Timesheet Karyawan : Manfaat dan Contoh Template – Seiring bertumbuhnya perusahaan, Anda akan mulai sulit melacak apa yang dilakukan karyawan dan keberadaan mereka selama jam kerja. Padahal, kehadiran karyawan dan penggunaan waktu yang efisien berkaitan erat dengan produktivitas kerja.

Bagaimana jadinya jika karyawan Anda sering datang terlambat, pulang lebih cepat, bahkan tidak benar-benar bekerja saat jam kerja? Oleh karena itu, pemilik bisnis atau HR Manager dapat meminta karyawan untuk mengisi timesheet setiap hari.

Baca Juga: Bagaimana Perhitungan Jam Kerja yang Berlaku di Indonesia?

Apa Itu Timesheet Karyawan?

Timesheet karyawan atau lembar kerja karyawan merupakan sebuah tabel data yang digunakan untuk mengukur jam kerja karyawan. Lembar kerja tersebut mencatatkan waktu yang dihabiskan untuk tugas, proyek, atau klien.

Karyawan perlu melakukan entri data meliputi waktu memulai dan mengakhiri suatu pekerjaan, tugas atau proyek. Anda harus memastikan bahwa data tersebut akurat, sebab bukti total jam kerja (termasuk jam lembur) yang tercatat digunakan sebagai dasar perhitungan gaji karyawan

Saat ini, terdapat beberapa contoh timesheet kerja yang kerap digunakan perusahaan seperti timesheet kertas (menggunakan punch card), timesheet excel atau spreadsheet, dan timesheet digital.

Fungsi timesheet lainnya ialah membantu Anda menjaga efektivitas kerja karyawan agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu. Anda dapat menganalisis apakah beban kerja yang diberikan kepada mereka sudah sesuai, terlalu banyak atau malah terlalu sedikit.

Manfaat Timesheet untuk Perusahaan

Timesheet Karyawan
Timesheet Karyawan : Manfaat dan Contoh Template | Hadirr

Timesheet dapat dikatakan sebagai absensi karyawan juga, karena itu manfaat yang dirasakan tergantung metode apa yang diaplikasikan. Secara umum, inilah manfaat timesheet untuk perusahaan :

1. Mengurangi pemborosan waktu

Timesheet membantu Anda memahami tugas mana yang memerlukan lebih banyak waktu, membuang banyak energi, dan yang perlu diselesaikan segera.

Anda bisa mengoptimalkan waktu, termasuk waktu yang digunakan untuk cek email atau mencari dokumen dalam file.

2. Meningkatkan transparansi kerja

Dengan adanya time tracking lewat timesheet, secara otomatis perusahaan menjadi lebih transparan. Anda mulai memahami pola aktivitas yang dilakukan karyawan dan memungkinkan perusahaan untuk tetap berada di puncak proses kerja.

Sedangkan karyawan menyadari bahwa mereka perlu melaporkan jam kerja dan berusaha seproduktif mungkin.

3. Meningkatkan manajemen proyek

Timesheet membantu Anda menganalisis keseluruhan proyek dan dikelola menuju bisnis yang lebih menguntungkan.

Misalnya, dengan menganalisis penggunaan waktu, Anda mengetahui siapa yang memberikan impact terbaik dan siapa yang terlalu banyak mengemban beban kerja, sehingga selanjutnya bisa lebih tepat menempatkan karyawan sesuai keterampilan dan berbagi tugas secara merata.

4. Menghemat penggunaan anggaran

Timesheet membantu Anda melacak penggunaan anggaran dengan cara membandingkan jumlah waktu kerja karyawan dan output yang dihasilkan.

Jika menerapkan sistem proyek dengan bayaran per jam, dapat terlihat jelas di lembar kerja. Mengelola waktu kerja secara efektif agar pekerjaan dapat selesai lebih cepat dan hasil maksimal memungkinkan Anda menghemat lebih banyak uang.

5. Menjaga keakuratan tagihan

Saat memiliki proyek dengan klien, timesheet membantu membuat tagihan yang akurat, sehingga klien tak perlu khawatir terus menerus akan status proyek mereka.

Anda bisa memberi tahu klien bahwa proyek ditangani secara efisien dan uang mereka tidak terbuang sia-sia. Lembar kerja menjadi bukti akurat penagihan Anda.

Baca Juga: Software Absensi Online, Solusi Tepat Pantau Jam Kerja Karyawan

Contoh Timesheet Kerja Karyawan

Banyak perusahaan menggunakan timesheet Excel atau Spreadsheet. Apakah Anda sedang mencari template timesheet? Inilah contoh timesheet karyawan yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

a. Timesheet harian

timesheet karyawan
Contoh timesheet karyawan harian | Hadirr

b. Timesheet mingguan

timesheet karyawan
Contoh timesheet karyawan mingguan | Hadirr

c. Timesheet bulanan

timesheet kerja
Contoh timesheet kerja bulanan | Hadirr

d. Timesheet proyek

contoh timesheet kerja
Contoh timesheet kerja berdasarkan proyek | Hadirr

Kelola Timesheet Karyawan Lebih Mudah dengan Hadirr

Penggunaan timesheet kertas dan Excel ternyata masih memiliki kelemahan, yaitu membuang banyak waktu untuk entri dan perhitungan data, rawan kesalahan input, mudah dimanipulasi, serta kurang efektif untuk monitoring karyawan.

Nah, kini sudah banyak perusahaan yang beralih menggunakan timesheet digital untuk memudahkan pencatatan kehadiran dan analisis kinerja karyawan. Anda juga bisa ikut beralih dengan memanfaatkan aplikasi Hadirr.

Aplikasi Jadwal Kerja
Aplikasi Jadwal Kerja Hadirr

Aplikasi Hadirr membantu Anda mencatatkan kehadiran karyawan secara real-time. Perekaman dilakukan saat karyawan absen melalui fitur absensi digital. Seberapa lama waktu yang dihabiskan karyawan dalam mengerjakan tugas dapat Anda cek pada fitur timesheet online, di dalamnya tertera lengkap data kehadiran dan aktivitas karyawan.

Anda tak perlu repot lagi berjibaku dengan Excel yang menghabiskan banyak waktu, karena Hadirr akan menyediakan laporan otomatis untuk Anda unduh. 

Baca Juga: Mesin Absensi Wajah : Kelebihan dan Kelemahannya di Era Sekarang

Hadirr membantu manajemen proyek jadi lebih efisien, berupa fitur shift kerja untuk mengelola pola kerja karyawan dan fitur client visit untuk memantau aktivitas kunjungan klien. 

Dengan Hadirr, Anda bisa menikmati banyak layanan dalam satu aplikasi. Tak perlu buang waktu, percayakan Hadirr membantu Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA