Disiplin karyawan bukan hanya tentang hukuman semata, namun tentang bagaimana menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menyenangkan bagi karyawan dan manajemen perusahaan.

Salah satu pekerjaan HRD ialah memastikan disiplin kerja dan kinerja karyawan berjalan baik setiap saat. Karyawan perlu dipantau berkala untuk melihat apakah mereka sudah bekerja seperti yang diharapkan atau tidak. 

Terdapat keterkaitan erat antara disiplin kerja terhadap kinerja karyawan. Apabila kedua hal tersebut berjalan tidak baik, maka akan menjadi ancaman terhadap kesuksesan perusahaan Anda.

Baca Juga: Sanksi Bagi Karyawan Mangkir Kerja 5 Hari Berturut-Turut

Sebab itulah, sebagai HRD, Anda perlu merencanakan strategi disiplin progresif untuk karyawan. Bagaimana cara membuat karyawan disiplin? Simak beberapa tips berikut ini!

Tips Membangun Disiplin Kerja Karyawan

Memenuhi hak karyawan dengan adil

disiplin kerja karyawan
Tips Membangun Disiplin Kerja Karyawan | Hadirr

Sudahkan Anda memenuhi semua kebutuhan karyawan secara adil dan transparan? Transparansi menjadi hal utama yang perlu Anda perhatikan, karena sangat sensitif bagi karyawan. Jika karyawan memperoleh perlakuan yang tidak adil, bagaimana bisa mendorong mereka agar lebih disiplin? Misalnya, mengenai sistem penilaian, penggajian hingga promosi jabatan.

Menata ruang kerja karyawan yang nyaman dan kondusif

Misalnya, mengganti dinding tembok dengan kaca, menggunakan cat berwarna cerah, menata tanaman untuk penyegaran, menyediakan kubikel terbuka dan ruang kerja tertutup untuk menyesuaikan kultur kerja individu karyawan, menyediakan furnitur mendukung seperti kursi  yang nyaman, laci berkunci, serta memperbarui sistem komputer dengan teknologi terkini.

Menata ruang rapat yang lebih cair

Ruang rapat tidak hanya digunakan untuk mengadakan pertemuan dengan atasan saja, tapi juga bisa jadi tempat brainstorming. Jika karyawan Anda banyak dari kalangan milenial, sediakanlah ruang rapat dengan suasana yang lebih cair dan desain interior yang modern, sehingga mereka lebih rileks menciptakan ide-ide baru.

Membuat aturan yang tegas dan tidak berlebihan

Aturan memang diperlukan untuk mengatur kedisiplinan, namun jika berlebihan, kreatifitas karyawan justru akan terhambat dan terkekang. Pertimbangkanlah aturan yang tegas tapi tidak memberatkan karyawan. Anda perlu melakukan riset dan mencari data pendukung agar karyawan tidak bingung dengan peraturan yang dibuat.

Mengadakan pelatihan secara berkala

Pelatihan menjadi kesempatan yang baik bagi karyawan untuk mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan kerja mereka agar menjadi lebih efektif dalam bekerja. Apabila dilakukan secara konsisten, Anda akan mendapatkan laba investasi yang besar melalui pelatihan berkala karyawan.

Baca Juga: Anti Fake GPS, Aplikasi Absen Online Ini Banyak Digunakan di Indonesia

Memberlakukan sistem reward dan punishment

Disiplin Kerja Karyawan
Disiplin Kerja Karyawan | Hadirr

Karyawan yang selalu disiplin pantas menerima apresiasi dari perusahaan, misalnya melalui penghargaan bergilir setiap bulannya. Hal ini akan memotivasi karyawan yang lain untuk disiplin juga, sedangkan karyawan yang tidak disiplin perlu diberi hukuman sesuai aturan. Anda dapat menggunakan sistem poin atau maksimal pelanggaran, tidak harus langsung memberi surat peringatan.

Memberikan fasilitas rekreasi bagi karyawan

Fasilitas yang membuat karyawan makin produktif adalah rekreasi. Misalnya, fasilitas gym agar karyawan memiliki gaya hidup lebih sehat, fasilitas permainan board game, ruang istirahat yang kekinian serta kafetaria modern. Fasilitas rekreasi lainnya adalah liburan, misal mengadakan family gathering atau staycation untuk membangun keakraban.

Melakukan evaluasi rutin terhadap kinerja karyawan

Evaluasi ini dapat dilihat dari kehadiran, ketercapaian target, hingga penyelesaian tugas saat bekerja. Hal ini untuk mendeteksi siapa yang mengalami penurunan performa, mengecek apakah beban kerja yang diberikan sudah sesuai atau tidak serta merumuskan kebijakan solutif sebagai tindak lanjut evaluasi tersebut.

Menyediakan fasilitas konseling karyawan

Meskipun Anda adalah atasan atau pihak yang berwenang memberikan hukuman bagi karyawan, Anda juga bisa menjadi teman mereka. Konseling karyawan menjadi jalan untuk menelusuri penyebab menurunnya kedisiplinan karyawan, alih-alih langsung menghukum mereka. Caranya dengan mengadakan pertemuan empat mata dan membimbing karyawan menerapkan langkah-langkah yang disepakati.

Mengurangi cara kerja manual dengan adopsi teknologi terkini

Penggunaan teknologi bisa serta merta mendukung semua tips di atas. Misalnya, penyediaan sistem komputer ter-update, pengadaan aplikasi dalam mendukung administrasi karyawan dan pemantauan kinerja secara online, bahkan aplikasi yang mendukung distribusi payroll yang otomatis dan akurat.

Bantu Penegakan Disiplin Kerja Karyawan dengan Hadirr dan Gadjian

Pengelolaan karyawan memang kompleks, Anda bisa menyederhanakannya dengan menggunakan aplikasi seperti Hadirr dan Gadjian. Kedua aplikasi ini akan mendukung Anda dalam menegakkan kedisiplinan karyawan. Bagaimana caranya?

Aplikasi kehadiran online serba bisa seperti Hadirr bisa Anda gunakan untuk mencatatkan kehadiran karyawan secara digital, mengotomatisasi pengaturan shift kerja karyawan, hingga mempermudah pengajuan klaim reimbursement melalui sistem. 

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Sedangkan Gadjian merupakan aplikasi manajemen SDM masa kini yang memudahkan Anda dalam pengelolaan payroll (hitung gaji online), pengelolaan cuti dan izin karyawan, serta memantau dan mengelola shift kerja menjadi lebih ringan.

Baca Juga: 3 Langkah Menangani Karyawan yang Sering Bolos Kerja

Sumber daya manusia menjadi aset yang paling berharga bagi perusahaan, dengan menggunakan teknologi yang praktis dan sederhana seperti Hadirr dan Gadjian, maka penegakan disiplin karyawan menjadi lebih mudah dilaksanakan. 

Salah satu kelebihan yang bisa Anda dapatkan adalah kenyamanan pemantauan karyawan dari jarak jauh, sehingga karyawan Anda menjadi lebih nyaman dan tetap disiplin dalam bekerja.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: YRA