5 Tips Memilih Presensi Android sesuai Kebutuhan Perusahaan – Saat ini, pemanfaatan teknologi digital semakin digandrungi karena membantu perusahaan mempertahankan loyalitasnya meski karyawan bekerja dari jarak jauh. Salah satu teknologi yang digunakan adalah aplikasi presensi.

Aplikasi presensi adalah sebuah sistem pencatatan kehadiran karyawan yang dapat diakses melalui komputer dan ponsel yang terhubung dengan internet. Umumnya presensi android lebih banyak digunakan karena praktis dan fleksibel. Karyawan tinggal login untuk melaporkan kehadiran.

Ada banyak aplikasi presensi yang tersedia di pasaran, bagaimana cara memilih yang tepat untuk perusahaan Anda? Mari Ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: 7 Pilihan Sistem Absensi Berbasis Web Terbaik

Mengapa Perusahaan Membutuhkan Aplikasi Presensi?

Beberapa tugas terkait SDM yang mudah seperti memproses cuti, mengatur lembur dan shift kerja, hingga menyusun penjadwalan tugas ternyata memakan banyak waktu jika dikerjakan manual. Secara tidak langsung, aktivitas ini menyebabkan kerugian biaya.

Aplikasi Presensi
Alasan Perusahaan Membutuhkan Aplikasi Presensi | Hadirr

Berikut beberapa alasan perusahaan sebaiknya beralih menggunakan aplikasi presensi :

1. Mengurangi risiko yang dapat merugikan perusahaan

Contoh risiko yang kerap terjadi dalam mengelola kehadiran karyawan adalah kehilangan data, kesalahan kompilasi, kesalahan perhitungan upah, dan potensi kecurangan karyawan.

Dengan memahami kerugian biaya yang akan ditimbulkan, sebaiknya dicegah dengan teknologi solutif aplikasi presensi untuk melindungi perusahaan Anda dan mitigasi risiko.

2. Meningkatkan efisiensi pekerjaan administratif

Aplikasi presensi dapat berpengaruh terhadap efisiensi pekerjaan administratif secara signifikan, sebab sistem otomatisasi membuat pekerjaan selesai lebih cepat.

Bahkan Anda tinggal mengunduh dokumen rekapan data dalam sekali klik saja. Waktu yang ada dapat dimanfaatkan untuk kegiatan strategis lainnya, seperti pengembangan karyawan.

3. Mendorong tingkat kedisiplinan karyawan

Tak dipungkiri, adanya aplikasi presensi menciptakan visibilitas dan transparansi dalam perusahaan. Karyawan “nakal” tidak punya celah lagi dalam memanipulasi data dan mencuri waktu.

Aktivitas mereka mulai dari kehadiran, kegiatan kunjungan di lapangan hingga pengerjaan tugas dapat dipantau online. Tingkat kedisiplinan karyawan pun meningkat.

Baca Juga: 10 Tips Membangun Disiplin Kerja Karyawan Ala HRD

Tips Memilih Aplikasi Presensi Android yang Tepat

Anda tentu berharap berhasil memilih aplikasi presensi android yang terbaik, akurat, dan aman, bukan? Agar tidak bingung dalam memilih, inilah tips-tips yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan :

1. Memiliki fitur presensi berbasis GPS

presensi android
Aplikasi presensi android berbasis GPS | Hadirr

Jika Anda memiliki karyawan yang bekerja jarak jauh (remote dan work from home), ingin melacak karyawan yang bekerja mobile di lapangan, serta melacak jam kerja harian dan setiap tugas. 

Pilihlah aplikasi absensi dengan GPS atau geotagging attendance. Anda dapat melacak dan memantau posisi karyawan secara real-time dibantu teknologi GPS.

2. Sistem keamanan data yang tinggi

Beberapa perusahaan bertahan menggunakan mesin fingerprint karena khawatir terkait keamanan data absensi online yang tidak sepenuhnya di bawah kendali perusahaan. 

Maka pilihlah aplikasi yang menggunakan layanan penyimpanan cloud terbaik di dunia, sistem keamanan web Security Socket Layer (SSL) sekelas perbankan, serta back-up data yang reliable, artinya aplikasi tetap berjalan normal meski terjadi gangguan server.

3. Tampilan aplikasi user-friendly dan mudah dipelajari

Karyawan terdiri dari kalangan lintas usia, tidak semuanya mampu beradaptasi cepat dengan perubahan dan teknologi. 

Aplikasi presensi bukan hanya soal tampilan yang bagus saja, namun juga mudah dioperasikan, mudah dipelajari, dan membuat karyawan nyaman setiap kali menggunakan aplikasi.

4. Paket lengkap fitur manajemen karyawan dalam satu aplikasi

Setiap aplikasi memiliki fitur unggulan, ada yang diperuntukkan untuk satu fungsi saja, ada juga yang bisa multi-purpose. Aplikasi dengan fitur lengkap employee self service (ESS) lebih direkomendasikan agar tidak perlu mengunduh banyak aplikasi. 

Contohnya, aplikasi yang bisa mengelola kehadiran dan cuti karyawan, jadwal aktivitas, jam lembur, pola shift, laporan otomatis, hingga keuangan perusahaan sekaligus.

5. Kemampuan berintegrasi dengan sistem HR lainnya

aplikasi presensi
Aplikasi presensi terintegrasi dengan sistem payroll | Hadirr

Agar penggunaan aplikasi menyeluruh untuk semua karyawan, perhatikan apakah aplikasi bisa terintegrasi dengan sistem perusahaan atau tidak. Misalnya kemampuan berintegrasi dengan sistem payroll dan customer relationship management (CRM) salesman. 

Perhitungan gaji sering membuat tim HR pusing karena banyaknya komponen penggajian yang bisa berbeda antara karyawan yang satu dengan yang lain, jadi aplikasi yang terintegrasi sistem payroll wajib jadi pertimbangan.

Rekomendasi Aplikasi Presensi Android GPS Terbaik di Indonesia

aplikasi absensi GPS
Cara menambahkan lokasi untuk presensi karyawan pada website Hadirr

Anda bisa menikmati semua keuntungan absensi online dan memenuhi poin pertimbangan yang sudah disebutkan di atas dengan menggunakan aplikasi presensi android Hadirr.

Hadirr adalah software HR berbasis cloud dan GPS yang memudahkan Anda dalam melacak, memantau, dan mengelola karyawan. Fitur absensi digital Hadirr tidak hanya berbasis selfie saja, namun juga dilengkapi fitur selfie berbasis biometric system.

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Karyawan Anda dapat mengunduh aplikasi Hadirr di ponsel masing-masing dan menikmati layanan mencatatkan kehadiran tanpa harus ke kantor dan mengatur jadwal kerja dengan timesheet online.

Baca Juga: Keunggulan Mobile Presensi yang Harus Kamu Pertimbangkan

Hadirr juga memudahkan HR dalam menyusun pola shift kerja karyawan sesuai kebutuhan dengan cara drag dan drop saja, lalu mempermudah proses pengajuan lembur dan perekaman data waktu lembur karyawan. Data kehadiran karyawan dapat terintegrasi dengan aplikasi payroll Gadjian untuk perhitungan upah online.

Menggunakan aplikasi presensi android GPS Hadirr akan membuat perusahaan Anda lebih fleksibel dalam beradaptasi dengan teknologi modern dan menciptakan manajemen karyawan yang efektif.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA