Ini Dia Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan, Tanpa Ribet! – Jika Anda adalah seorang pemilik usaha atau HR yang bertanggungjawab atas penyusunan schedule kerja karyawan, dapat dipastikan bahwa Anda berjuang untuk membuat jadwal yang adil dan seimbang.

Mengapa dikatakan berjuang? Karena Anda bertanggungjawab membuat jadwal yang mampu meningkatkan produktivitas karyawan tanpa menyebabkan mereka kelelahan. Di samping itu, Anda perlu mengantisipasi kebutuhan karyawan setiap saat seperti adanya situasi mendadak terkait ketidakhadiran karyawan.

Lantas, bagaimana cara Anda membuat jadwal kerja karyawan? Apakah masih dengan cara manual menggunakan Excel? Sekarang sudah ada cara lebih mudah yang bisa Anda coba, lho!

Baca Juga: Peraturan Jam Kerja Karyawan Menurut UU Cipta Kerja

Permasalahan dalam Menyusun Jadwal Kerja Karyawan

Rumitnya mengatur jadwal shift kerja karyawan mulai terasa saat bisnis yang Anda kelola berkembang lebih besar dan memiliki karyawan yang banyak. Hal tersebut menyebabkan perusahaan menerapkan sistem shift yang dinamis. 

Contoh jadwal kerja harian yang dinamis biasa ditemukan pada perusahaan manufaktur dan pabrik produksi, dimana jadwal bekerja karyawan berubah-ubah sesuai kebutuhan. 

Sejumlah kendala kerap ditemui HR dalam menyusun jadwal kerja karyawan, di antaranya :

  • Keterbatasan waktu. Jadwal kerja dituntut untuk dibuat sesegera mungkin, padahal Anda harus merencanakan shift kerja pada jauh hari sebelumnya. Tujuannya, agar ada kesempatan untuk semua orang memahami jadwal yang sudah dibuat sebelum memberikan kesediaan untuk bekerja.

  • Penyusunan yang berantakan. Bentuk jadwal yang paling ditakuti karyawan adalah mendapatkan shift malam dan shift pagi pada keesokan hari, artinya mereka bekerja dua shift berturut-turut tanpa pulang ke rumah. 

  • Penentuan distribusi shift yang tidak tepat. Menyesuaikan karyawan yang tepat pada setiap shift berdasarkan keahlian mereka cukup “tricky” dilakukan. Anda harus tepat sasaran dalam memilih siapa yang paling cocok untuk bekerja di siang hari, siapa yang bekerja lebih baik di malam hari.

  • Kendala teknologi. Menyusun jadwal kerja secara manual rentan kesalahan dan kesalahpahaman, sebab sulit memantau apakah ada yang namanya tertulis double atau yang jadi overtime. Belum lagi jika ada karyawan yang tidak bersedia, mengubah jadwal yang ada pasti akan lebih rumit.

Baca Juga: Serba-Serbi Schedule Kerja & Hal yang Perlu Diperhatikan

Dampak Penyusunan Jadwal Secara Manual

Yang paling penting untuk dipahami, kesalahan dalam menyusun jadwal kerja bisa berakibat fatal bagi perusahaan. 

Pertama, banyak waktu efektif yang terbuang. Hitunglah berapa total jam keseluruhan yang Anda habiskan untuk menyusun jadwal secara manual, padahal waktu tersebut bisa Anda alihkan untuk pekerjaan lainnya seperti fokus pada peningkatan skill karyawan.

Kedua, banyak turnover yang terjadi akibat kesalahan penyusunan jadwal. Karyawan merasa tidak puas, terlebih jika jadwal tersebut mengancam kesehatan mereka dalam jangka panjang.

Ketiga, kerugian nominal. Anda tidak bisa memantau karyawan setiap saat, apalagi memberlakukan sistem 3 shift dalam sehari. Salah sedikit saja dalam menyusun alur pergantian shift dan memantau jam masuk-keluar karyawan, bisa berakibat fatal pada pembengkakan biaya pengeluaran perusahaan, jelas sangat merugikan.

Gunakan Aplikasi Jadwal Kerja Karyawan Hadirr untuk Membantu Anda

Seperti yang sudah disebutkan, kini sudah ada cara baru untuk menjawab kegelisahan Anda pada rumitnya mengatur jadwal kerja, yaitu kehadiran teknologi aplikasi membuat jadwal kerja.

Aplikasi jadwal kerja terbaik yang direkomendasikan untuk Anda adalah Hadirr, karena sudah terbukti berhasil membantu ribuan perusahaan dalam mengelola jadwal karyawan secara cepat, mudah, dan akurat.

Aplikasi Jadwal Kerja
Aplikasi Jadwal Kerja Hadirr

Hadirr menyediakan tiga fitur unggulan sebagai solusi manajemen sumber daya manusia. Terdapat fitur pengatur shift kerja yang digunakan untuk mengatur jadwal kerja karyawan dengan mudah.

Anda tinggal drag dan drop, sehingga tidak ada lagi masalah jadwal berhimpitan, apalagi jadwal double. Jika ada karyawan yang berhalangan hadir, tidak rumit lagi mengubahnya.

Baca Juga: 6 Aplikasi Absensi Online Android Berbasis Web Gratis

Selain itu, software Hadirr juga bisa  memudahkan karyawan mencatatkan kehadiran harian mereka secara online dengan fitur absensi digital. Tambahannya, pemantauan serta pembagian tugas mereka bisa dilakukan sekaligus melalui fitur timesheet online.

Semua kemudahan tersebut ada dalam satu aplikasi saja. Jelajahi fasilitas Hadirr dengan mengunduh dan meng-install Hadirr pada ponsel Anda. Siap pakai dan tanpa ribet!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA