Mengulik Aplikasi HR SaaS Terpopuler di Indonesia – Saat ini, varian produk teknologi yang memiliki perkembangan melejit adalah Software as a Services (SaaS). Kebutuhan akan SaaS meningkat untuk pengguna perorangan hingga bisnis. 

Market Watch memperkirakan pasar Saas dunia akan bertumbuh hingga 21,2% sampai tahun 2023 nanti. Inilah salah satu alasan mengapa perusahaan SaaS di Indonesia mulai marak, sebab kebutuhan akan layanannya pun tinggi.

Layanan SaaS didukung oleh teknologi cloud computing. Model penerapan SaaS tidak membutuhkan perangkat keras, melainkan dapat melalui aplikasi. Penggunanya hanya perlu memiliki koneksi internet saja untuk mengakses.

Sebagai gambaran, perusahaan dapat menikmati layanan Saas untuk manajemen kehadiran karyawan seperti aplikasi HR SaaS.

Apa Itu Aplikasi HR SaaS?

Aplikasi HR SaaS merupakan perangkat lunak yang menawarkan otomatisasi pekerjaan HR dalam mengelola sumber daya manusia perusahaan. Aplikasi ini mampu mengelola data karyawan, mencatat kehadiran online, dan mendistribusikan gaji secara otomatis. 

Selain itu, aplikasi ini memungkinkan karyawan menangani secara mandiri tugas terkait SDM yang biasanya diselesaikan oleh HR. Sesuai namanya, aplikasi HR SaaS memang dirancang memudahkan pekerjaan HR dengan layanan yang disediakan.

Aplikasi ini sangat bergantung dengan teknologi. Cloud computing menjadi teknologi utama SaaS dalam hal pemrosesan dan penyimpanan data, dari yang dulunya mengandalkan infrastruktur fisik lalu beralih pada internet.

Baca Juga: Absensi Cloud: Teknologi Terkini Andalan HRD di Perusahaan

Keunggulan dan Kekurangan Aplikasi HR SaaS

Aplikasi HR SaaS

Agar Anda semakin tertarik menggunakan aplikasi HR, berikut disajikan beberapa keunggulan dan kekurangan aplikasi ini untuk bisnis Anda, terutama untuk divisi HR.

A. Keunggulan Aplikasi HR SaaS

Aksesibilitas

Aplikasi HR dapat diakses dengan mudah melalui ponsel. Meskipun berbentuk aplikasi, layanannya dirancang berbasis web, sehingga lengkap dan serba guna.

Penyimpanan data yang aman

Misalnya, karyawan Anda melakukan absensi dengan aplikasi HR. Data kehadiran mereka akan terenkripsi pada sistem cloud dan di-backup secara berkala sehingga Anda tidak perlu khawatir akan risiko kegagalan sistem, data hilang, dan celah kecurangan.

Fleksibilitas

Dikarenakan layanan SaaS untuk fungsi HR berbentuk aplikasi, penggunanya jadi lebih fleksibel dalam bekerja. Anda tetap bisa memantau kegiatan dan keberhasilan kinerja karyawan meski tidak melihat mereka secara langsung. 

Aplikasi ini cocok untuk berbagai budaya kerja, mulai dari WFO, WFH, hybrid working, dan remote working.

Efisiensi waktu dan tenaga 

Salah satu contoh pekerjaan rutin HR yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga adalah rekapitulasi data kehadiran karyawan untuk kebutuhan perhitungan gaji. HR kerap kerepotan dengan data yang banyak dan berhati-hati dari potensi salah hitung. 

Dengan software HR SaaS, rekapitulasi sudah dibuat otomatis dan akurat, HR tinggal mengambil datanya saja, seperti data kehadiran, ketidakhadiran, hingga lembur karyawan. Dengan adanya otomatisasi, jumlah karyawan tidak lagi jadi hambatan, sebab waktu pengerjaannya akan tetap sama.

Hemat budget

Semakin cepat pekerjaan selesai, semakin tersedia waktu yang bisa digunakan untuk kegiatan lainnya, sehingga secara tidak langsung justru mendukung perusahaan dalam meraih keuntungan.

Aplikasi HR hanya memerlukan internet, sehingga perusahaan tidak perlu menambah SDM HR dan penganggarannya pun tidak membengkak.

B. Kekurangan Aplikasi HR SaaS

Layanan aplikasi HR juga memiliki keterbatasan, yaitu memerlukan koneksi internet yang cepat untuk mengakses dengan stabil. 

Meski begitu, dengan perkembangan internet saat ini dengan koneksi 4G dan 5G serta pembaharuan yang terus dilakukan untuk penggunaan saat offline, kekurangan aplikasi HR SaaS ini masih bisa diatasi.

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi HRD Berbasis Web di Era Digital

Contoh Aplikasi HR SaaS Terbaik di Indonesia

aplikasi absensi online hadirr

Aplikasi ini menjadi pilihan yang ideal bagi perusahaan di berbagai bidang. Sekarang, tersedia banyak startup SaaS Indonesia yang menyediakan layanan HR. Apabila Anda baru mulai mencari rekomendasi software HRD gratis dan populer diandalkan perusahaan, tentu akan merasa bingung dalam memilihnya.

Sebelum memilih software HR SaaS yang tepat, pastikan bahwa aplikasi tersebut dapat memproses administrasi karyawan secara otomatis dan mampu memenuhi segala kebutuhan perusahaan dan karyawan, contohnya mencatatkan kehadiran, mengajukan cuti, hingga memproses pengajuan klaim reimbursement.

Akan lebih baik jika aplikasi yang Anda pilih juga mampu melakukan manajemen produktivitas karyawan, di samping manajemen kehadiran. 

Tapi, tidak perlu khawatir mencari satu per satu. Aplikasi HR SaaS Hadirr dapat menjadi pilihan terbaik Anda untuk mengelola kehadiran dan produktivitas karyawan.

Apa Saja Fitur-Fitur Unggulan HR SaaS Hadirr?

Mari mengulik satu per satu fitur unggulan HR SaaS Hadirr. 

Aplikasi Hadirr menyediakan dua layanan utama, yaitu manajemen kehadiran dan manajemen produktivitas kerja karyawan. Dalam hal kehadiran, karyawan dapat mencatatkan kehadiran secara online dengan presensi digital dan mencatat waktu lembur mereka juga. 

Hadirr dapat menyesuaikan dengan sistem shift yang berlaku di perusahaan, termasuk mengatur jadwal shift itu sendiri langsung melalui aplikasi.

Baca Juga: 5 Aplikasi Jadwal Shift Karyawan Terbaik di Android

Sementara itu, Hadirr akan membantu Anda dalam meningkatkan produktivitas kerja karyawan, mulai dari fitur timesheet online untuk monitor produktivitas waktu kerja, fitur sales canvassing untuk monitor kunjungan klien di lapangan, dan fitur reimbursement untuk mengajukan klaim. 

Hadirr juga memiliki fitur Hadirr Sales yang akan membantu sales manager untuk mengelola sales. Beragam fitur Hadirr akan sangat membantu Anda dan karyawan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan secara efisien. Saatnya ikut mencoba.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.