Kalau Anda sedang mencari pilihan waralaba minuman kekinian 2022 yang sukses mendatangkan cuan, maka cobalah untuk mempertimbangkan berbisnis franchise Menantea

Brand yang sedang naik daun ini menghadirkan beragam menu teh buah olahan yang dicampur beberapa pilihan topping. Membuka franchise ini tentu akan memberikan Anda kesempatan meraup untung yang besar.

Apakah Anda tertarik mencoba berbisnis Menantea? Yuk pelajari syarat, ketentuan, dan tips suksesnya berikut ini.

Seputar Menantea Group

Menantea group adalah brand yang sudah terkenal bahkan sebelum toko dibuka. Kepopuleran ini karena pemilik Menantea adalah youtuber terkenal Jerome Polin

Jerome menggandeng kakaknya, Jehian Panangian, seorang manager dari sederet konten kreator di Indonesia dan Jepang.

Di samping itu, kakak-beradik ini juga mendapatkan bantuan dari para ahli di bidang kuliner dan digital marketing, di antaranya Hendy Setiono (pendiri BabaRafi Enterprise), Sylvia Surya (pendiri Kopisoe), dan Bisma Adi Putra (konsultan F&B Masakin Group).

Baca Juga: Rahasia Sukses Franchise Mixue Indonesia

Menantea membuka gerai pertamanya di Tomang, Slipi, Jakarta Barat pada 10 April 2021. Promosi Menantea dilakukan melalui Instagram berhasil mendapatkan 100 ribu pengikut pada hari pertama akun dibuat.

Antuasiasme berbagai kalangan dengan kehadiran Menantea membuat bisnis ini berekspansi dengan cepat. Menginjak setahun sejak didirikan, kini sudah terdapat 209 Menantea outlet yang tersebar di 78 kota yang ada di Indonesia.

Mengenal Menu dan Harga Teh Menantea

Jerome dikenal dengan kesukaannya pada matematika, terlihat pada konten-konten Youtube-nya. Nah, kesukaannya itulah yang menginspirasi nama menu Menantea jadi unik, karena berhubungan dengan matematika.

Berikut daftar menu dan harga teh Menantea : 

Signature series

menantea franchise
minuman menantea

Fruit tea series

menantea franchise
menantea jerome polin

Milk tea series

menantea franchise
milk tea menantea

Comfortea series

waralaba minuman kekinian 2022
waralaba minuman kekinian

Irrational tea

minuman kekinian
menu menantea jerome

Snack

bisnis minuman menantea
menantea jerome

Untuk topping minumannya sendiri, terdapat 6 pilihan, yaitu grass jelly, honey boba, menantea jelly, crystal jelly, lemon jelly, dan cheese cloud dengan kisaran harga 4-7 ribu rupiah saja.

Baca Juga: 7 Aplikasi Bisnis Online Terbaik untuk Tingkatkan Profit

Mengintip Harga dan Paket Franchise Menantea

Untuk Anda yang tertarik membuka bisnis Menantea franchise ini, Anda harus menyiapkan modal minimal sebesar 125 juta rupiah.

Menantea hadir dengan dua tipe sistem kemitraan, yaitu tipe outlet standar dan tipe outlet autopilot. 

Paket usaha tipe outlet standar

Harga kemitraan standar adalah sebesar 125 juta rupiah, belum termasuk mesin dan peralatan. 

Apabila Anda ingin menambahkan peralatan sendiri, dikenakan biaya 50 juta rupiah. Semua biaya mencakup biaya sewa tempat, peralatan pembuatan teh, dan peralatan memasak. 

Kesempatan balik modal tipe standar ialah sekitar enam 6-10 bulan. Nantinya keuntungan penjualan akan sepenuhnya menjadi milik Anda sebagai mitra.

Paket usaha tipe outlet autopilot

Harga franchise Menantea tipe autopilot adalah sebesar 175 juta rupiah. Dengan biaya ini, mitra akan mendapatkan kesempatan balik modal dalam 9-20 bulan. 

Biaya tersebut sudah termasuk dengan mesin dan peralatan (tidak termasuk biaya sewa tempat usaha).

Pada tipe autopilot, ada sistem bagi hasil sebesar 50 persen dengan pihak pengelola franchise, sehingga keuntungan yang didapatkan tidak sepenuhnya milik mitra.

Keunggulan Bisnis Menantea dan Cara Daftar Franchise

Daftar Franchise Menantea

Menantea menghadirkan banyak varian menu, mulai dari makanan hingga snack. Harga jualnya terjangkau dan menggunakan sistem operasional yang canggih. 

Untuk pemasaran sendiri, Anda tidak perlu khawatir, sebab bisa mengandalkan digital marketing media sosial. Lihat saja betapa menariknya tampilan desain feed Instagram Menantea.

Menantea menerapkan low stock alert system dalam operasionalnya. Manager atau PIC toko akan menerima notifikasi saat stok toko menipis. 

Di samping itu, penggunaan teknologi juga banyak diterapkan, mulai dari keperluan quality control, pemesanan bahan baku, dan modul-modul laporan.

Buat Anda yang berminat mengambil franchise Menantea, Anda dapat mengirim direct message ke Instagram resmi Menantea dan menanyakan seputar kemitraan.

Prosedur pendaftaran adalah sebagai berikut : 

  • Mengisi formulir kemitraan. Lalu akan ada approval lokasi melalui foto dan Google Maps.
  • Persetujuan kemitraan Menantea oleh tim Mantappu Corp. Siapkan biaya komitmen sebesar 20% di awal dari total lisensi dan down payment sebesar 30% dari total lisensi.
  • Melakukan renovasi outlet bersama tim Mantappu Corp, setelah itu baru pelunasan pembayaran.
  • Pengiriman mesin dan bahan baku, pelaksanaan training, dan pemberian informasi manajemen usaha dan karyawan.
  • Melakukan grand opening outlet.

Baca Juga: 9 Cara Mengelola Usaha Franchise Agar Makin Untung

Tips Sukses Franchise Menantea

cta pelanggan potensial

Untuk menjadi sukses dalam menjalankan bisnis franchise Menantea, inilah tips-tips yang dapat Anda lakukan : 

Menentukan lokasi outlet yang strategis

Lokasi strategis adalah pertimbangan pertama sebelum membuka usaha. Anda harus mencari lokasi outlet yang mudah terlihat dan memastikan akses jalur ke toko Anda ramai orang berlalu-lalang serta dekat dengan konsumen.

Aktif melakukan promosi di media sosial

Meskipun brand Menantea memang sudah populer, Anda tetap harus aktif mengunggah, minimal satu kali dalam seminggu. Unggahlah foto produk yang Anda jual dengan caption menarik. Jangan lupa untuk berinteraksi yang baik dengan konsumen juga, ya!

Memberikan promo dan diskon khusus

Promo dan diskon adalah hal yang paling ditunggu-tunggu konsumen. Agar franchise Anda sukses, manfaatkan event-event tertentu seperti tanggal kembar setiap bulan dan hari besar nasional untuk memberikan promo tertentu atau diskon khusus pelanggan setia.

Menggunakan aplikasi Hadirr untuk kelola manajemen franchise

aplikasi absensi online hadirr

Penggunaan teknologi akan sangat membantu Anda dalam mengelola karyawan Menantea. Untuk memudahkan Anda dalam monitoring absensi karyawan di banyak outlet, Anda dapat mengandalkan aplikasi absensi digital Hadirr.

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk mengelola shift karyawan sehingga mempermudah pengaturan grup maupun individu. Disamping itu, terdapat fitur timesheet online yang memudahkan berbagi tugas jarak jauh dan kolaborasi antar franchise. 

Beberapa outlet Menantea di Jakarta dan Solo sudah menggunakan Hadirr untuk mengelola absensi karyawan di outlet. Sekarang giliran Anda untuk merasakan manfaat dari Hadirr juga.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group