7 Cara Mengatur Karyawan Restoran Agar Produktif – Bisnis food and beverage seperti usaha nasi padang dan usaha restoran memiliki lingkungan yang menuntut sumber daya manusianya untuk bekerja serba cepat.

Sebab, hal ini berkaitan dengan kualitas pelayanan kepada para pengunjung. Kesuksesan bisnis rumah makan ialah ketika pengunjung merasa senang dan ingin kembali lagi. 

Jika Anda sedang menjalankan bisnis restoran, pemahaman akan manajemen karyawan sangat diperlukan untuk memotivasi karyawan Anda agar produktif dalam bekerja.

Memahami manajemen karyawan membantu Anda meningkatkan komunikasi, memastikan kinerja karyawan, dan memberikan respon cepat untuk situasi mendesak yang terjadi tanpa berdampak pada pelayanan. 

Baca Juga: Shift Kerja : Panduan Utama Penjadwalan Karyawan Shift

Cara Mengatur Karyawan Restoran agar Produktif

cara mengatur karyawan restoran
Cara mengatur karyawan restoran yang tepat | Hadirr

Berikut akan dibahas cara mengatur karyawan restoran agar karyawan selalu produktif.

1. Merekrut karyawan yang efektif dan berkualitas

Langkah awal dalam mempertahankan karyawan Anda bisa dimulai dari merekrut karyawan yang tepat. Mulai dari memerhatikan daftar riwayat hidup seperti latar pendidikan dan riwayat kerja.

Selain itu, Anda bisa menilai dari antusiasme dan optimisme mereka dalam menjawab pertanyaan yang Anda ajukan saat sesi wawancara.

2. Mengadakan program pelatihan dan pengembangan karyawan

Proses karyawan restoran dalam mengelola, menyiapkan, dan menyajikan hidangan yang lezat sangat perlu diperhatikan. Berilah waktu agar karyawan Anda bisa beradaptasi dan mempelajari budaya di bisnis Anda.

3. Membuat peraturan tertulis mengenai tata tertib karyawan

Aturan tata tertib memengaruhi pola kerja harian di restoran. Misalnya, pada area dapur yang berisiko kecelakaan tinggi, diperlukan aturan tata tertib bagi chef dan pegawai dapur agar menciptakan efisiensi kerja dan lingkungan yang aman. 

4. Menciptakan rasa kebersamaan dan semangat tim

Sebagai pelaku usaha, Anda tidak hanya bertanggungjawab dalam memastikan karyawan menerima upah saja. Namun juga memastikan bahwa lingkungan kerja mereka nyaman dan penuh kebersamaan. 

Buatlah suasana yang menyenangkan dan jalan komunikasi yang terbuka, sehingga tim tetap termotivasi dan bahagia.

Baca Juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Restoran Secara Praktis

5. Menunjukkan apresiasi dan penghargaan

cara mengelola restoran
Cara mengelola restoran atau rumah makan | Hadirr

Memberikan apresiasi, misalnya dalam bentuk ucapan terima kasih, hadiah, dan tindakan akan mendorong karyawan bekerja lebih produktif.

Terlebih jika apresiasi dan reward yang diberikan sepadan dengan kerja keras mereka. Apresiasi berpengaruh besar dalam membentukan loyalitas dan retensi karyawan Anda.

6. Mengoptimalkan alur kerja dengan terus berinovasi

Strategi menciptakan karyawan restoran yang produktif adalah dengan menghadirkan inovasi yang mengoptimalkan alur kerja mereka. Contohnya menghadirkan teknologi baru, seperti sistem pemesanan online.

7. Menggunakan Hadirr, software manajemen karyawan restoran terbaik

Cara mengelola restoran dengan efektif juga bisa melalui penggunaan aplikasi Hadirr untuk manajemen karyawan terbaik. Tidak dipungkiri, pengelolaan karyawan bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Dengan bantuan Hadirr, Anda bisa melakukan banyak tugas pengelolaan dengan praktis dan mudah.

Hadirr menawarkan beberapa fitur praktis manajemen karyawan restoran, seperti fitur absensi digital untuk mencatat kehadiran secara online dan fitur lembur karyawan untuk permudah pengajuan, persetujuan, dan perhitungan lembur harian.

Aplikasi Jadwal Kerja
Aplikasi Jadwal Kerja Hadirr

Ada juga fitur timesheet online untuk mempermudah penjadwalan dan pembagian tugas harian setiap tim. Jika restoran Anda beroperasi dari pagi hingga malam, Anda bisa mengandalkan fitur shift karyawan Hadirr.

Baca Juga: Seputar Hadirr, Aplikasi Manajemen Kehadiran Karyawan

Melalui Hadirr, mempertahankan pelanggan yang dimiliki lebih mudah dilakukan. Sistem otomatisasi Hadirr dapat membantu Anda menciptakan karyawan yang produktif sehingga bisnis restoran pun berjalan optimal.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA