Absensi ceklok menjadi salah satu mesin absensi yang paling tua bahkan bisa dibilang ia adalah pelopor munculnya mesin absensi digital yang lebih modern seperti sekarang.

Cara menggunakan absen ceklok terbilang cukup mudah dan praktis jika dibandingkan menulis absensi secara manual di kertas. Sayangnya, mesin absensi kartu atau ceklok ini dianggap sudah tidak relevan lagi di era digital seperti sekarang.

Khususnya bagi Anda, para praktisi HR maupun business owner yang sedang mencari perangkat absensi untuk perusahaan. Mari simak apa saja kelebihan dan kekurangan dari mesin ceklok yang perlu Anda ketahui.

Baca Juga: 6 Aplikasi Absensi Online Android Berbasis Web Gratis

Kelebihan Absensi Ceklok

Secara garis besar, kelebihan yang ditawarkan oleh mesin kehadiran ceklok dapat dilihat dari harga belinya yang masih sangat terjangkau. Berbeda jauh dengan perangkat absensi modern lain yang bisa dibandrol dengan harga hingga jutaan, Anda bisa memiliki mesin absensi kartu ceklok ini dengan harga ratusan ribu saja.

Tak heran jika mesin absensi ini lebih cocok digunakan bagi perusahaan atau bisnis kecil yang baru saja beroperasi dan tidak memiliki banyak karyawan. 

Mengingat sistem input absennya yang dilakukan dengan cara memasukkan kartu ke dalam mesin absen ceklok, jadi bisa Anda bayangkan seberapa repotnya jika Anda memiliki ratusan karyawan? Belum lagi, Anda juga harus menyediakan kertas absensi untuk memenuhi hal tersebut yang tentu saja akan sangat boros.

Kelemahan Absensi Ceklok

absensi ceklok
Seberapa efektifkah absensi ceklok untuk karyawan? | Hadirr

Meskipun dibandrol dengan harga yang terjangkau, sayangnya terdapat beberapa kelemahan mesin absensi ceklok yang perlu Anda waspadai. Salah satunya sudah kami sebutkan di atas yakni, boros kertas.

Baca Juga: Anti Fake GPS, Aplikasi Absen Online Ini Banyak Digunakan

Selain itu, mesin absensi kartu ceklok juga sangat rawan menimbulkan kecurangan yang dilakukan oleh karyawan. Di mana karyawan bisa sewaktu-waktu melakukan titip absen pada teman karyawannya yang lain pada saat mereka datang terlambat atau hendak bolos kerja. 

Di sisi lain, mesin ceklok juga terbilang kurang efektif. Contoh saja di masa pandemi seperti saat ini, banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawan mereka dari rumah. Sehingga absensi ceklok dianggap kurang relevan untuk diaplikasikan untuk perusahaan yang menerapkan sistem WFH atau hybrid maupun kerja dari jarak jauh.

Satu lagi, rekap data absensi dan perhitungan gaji menggunakan mesin kehadiran yang satu ini juga hanya bisa dilakukan secara manual. Boros waktu dan tenaga!

Beralih ke Hadirr, Aplikasi Absensi Online yang Lebih Praktis

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Melihat kelebihan dan kekurangan absensi ceklok di atas, Anda mungkin berpikir dua kali jika akan mengadopsi mesin kehadiran ini. Sebab sekarang Anda bisa memiliki sistem absensi yang lebih modern dengan harga yang relatif terjangkau pula.

Seperti Hadirr, aplikasi absensi online berbasis web yang dapat digunakan untuk memantau kinerja karyawan dari jarak jauh dengan cara yang lebih mudah. Lewat aplikasi ini Anda dapat melihat progress pekerjaan masing-masing karyawan meskipun mereka bekerja dari rumah.

Karyawan cukup melakukan absen selfie lewat ponsel mereka dan secara otomatis Anda dapat melihat rekapan data absensi mereka dari di dashboard website Hadirr. Mulai dari waktu hingga lokasi atau tempat mereka mengambil foto selfie dengan teknologi GPS dan face recognition yang canggih. Sehingga dapat menekan tindak kecurangan karyawan.

Tak hanya lebih hemat, aplikasi absensi android Hadirr juga memiliki banyak fitur yang cukup lengkap untuk membantu kinerja divisi HR dalam perusahaan. 

Baca Juga: Ingin Menerapkan Sistem Kerja Fleksibel? Inilah Keuntungannya

Mulai dari kelola timesheet secara online, pengajuan reimbursement, hingga pengaturan shift kerja. Selain itu, aplikasi Hadirr juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi payroll Gadjian untuk mempermudah perhitungan gaji berdasarkan jam kerja karyawan. Menarik, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Tak perlu berpikir dua kali untuk beralih ke software absensi online dari Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: AY