Update:
Mengacu pada SKB 3 Menteri terbaru Menteri Agama nomor 375 tahun 2022, Menteri Ketenagakerjaan nomor 1 tahun 2022 dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 1 tahun 2022, pemerintah menetapkan cuti bersama Idulfitri 1443 H. Berikut rinciannya:

– 29 April: Cuti bersama lebaran
– 30 April – 1 Mei: Libur akhir pekan
– 2-3 Mei: Libur lebaran Idulfitri 1443 H
– 4-6 Mei: Cuti bersama lebaran


Mengingat banyaknya pekerjaan tahunan HR, Anda perlu perencanaan dini agar tidak mengalami penumpukan tugas. Kalender kerja 2022 akan membantu Anda memetakan pekerjaan jadi lebih baik dan terencana.

Download kalender 2022 dan catat tanggal-tanggal penting terkait dengan pekerjaan administrasi, dari pembayaran upah, rekrutmen karyawan hingga pelaporan SPT tahunan.

Berikut panduan Hadirr dalam menyusun kalender kerja 2022 : 

Baca Juga: Permudah Cara Menghitung Persentase Kehadiran Karyawan dan Contohnya

Batas Waktu Pelaporan SPT Tahunan Karyawan

Waktu pelaporan SPT Tahunan orang pribadi wajib dilakukan paling lambat 31 Maret, atau tiga bulan sejak berakhirnya tahun pajak. Divisi HR perlu mengingatkan dan memberikan bukti potong pajak atau formulir 1721 A1 kepada setiap karyawan selambat-lambatnya bulan Januari minggu keempat untuk menghindari denda keterlambatan.

Bukti potong PPh 21 ini bisa diunduh di aplikasi Gadjian (sister platform Hadirr) dalam format digital. Karyawan cukup mengunggah dokumen pajak tersebut dalam pelaporan pajak secara online melalui e-Filing.

Batas Waktu Pelaporan SPT Masa

Masih sama seperti tahun sebelumnya, batas waktu penyetoran dan pelaporan pajak penghasilan PPh 21 paling lambat tanggal 10 bulan berikutnya, sedangkan pelaporan SPT Masa tanggal 20 bulan berikutnya melalui e-Filing. 

Dalam menghitung PPh 21 karyawan dengan cepat dan akurat, Gadjian punya fitur hitung PPh 21 online yang dapat Anda andalkan.

Baca Juga: Tips Manajemen Karyawan yang Efektif

Tanggal Penggajian Karyawan

Pada umumnya, tanggal ideal penggajian adalah pekan terakhir tiap bulan, atau berkisar dari tanggal 25 hingga tanggal 1 bulan berikutnya

Agar perhitungan dan pembayaran gaji karyawan cepat dan tepat waktu, Anda harus beralih menggunakan Gadjian. Aplikasi payroll terbaik untuk menghitung gaji karyawan secara otomatis setiap bulan dengan slip gaji online

Daftar Hari Libur Nasional Kalender Kerja 2022

Libur nasional 2022 telah diresmikan oleh pemerintah dengan total 16 hari, sedangkan cuti bersama 2022 belum ditentukan karena masih mempertimbangkan kondisi pandemi.

Walaupun demikian, Anda tetap bisa mengantisipasi potensi cuti massal karyawan. Hal ini adalah sesuatu yang mudah ditebak, biasanya sekitar hari libur nasional, long weekend, dan hari kerja yang diapit dua hari libur atau “harpitnas”. 

Baca Juga: Kelola Database Karyawan Secara Aman & Tepat

Berikut kalender kerja 2022 lengkap dengan jadwal libur nasional :

Kalender Kerja 2022
Download Revisi Kalender Kerja 2022 Lengkap dengan Libur Nasional dan Cuti Bersama | Hadirr

Download Kalender Kerja 2022 versi desktop dan mobile di sini.

Musim Rekrutmen

Jika ingin melaksanakan program merekrut fresh graduate dalam kalender kerja 2022, maka waktu yang paling direkomendasikan adalah awal tahun (Januari-Februari) atau pertengahan tahun (Mei-Agustus).

Sebab, periode tersebut memiliki peluang besar untuk mendapatkan lulusan perguruan tinggi di pasar tenaga kerja dari bulan-bulan lainnya.

Waktu Pembayaran THR

Besaran THR adalah satu bulan upah untuk karyawan yang telah bekerja 12 bulan atau lebih. Apabila masa kerja karyawan lebih dari 1 bulan dan kurang dari 12 bulan, maka dihitung prorate.

Dalam memudahkan perhitungan THR karyawan dan pembayarannya tepat waktu, Anda bisa menggunakan fitur hitung THR online di aplikasi Gadjian. 

Salah satu hak karyawan yang harus Anda penuhi adalah cuti. Namun cuti massal perlu dihindari karena bisa berdampak buruk terhadap kinerja karyawan dan perusahaan. Oleh sebab itu, cara terbaik mengelola cuti karyawan adalah mendorong karyawan mengambil hak cuti secara bergilir. 

Baca Juga: Ini Dia Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan, Tanpa Ribet!

Fitur cuti online di aplikasi payroll Gadjian memudahkan Anda dalam mengelola cuti karyawan tanpa ribet karena data disajikan secara real-time, termasuk sisa cuti tahunan.

Gadjian juga punya fitur pola kerja atau shift kerja. Jika perusahaan Anda menerapkan aturan kerja shift, fitur ini dapat membantu membuat jadwal kerja shift otomatis. 

Coba Gadjian Sekarang
Aplikasi Jadwal Kerja
Aplikasi Jadwal Kerja Hadirr

Untuk mencatat kehadiran karyawan, Anda bisa menggunakan e-absensi Hadirr. Aplikasi pemantau kehadiran berteknologi face recognition dan anti-fake GPS ini juga bisa digunakan untuk mencatat jam lembur karyawan, memantau jadwal kerja harian karyawan, dan juga reimbursement. Hadirr juga bisa membuat jadwal shift kerja, hanya dengan sekali pengaturan di awal.

Anda mempunyai karyawan remote, sales lapangan, dan karyawan WFH? Tak masalah. Hadirr bisa membantu Anda memantau produktivitas mereka.

Aplikasi Absensi Online Hadirr