Bisnis laundry kiloan? Mengapa tidak? Buat kamu yang baru akan membangun bisnis, usaha laundry bisa dijadikan pilihan. 

Di zaman yang segalanya menuntut untuk serba cepat seperti saat ini, jasa mencuci pakaian tentu saja sangat diminati. Betul, semua orang bisa mencuci pakaian sendiri di rumah. Namun, pada kenyataannya banyak orang yang tidak sempat mencuci karena harus mengerjakan hal-hal lain yang sifatnya strategis. Hal-hal teknis seperti mencuci pakaian, biasanya diserahkan kepada pihak lain. Dari sinilah muncul ide bisnis laundry yang menjanjikan. 

Baca Juga: Kiat Sukses Bisnis Cafe Eiger Coffee Tropical

QnC Laundry sudah membaca peluang ini sejak lama. Brand yang bergerak di bidang jasa layanan pencucian pakaian ini kali pertama beroperasi pada 25 Januari 2009, di Jl. Toddopuli Raya No.10, Makassar, Sulawesi Selatan. 

Awalnya, perusahaan ini menjalankan bisnis laundry yang dioperasikan secara manual. Lalu, terinspirasi dari Go-Jek, yaitu Go-Laundry yang memanfaatkan teknologi terkini. QnC Laundry pun beralih menggunakan teknologi, sehingga bisnis yang tadinya serba manual, sekarang sudah menggunakan komputer dan aplikasi. 

Penggunaan aplikasi pada smartphone dan tablet menjadi lebih memudahkan baik bagi pelanggan maupun karyawan QnC Laundry. Pengoperasian dengan menggunakan teknologi ini bisa dilakukan secara online maupun offline. QnC Laundry juga menggunakan teknologi auto notification tracking progress, sehingga pelanggan tahu progres cuciannya. Hal inilah yang membuat QnC Laundry berbeda dari bisnis laundry lainnya.

Usaha laundry di masa pandemi ini tentu saja memberikan dampak juga pada QnC Laundry. Perilaku pelanggan juga berubah, yang awalnya mengirim sendiri pakaian yang akan dicuci, sekarang pengiriman diserahkan pada jasa layanan antar barang atau menggunakan ojek online

Adanya penurunan aktivitas masyarakat membuat permintaan layanan cuci pakaian juga menurun. Namun, QnC Laundry terus berusaha melakukan strategi dan terobosan agar tetap bisa memberikan pelayanan pada pelanggan. 

Salah satu pengembangan yang dilakukan QnC Laundry adalah membuat program kemitraan. Program ini resmi diluncurkan pada April 2020 dan hingga kini sudah memiliki 10 mitra. Dengan demikian, pelayanan cuci pakaian dapat dijangkau oleh masyarakat lebih luas. 

Peluang bisnis di masa pandemi, terutama laundry, juga masih bisa dikatakan menjanjikan. Sebab, menurut penelitian, 7 dari 10 orang di dalam masyarakat Indonesia, menggunakan jasa layanan laundry setiap hari, untuk memenuhi kebutuhan. Pada jumlah tersebut, 80 persennya usia produktif, yaitu 20 – 34 tahun. Fakta ini bisa kamu gunakan untuk data saat akan membangun usaha laundry pemula. Bisa juga sebagai acuan untuk mulai mengambil bisnis franchise laundry

Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Kafe Kopi yang Makin Cuan

Selain mempelajari kesuksesan dan prospek bisnis laundry dari QnC Laundry, kamu juga harus memahami kendalanya. Kendala yang selama ini dihadapi oleh usaha laundry ini adalah persaingan bisnis laundry yang semakin tinggi, dengan permintaan jasa layanan yang jumlahnya tetap. Satu hal lagi, jasa layanan di bidang ini masih dianggap rendah di Indonesia. 

Dalam menjalankan bisnisnya, pengusaha QnC Laundry menggunakan aplikasi Hadirr untuk membantu operasional. Aplikasi absensi karyawan ini sangat memudahkan dalam mengawasi dan mengontrol tingkat kedisiplinan karyawan. Perusahaan bisa tahu karyawan yang produktif atau tidak dan disiplin atau tidak. 

“Dengan Hadirr, pengelola dapat mengawasi dan mengkontrol tingkat kedisiplinan karyawan tanpa memerlukan investasi yang besar. Selain itu, Hadirr membantu manajemen untuk mengetahui karyawan yang tidak produktif dan tidak dislipin serta membantu perusahaan dalam meningkatkan dan menumbuhkan budaya kerja yang lebih baik.”

-Jonathan, Marketing Manager of QnC Laundry

Kelebihan lain menggunakan sistem absensi karyawan online Hadirr, perusahaan tidak perlu menanam investasi besar untuk urusan ini. Pada akhirnya, perusahaan dapat terus meningkatkan dan menumbuhkan budaya kerja yang lebih baik.

Setelah menilik prospek bisnis laundry dari QnC Laundry di atas, kapan kamu akan mulai menata bisnismu dengan Hadirr?

Aplikasi Absensi Online Hadirr