7 Pilihan Sistem Absensi Berbasis Web Terbaik – Tahukah Anda bahwa karyawan “mencuri” sekitar 4,5 jam dalam seminggu dari atasan di perusahaan? Hal ini merugikan bisnis ratusan miliar dollar per tahun di seluruh dunia. 

Memantau karyawan merupakan kegiatan yang menantang, baik untuk karyawan yang bekerja di kantor maupun dari jarak jauh.

Sistem absensi berbasis web dapat menyederhanakan tugas ini untuk memastikan produktivitas karyawan Anda tetap terjaga. 

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi HRD Berbasis Web di Era Digital

Perlukah Beralih ke Absensi Berbasis Web?

Sistem absensi karyawan terus berkembang seiring perkembangan teknologi, mulai dari pencatatan kehadiran manual, absen karyawan Excel hingga penggunaan alat fingerprint atau absen sidik jari. 

Namun, terdapat sejumlah kelemahan yang dimiliki masing-masing sistem absensi tersebut. Mulai dari data yang rawan dimanipuplasi hingga besarnya biaya perawatan.

Dalam mengatasi kelemahan-kelemahan tersebut, sekarang Anda bisa mencoba sistem terbaru, yaitu sistem absensi berbasis web. Sebuah aplikasi absensi online yang digunakan untuk mencatatkan kehadiran karyawan secara online.

Keunggulan Absensi Berbasis Web

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang aplikasi absensi berbasis web. Sebagai pemilik bisnis maupun HRD, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu manfaat menggunakan aplikasi absensi.

Akurasi data lebih tinggi. Aplikasi absensi mengandalkan jaringan internet dan GPS. Absensi berbasis GPS menjadikan pencatatan kehadiran lebih akurat dan bisa tersinkronisasi real-time

Praktis digunakan. Karyawan bisa mencatatkan kehadiran melalui ponsel masing-masing. Sangat membantu untuk mengelola karyawan yang bekerja dari jarak jauh, sehingga cocok untuk beragam sistem kerja.

Perampingan pekerjaan administratif. Tidak ada lagi tugas melakukan rekapitulasi kehadiran, sebab sudah direkap otomatis secara online. Waktu habis untuk rekap manual pun bisa dipangkas dan dialihkan pada tugas lainnya.

Penghematan biaya. Biaya berlangganan jauh lebih hemat dibandingkan mengadakan mesin absensi, terlebih jika perusahaan memiliki banyak cabang. Aplikasi absensi cukup diunduh di ponsel masing-masing saja.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Berbasis Web Terbaik

Simak rekomendasi aplikasi absensi berbasis web terbaik yang bisa Anda andalkan:

MyHR Toolkit

Attendance management software bagus untuk menyimpan semua data administrasi pegawai. MyHR Toolkit memungkinkan Anda memantau kehadiran karyawan secara real time, termasuk saat mereka tidak hadir karena sakit, izin, cuti, dan liburan.

BacaJuga: 5 Contoh Form Cuti Karyawan yang Wajib Diketahui

E-Days

Aplikasi E-Days membantu Anda menangani ketidakhadiran, merencanakan pekerjaan ke depan, serta mengidentifikasi dan mencegah waktu cuti yang tidak terjadwal. 

Waktoo

Aplikasi absensi dan monitoring karyawan ini menyajikan fitur yang terbilang lengkap. Proses presensi Waktoo dan pengajuan ketidakhadiran bisa diproses dengan cepat.

Timeoff Management

Tampilan data dalam fitur kalender Timeoff Management akan membantu Anda dalam memproses pengajuan cuti karyawan untuk menghindari bentrokan permintaan izin dan risiko kekurangan karyawan pada musim cuti.

TimeTac

Fitur utama TimeTac adalah pemantauan kehadiran, pelacakan waktu karyawan dan proyek, serta manajemen cuti. Solusi pelacakan waktu pada aplikasi ini cocok untuk berbagai skala bisnis.

actiPLANS

Aplikasi ActiPLANS memiliki fitur unggulan leave request management yang menyederhanakan pengajuan ketidakhadiran karyawan. Sehingga tak perlu lagi menggunakan e-mail dan spreadsheet Excel untuk validasi data.

Aplikasi Absensi Hadirr

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Salah satu aplikasi absensi gratis yang bisa Anda coba adalah Hadirr. Aplikasi ini menyediakan layanan absensi digital “selfie” yang digabungkan dengan teknologi GPS.

Pencatatan kehadiran pun jadi lebih akurat dan tersimpan dalam sistem cloud berkeamanan tinggi. Rekapitulasi kehadiran sudah dibuat otomatis, Anda hanya perlu klik saja.

Sistem absensi berbasis web, Hadirr, tak hanya mengelola kehadiran saja, namun juga untuk menangani tugas lain yang menunjang produktivitas karyawan, seperti melacak waktu, mengatur berbagai pola shift dengan mudah, hingga monitoring kunjungan klien di lapangan. 

Baca Juga: Mesin Absensi Wajah : Kelebihan dan Kelemahannya di Era Sekarang

Aplikasi Hadirr dapat diunduh gratis di ponsel, baik Android maupun iOS. Yuk, saatnya beralih pakai Hadirr sekarang juga.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: K