Usaha jasa binatu (laundry) takkan pernah redup. Mobilitas masyarakat ibukota yang padat turut mempengaruhi peluang bisnis laundry. Masyarakat memilih menggunakan jasa ini supaya lebih efisien dan menghemat tenaga, terlebih saat wabah pandemi berlangsung.

COVID-19 mengubah pola hidup masyarakat menjadi serba aman dan higienis. Mau tidak mau, kesehatan jadi prioritas nomor satu, termasuk kebersihan pakaian, perlengkapan ibadah, dan sebagainya. Pemilik usaha laundry memanfaatkan keadaan tersebut untuk mengembangkan bisnis mereka, dengan menawarkan paket usaha laundry kiloan.

Baca Juga: Menilik Prospek Bisnis Laundry dari QnC Laundry

Usaha laundry termasuk ke dalam kategori esensial, alias tetap dibutuhkan meski kondisi ekonomi sulit. Adanya sistem franchise atau kemitraan memungkinkan siapapun untuk terjun langsung mengelola bisnis ini tanpa khawatir akan modal laundry kiloan yang besar. Jika Anda berniat membuka usaha laundry dengan sistem franchise atau kemitraan, berikut 2 faktor penting yang harus diperhatikan:

a. Kualitas Produk yang Digunakan

Jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Banyaknya brand yang menawarkan franchise laundry terkadang membuat Anda terburu-buru dalam memilih mitra untuk bekerjasama. Perhatikan produk dan material yang diberikan dari brand tersebut. Setelah itu, Anda bisa bandingkan dengan produk dari kompetitor serupa.

Apakah lebih bagus atau sebaliknya? Bagaimana jika ada material yang rusak, seperti mesin cuci? Pastikan material yang ditawarkan berkualitas dan bermutu tinggi, sehingga bisnis laundry Anda tidak mengalami hambatan di kemudian hari.

b. Standar Operasional Prosedur

Perlu diingat bahwa franchise laundry merupakan usaha yang bergerak di bidang pelayanan jasa. Oleh sebab itu, kualitas SOP dan karyawan sangat menentukan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan. Untuk mengatasi hal ini, Anda tak perlu khawatir karena ada aplikasi Hadirr yang membantu memantau kinerja karyawan dari jarak jauh.


Beberapa kemitraan
laundry berikut telah memodernisasi sistem absensi karyawan mereka dengan Hadirr demi mengedepankan mutu dan loyalitas pelanggan. Simak ulasan singkatnya di bawah ini!

1. Kago Laundry

Berdiri sejak akhir 2016, Kago Laundry fokus untuk menyediakan jasa laundry premium dengan harga terjangkau. Kago Laundry telah melayani ribuan pelanggan dengan berbagai kebutuhan laundry, baik perorangan maupun perusahaan. Kago Laundry memiliki 3 paket kiloan mulai harga 250.000 hingga 720.000 per bulan. Mereka juga menawarkan jasa laundry sepatu, perlengkapan bayi dan stroller anak.

Di setiap cabang, Kago memiliki 8 pegawai yang bertanggung jawab pada bagian kasir, operasional dan packing. Selain itu, Kago memiliki layanan antar jemput tanpa dikenakan biaya tambahan. Sebagai salah satu usaha yang sedang berkembang, Kago mempercayakan aplikasi Hadirr sebagai sistem absensi karyawan berbasis GPS dan biometric face recognition. Karyawan Anda cukup melakukan selfie sebagai bukti absen. Lebih akurat dan mudah bukan?

Mengenai paket usaha franchise laundry, Kago menawarkan 2 paket yaitu Kago Operated dan Self Operated. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan pihak Kargo dan memutuskan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan bisnis Anda.

2. Aqualis Laundry (Aqualis Fabricare)

Aqualis Fabricare adalah penyedia jasa laundry  dan wet cleaning yang mengusung konsep fabricare, yaitu perawatan total higienis dan estetis pakaian dalam setiap proses pencucian. Aqualis Fabricare menjadi laundry pertama di Indonesia yang menerapkan sistem Antibacterial Guard, Wool & Silk Treatment hingga Green Dry Cleaning yang sudah lolos tes laboratorium Kementerian Kesehatan. Anda bisa mempertimbangkan Aqualis sebagai mitra franchise karena terjamin pelayanannya.

Aqualis Fabricare tersebar di Jabodetabek, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bandar Lampung, Medan, Makassar, Balikpapan, hingga Sorong. Mereknya sudah terkenal dan dipercaya oleh banyak pelanggan sehingga Anda memiliki peluang yang besar jika bermitra dengan laundry ini.

Untuk sistem franchise laundry, Aqualis menyediakan pegawai dan bahan material. Anda hanya perlu menyediakan tempat serta AC. Pembagian omset bersih sebesar 80% untuk Aqualis, dan 20% untuk Anda. Mengapa demikian? Sebab, Aqualis menanggung seluruh biaya operasional, training dan gaji karyawan. Manajemen Aqualis tidak perlu khawatir terkait SDM khususnya pengelolaan kehadiran karyawan, karena telah mempercayakannya kepada aplikasi Hadirr.

3. QnC Laundry

Quick and Clean merupakan kepanjangan dari QnC Laundry. Jasa cuci setrika ini mulai hadir di tahun 2009 di Makassar, kemudian berkembang di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya.  QnC Laundry menyediakan paket dan layanan yang lengkap sesuai kebutuhan pelanggan. Diantaranya: antar jemput gratis, ironing, bag cleaning and care, shoe cleaning, laundry kiloan, dan dry clean. Selaras dengan namanya, prinsip “quick and clean” benar benar terjamin di sini. 

Anda dapat menemukan keunggulan yang tidak dimiliki oleh jasa binatu pada umumnya. Selain bersih dan cepat, QnC memiliki fitur canggih untuk memantau proses pencucian. Pakaian pelanggan diawasi oleh kamera sejak ditaruh di keranjang, sehingga tidak akan tertukar. Notifikasi akan dikirim ke ponsel pelanggan apabila cucian sudah selesai.

Jika Anda ingin bergabung menjadi mitra franchise QnC, Anda akan mendapatkan bahan baku berkualitas, training pegawai, SOP yang jelas serta biaya franchise yang dapat dicicil. Dalam menjaga kualitas layanan, QnC memilih Hadirr sebagai aplikasi absensi karyawan mereka. Selain hemat dari segi biaya, penggunaan Hadirr juga hemat waktu karena lebih efisien.

 

Keuntungan membuka laundry dapat Anda rasakan tanpa memerlukan waktu yang lama, sebab jenis usaha ini tergolong stabil dan dibutuhkan di kota-kota besar. Anda hanya perlu melakukan strategi dan terobosan baru untuk menjangkau konsumen dan profit yang lebih banyak, seperti membuat promo dan diskon.

Baca Juga: Cuan! 5 Rekomendasi Bisnis Franchise Makanan dan Minuman untuk Milenial

Di samping itu, Anda tetap harus memperhatikan produktivitas pegawai. Sebab, mereka adalah kunci dibalik kepuasan konsumen Anda. Dalam menjalankan bisnis, sudah ada aplikasi Hadirr yang memungkinkan pegawai untuk ambil absen cukup dengan selfie tanpa mengisi form absensi karyawan.

Hadirr adalah aplikasi absen berbasis cloud sebagai solusi akurat & ekonomis bagi pertumbuhan bisnis Anda. Di situasi pandemi yang belum berakhir, Anda dapat mengontrol kinerja pegawai berdasarkan kehadiran dan durasi waktu kerja dari jarak jauh dengan aplikasi Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr