopi Ala Noms Kopi Hingga Sukses Buka Banyak Cabang
Inspirasi Bisnis Kopi Ala Noms Kopi Hingga Sukses Buka Banyak Cabang | Hadirr
Bisnis Ritel

Inspirasi Bisnis Kopi Ala Noms Kopi Hingga Sukses Buka Banyak Cabang

Dari tahun ke tahun pertumbuhan bisnis kedai kopi di Indonesia semakin menunjukan peningkatan yang signifikan. Konsumsi kopi di tanah air yang berkembang secara drastis menjadi alasan utama mengapa bisnis ini semakin banyak diminati. Bisnis kopi dianggap sebagai usaha yang menjanjikan bagi para pebisnis. Para ahli bahkan turut memprediksi bahwa bisnis minuman di Indonesia akan terus bertumbuh di masa mendatang.

Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Kafe Kopi yang Makin Cuan

Kehadiran kedai kopi yang semakin menjamur disambut baik oleh para pecinta kopi Indonesia. Kedai-kedai kopi yang terus bersaing untuk menarik perhatian pelanggannya mulai mencari berbagai inspirasi bisnis kopi demi menghadirkan produk kopi yang berkualitas. Dari menawarkan jenis-jenis kopi yang beragam hingga membangun kedai kopi dengan desain yang unik dan nyaman agar para konsumer betah berlama-lama di kedainya. 

Salah satu pengusaha di daerah Jawa Tengah menjawab tantangan bisnis ini dengan mendirikan Noms Kopi pada tahun 2017. Dalam artikel ini ia membeberkan tips bisnis kopi klotok yang dibangunnya sebagai sumber inspirasi bisnis minuman untuk para pelaku bisnis. 

Nama Noms Kopi merupakan sebuah akronim dari Ngopi Ora Mung Sedelok. Kata-kata yang diambil dari bahasa jawa ini memiliki arti ‘ngopi tidak hanya sebentar’. Bisnis ini berfokus pada industri jasa makanan dan minuman dengan spesialisasi kedai kopi klotok.

Kopi klotok dengan cita rasa yang otentik adalah produk andalan dari Noms Kopi yang banyak dicari oleh konsumennya. Rasa otentik yang disajikan di setiap gelas kopi klotok buatannya tidak hanya berasal dari biji kopi pilihan yang menghadirkan rasa yang berkualitas. Mutu dan rasa yang kuat dari kopi klotok ini juga dihasilkan dari metode pembuatan dan pengolahannya yang dilakukan secara tradisional. Hal ini diakui oleh Noms Kopi sebagai salah satu rahasia suksesnya.

Dengan dedikasi yang tinggi dalam mengembangkan usahanya selama lebih dari tiga tahun Noms Kopi berhasil melebarkan sayapnya ke dua bidang bisnis lainnya. Dalam waktu yang terbilang singkat pengusaha bisnis Noms Kopi telah berhasil mendirikan pabrik pengolahan biji kopi dan jaringan kedai kopi yang telah diwaralabakan. Tujuan dari sistem kemitraan kopi klotok yang dimiliki oleh Noms Kopi adalah untuk memberikan keuntungan kepada para pemilik saham, karyawan maupun konsumennya.

Pemilik usaha Noms Kopi percaya bahwa kesuksesan yang diraihnya sekarang merupakan buah dari perjuangan panjang yang telah dilewatinya. Sebelum usaha kedai kopi miliknya sukses dan menjadi inspirasi bisnis kopi untuk pengusaha pemula, ia telah melewati serangkaian kegagalan dari usaha nasi bungkus, mie ayam keliling, ayam geprek, hingga barang bekas.

Namun kegagalan tersebut justru dijadikannya sebagai pelajaran yang berharga. Segala hal yang terjadi di masa lalu justru membawanya menjadi pribadi yang pantang menyerah dan menghargai suatu proses usaha hingga ia berhasil mendirikan dan membesarkan Noms Kopi sampai hari ini. Bukan hanya sukses dalam mendirikan kedai kopi yang memiliki ciri khasnya sendiri, ia juga telah berhasil menjadikan Noms Kopi sebagai brand coffee shop ternama yang memfasilitasi kebutuhan khusus masyarakat pecinta produk kopi tradisional. 

Pandemi COVID-19 yang terjadi telah memberi dampak yang cukup besar bagi Noms Kopi dalam hal perolehan omset. Hal ini dikarenakan menurunnya jam operasional dari Noms Kopi selama masa pandemi. Meskipun keadaan ekonomi di Indonesia masih tidak menentu akibat dampak dari virus corona, Noms Kopi tetap optimis bahwa prospek bisnis kedai kopi di Indonesia masih memiliki masa depan yang cukup baik. Hal ini dilatarbelakangi dengan tidak adanya perubahan pola kebiasaan konsumen yang signifikan dari sebelum pandemi di bisnisnya. 

Bagi Noms Kopi karyawan adalah aset berharga yang harus dijaga dengan baik oleh para pengusaha. Pengetahuan dan skill para pegawai harus terus ditingkatkan agar dapat memberikan produk dan service terbaik bagi para pelanggannya. Meskipun penerapan beragam training bagi para karyawan Noms Kopi tidak selalu mudah untuk dilakukan, perusahaan ini tetap berkomitmen untuk terus melakukan pengelolaan SDM di perusahaannya dengan sebaik-baiknya. Salah satu upaya yang dilakukannya adalah dalam hal pengelolaan kehadiran karyawannya. 

Sebagai bisnis yang sedang berkembang, Noms Kopi mempercayakan aplikasi Hadirr yang berbasis cloud dalam pengelolaan kehadiran pekerjanya. Aplikasi absensi ini dianggap sebagai solusi akurat dan ekonomis untuk memantau kehadiran karyawan di berbagai lokasi yang menggunakan GPS dan biometric face recognition untuk akurasi yang optimal. 

Baca Juga: Kiat Sukses Bisnis Cafe Eiger Coffee Tropical

Sebagai sebuah perusahaan yang sudah memiliki banyak cabang di Indonesia dan puluhan karyawan, manajemen waktu dianggap sebagai hal penting yang harus diperhatikan oleh pegawainya. Penggunaan aplikasi kehadiran online karyawan Hadirr dirasa dapat membantu manajemen Noms Kopi dalam penerapan kedisiplinan waktu bekerja. 

“Aplikasi Hadirr mendorong karyawan untuk datang lebih tepat waktu ke outlet, karena data kehadiran dapat dipantau secara real-time oleh manajemen.”

– Michael, pegawai Noms Kopi

Hadirr sebagai fitur absensi selfie telah banyak membuat perubahan yang signifikan pada bisnis Noms Kopi dalam hal kedisiplinan waktu. Setelah menggunakan aplikasi Hadirr yang merupakan software absensi berbasis web (e-absensi), pegawai Noms Kopi diakui menjadi lebih tepat waktu untuk datang ke kantornya dan memudahkan karyawan untuk . Memiliki karyawan yang menghargai waktu membuat usaha Noms Kopi semakin optimis untuk terus mengembangkan bisnisnya ke arah yang lebih baik.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Angky Ridayana

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *