Jadwal (shift) kerja di kantor selama masa pandemi virus corona yang juga dikenal dengan masa new normal tentunya berbeda dengan sebelum masa COVID-19. Hal ini dikarenakan jumlah karyawan di kantor perlu dibatasi agar physical distancing terjaga demi mencegah meluasnya penyebaran virus COVID-19, khususnya di wilayah kantor. 

Lalu bagaimana caranya mengatur proporsi karyawan yang work from home (WFH) dibanding yang work from office (WFO) agar produktivitas terjaga serta operasional perusahaan berjalan dengan lancar? Berikut ini beberapa ide pilihan jadwal kerja yang dapat Anda terapkan di kantor.

Baca Juga: Kiat Perusahaan Antisipasi Gelombang Kedua Corona


Kerja di Kantor
(Work From Office) 100%

Beberapa jenis bisnis seperti perusahaan manufaktur dan food & beverage (F&B) mau tidak mau harus menerapkan pola kerja ini.

Ketika perusahaan Anda menerapkan jadwal kerja WFO 100%, Anda perlu memastikan kesehatan karyawan tetap terjaga dan segenap karyawan yang bekerja mematuhi protokol pencegahan COVID-19. Jika perlu, lengkapi asuransi kesehatan atau BPJS Kesehatan karyawan dengan asuransi khusus COVID-19.

Agar social distancing atau physical distancing tetap terjaga, perusahaan Anda juga dapat menerapkan beberapa shift atau jadwal kerja yang berbeda-beda bagi karyawan. Contoh:

  • Shift 1: Masuk jam 07.00 hingga jam 15.00 
  • Shift 2: Masuk jam 10.00 hingga jam 18.00


Work From Office
(WFO) Berdasarkan Usia dan Tempat Tinggal

Anda juga dapat menerapkan jadwal kerja WFO dan WFH berdasarkan usia karyawan. Contoh penerapannya adalah mengizinkan karyawan yang berusia di bawah 45 tahun dan menggunakan kendaraan pribadi untuk bekerja dari kantor. Pola kerja ini akan meminimalisir paparan risiko COVID-19 terhadap karyawan yang memiliki faktor risiko (usia) tertinggi.

Jadwal kerja yang perusahaan Anda pilih tentunya harus disesuaikan dengan kondisi bisnis Anda. Jadwal manapun yang menjadi pilihan Anda, penggunaan Gadjian sangat bermanfaat dalam pengaturan jadwal shift kerja selama masa pandemi virus corona karena Gadjian memiliki fitur Jadwal Kerja

Di masa pandemi ini, fitur ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi perusahaan Anda untuk menerapkan aneka jadwal kerja demi kelancaran operasional perusahaan.

Coba Gadjian Sekarang


Kerja di Kantor (Work From Office) 20-50%

Beberapa perusahaan BUMN dan multinasional yang memiliki jumlah karyawan cukup banyak menerapkan pola kerja semacam ini. Keuntungan dari pola kerja ini adalah operasional kantor yang berlaku pra-pandemi dapat cukup terjaga, karena karyawan secara bergilir dapat tetap beroperasi di kantor. Yang harus diperhatikan dalam menerapkan pola kerja ini adalah protokol pencegahan COVID-19 harus ditegakkan secara disiplin untuk mencegah penularan virus corona di kantor. Selain itu, komunikasi dan kerja sama antar tim yang bekerja di rumah (WFH) dan bekerja di kantor (WFO) harus berjalan lancar, mengingat lokasi kerja tidak saling berdekatan.

Baca Juga: Download Panduan New Normal Bagi Perusahaan dan Karyawan (Infografis)

Salah satu cara untuk memastikan cara kerja beda lokasi (WFH versus WFO) ini minim hambatan adalah dengan memastikan semua karyawan tetap menjaga rutinitas kerja yang sama. Penggunaan aplikasi absensi karyawan seperti Hadirr dapat memastikan agar rutinitas kerja antar tim berjalan lancar sekaligus kepercayaan antar tim terbangun.

Coba Hadirr Software Aplikasi Absensi Karyawan Online (E-Absen) Terbaik Indonesia


Writer: Diyan Faranayli