Apakah Anda familiar dengan bisnis waralaba (franchise)? Bisnis ini dijalankan oleh pemilik merek (franchisor) dan penerima merek (franchisee). Ketika Anda memutuskan untuk membuka usaha franchise, Anda otomatis memperoleh akses penuh terhadap materi perusahaan, seperti: logo, slogan, bahan baku, dan lain-lain sesuai dengan perjanjian.

Baca Juga: Strategi Pemilihan Usaha Franchise Agar Untung Besar

Di Indonesia, contoh bisnis franchise terlaris yaitu minimarket dan makanan cepat saji. Keduanya berkembang dengan pesat di perkotaan, perkantoran, bahkan mulai muncul di pelosok daerah tertentu. Menurut Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Andrew Nugroho, di tahun 2018 transaksi usaha franchise rata rata mencatat angka pertumbuhan 10-15% per tahun dengan nominal mencapai 7,5 triliun.

Ide bisnis waralaba masih jadi peluang bisnis di tahun 2021. Banyaknya karyawan yang di-PHK tidak serta merta dijadikan alasan untuk patah semangat, melainkan kesempatan untuk membuka bisnis jangka panjang. Calon pengusaha maupun entrepreneur lama harus berbenah dan bangkit kembali, sebab ditemukannya vaksin COVID-19 menjadi tanda bahwa perekonomian akan pulih.

Lantas, apa saja keuntungan berbisnis franchise? Membuka usaha ini jelas lebih mudah dibanding membangun usaha milik sendiri. Anda tidak perlu repot memikirkan pasar, karena setiap brand (merek) telah memiliki target konsumen masing-masing. Sebagai contoh, bisnis minuman kekinian membidik anak muda sebagai pasar utama mereka. Anda hanya diminta menyediakan tempat dan modal sesuai yang tercantum dalam perjanjian.

Berikut rekomendasi bisnis franchise yang dapat Anda pertimbangkan:

Franchise Minuman

janji jiwa franchise

Selain makanan cepat saji, minuman kekinian jadi ide bisnis waralaba yang menjanjikan. Anda mungkin pernah atau sering mencicipi varian minuman seperti boba, thai tea, cheese tea, atau es kopi. Teh dan kopi merupakan minuman sehari-hari yang dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tak heran, bisnis franchise minuman tetap jadi pilihan.

Dilansir dari VOI.id, konsumsi kopi domestik meningkat seiring berkembangnya bisnis cafe kopi. Hal ini dipengaruhi oleh kebiasaan masyarakat yang senang nongkrong dan mengunggah tempat-tempat estetik di media sosial mereka. Gerai minuman Kopi Janji Jiwa, menjadi salah satu inspirasi bisnis kopi. Tak hanya menjual kopi, brand yang menawarkan program waralaba ini juga menjual minuman berbahan dasar susu, teh, madu serta roti lapis panggang.

Selain Janji Jiwa, gerai minuman lain yang menawarkan program franchise antara lain: Xi Bo Ba, Kokumi, dan Coffee Toffee. Jika masih bimbang, Anda bisa membaca segelintir kisah sukses bisnis cafe sebagai inspirasi untuk memulainya.

Franchise Makanan

franchise chacha burgo

Selain minuman kekinian, ide bisnis waralaba selanjutnya adalah gerai makanan. Usaha ini tak pernah mati sebab makanan adalah kebutuhan pokok. Tak jarang orang memilih membeli makanan di luar dibanding memasak karena lebih praktis. Mengenai bisnis franchise makanan, Anda dapat memilih berbagai merek dagang lokal maupun luar negeri, tergantung besarnya modal yang dimiliki.

Contoh gerai waralaba yang populer yaitu Burger Shot asal Malang. Berkat kepopuleran dan rasa lezatnya, burger ini sudah memiliki beberapa cabang di Kalibata, Surabaya, Bali, dan Bandung. Ada pula Chacha Bubur Goreng dengan inovasi rasa dan menu yang menggiurkan. Kedua merek ini memiliki pasar yang luas karena harganya sangat terjangkau oleh konsumen (15.000-50.000 rupiah).

Franchise Laundry

franchise laundry premium

Ide bisnis waralaba yang terakhir yaitu usaha jasa binatu atau laundry. Setiap orang, khususnya warga perkotaan enggan mengurus pakaian mereka sendiri karena sibuk, Anda bisa memanfaatkan kondisi tersebut dengan membuka franchise laundry di sekitar tempat tinggal atau komplek perkantoran.

Ada banyak laundry yang menawarkan sistem kemitraan waralaba, Anda bisa mempertimbangkan QnC Laundry dan Aqualis Fabricare yang sudah memiliki mutu terjamin.

Baca Juga: Cuan! 5 Rekomendasi Bisnis Franchise Makanan dan Minuman untuk Milenial

Semua merek franchise di atas menggunakan aplikasi Hadirr untuk mengelola manajemen menjadi lebih efisien dan hemat biaya. Anda tak perlu pusing mengenai perhitungan bisnis coffee shop misalnya, sebab dapat dilakukan secara online, real time dan akurat oleh aplikasi. 

Aplikasi Hadirr memiliki banyak fitur yang mempermudah hubungan kerja antar pegawai dan pemilik usaha. Fitur tersebut antara lain:

  • Client visit berbasis GPS, sehingga owner bisa memantau jadwal dan aktivitas pegawai maupun tim sales. Data secara otomatis terekam dan dapat diunduh langsung.
  • Absensi selfie untuk mencegah kecurangan.
  • Reimbursement online, mengelola bukti transaksi dengan sekali upload.

Apakah Anda ingin sukses dan tertarik mengikuti jejak berbagai franchise di atas? Fokuslah dengan bisnis Anda dan untuk urusan karyawan serahkan pada Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr