Kopi merupakan jenis minuman yang sudah populer di Indonesia sejak dahulu. Penikmatnya pun beragam, mulai dari kelas bawah hingga kelas atas. Belakangan, tren minum kopi semakin meningkat. Tidak hanya sebagai pelepas kantuk, tetapi juga menjadi sarana untuk berbincang dengan teman dan kolega hingga menemani dalam bekerja. Minum kopi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat.

Baca Juga: Kiat Sukses Bisnis Cafe Eiger Coffee Tropical

Bersamaan dengan popularitas bisnis kafe di Indonesia, tingginya permintaan terhadap kopi dan peluang untuk mengembangkannya menarik pelaku usaha untuk mendirikan bisnis kedai kopi. Apalagi kebiasaan masyarakat untuk menikmati kopi sambil nongkrong saat ini berhasil memunculkan banyak bisnis coffee shop mulai dari yang kopi tradisional hingga modern.

Salah satu bisnis cafe kekinian yang sedang hits adalah Kisaku Coffee. Sebuah kedai kopi dengan konsep unik dan menenangkan di Kawasan Senopati Jakarta. Ada banyak alasan menarik mengapa Kisaku menjadi hits. Apa saja itu? Simak 7 fakta unik seputar Kisaku Coffee berikut.

1. Salah satu ownernya ternyata Raline Shah, lho

pendiri kisaku coffee

Berawal dari kecintaan dan hobi mencicipi kopi hingga keluar negeri saat hangout menginspirasi Raline Shah bersama adik dan 3 sahabatnya yaitu Rollin Shah, Dolly Hardjono, Catherine Halim, dan Lionel Hanjaya mendirikan Kisaku Coffee. Sejak di-launching pada akhir September 2019 lalu, saat ini Kisaku sudah memiliki total 3 outlet yang terletak di Laksana, Revenue Tower dan Pasaraya.

Raline Shah yang memang memiliki background bisnis disamping profesinya sebagai artis memang kerap membagikan kecintaannya terhadap kopi di akun instagram pribadinya sekaligus membangun public awareness terhadap bisnis miliknya. Kamu juga dapat menelusuri langsung ke Instagram Kisaku Coffee yaitu kisaku.co.

 

2. Desain kafe yang instagrammable

kedai kopi instagramable

Tidak hanya ingin menyajikan racikan spesial kopi terbaik, tapi juga menawarkan pengalaman minum kopi yang menyenangkan. Kisaku didirikan pada rumah tua yang disulap menjadi modern minimalis. Sekali lihat, kamu akan merasakan suasana ala-ala Jepang dari tampilan bangunannya. Tampilan depan memiliki konsep terbuka, dengan jendela yang lebar yang memperluas akses pandang ke bagian dalamnya. Sisa-sisa arsitektur rumah tua sebelumnya pun menciptakan efek dramatis sekaligus fotogenik bangunan Kisaku Coffee.

Pada bagian interior, didominasi kayu berwarna coklat hangat dan dinding putih bersih, khas sekali dengan desain futuris yang digabung dengan gaya sleek. Pada bagian teras depan dan ruang tengah terdapat taman batu yang sering ditemukan di kuil-kuil Jepang. Benar-benar seperti oasis di tengah kota metropolitan, bukan? Desain visual Kisaku yang benar-benar unik ini berhasil masuk dalam nominasi 2021 Building of The Year oleh archdaily.  

 

3. Sering didatangi selebriti, influencer dan tokoh ternama juga

bisnis kafe artis

Kalau berkunjung ke Kisaku, bakal ketemu Raline Shah gak ya? Tidak hanya Raline Shah, Kisaku juga sering dikunjungi banyak fashion, travel, food dan lifestyle blogger serta influencer yang mewarnai feed instagramnya. Sebut saja eatandtreats, Daniel Mananta, Kallula, Buba Halfian, Patricia Gunawan hingga Adinda Bakrie. Tokoh ternama pun tak luput ikut menyambangi Kisaku seperti Sandiaga Uno (Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) dan Agus Suparmanto (Menteri Perdagangan).

 

4. Disamping tempat yang nyaman, harga kopinya sangat terjangkau

kisaku coffee menu

Menu Kisaku Coffee memiliki konsep yang sederhana. Varian panasnya terdiri dari tiga racikan yaitu Black, White dan Mocca, sedangkan varian dinginnya tersedia dalam lima racikan yaitu Latte, Pandan Latte, Kampoeng Latte, Mocha dan Black Coffee. Yang mengejutkan, harganya pun terjangkau, dibandrol dengan harga mulai dari Rp20-40 ribu rupiah saja! 

Kisaku termasuk bagian dari third-wave coffee movement dengan konsep grab and go sehingga juga memproduksi kopi dalam kemasan botol yang siap diminum, jadi kamu bisa langsung mengambil minuman dalam kulkas display (take away). Selain itu, juga bisa bawa tumblr sendiri.

 

5. Kopi sehat yang vegan-friendly

kafe kisaku coffee raline

Yang membuat Kisaku Coffee semakin istimewa adalah kopinya yang ramah buat para vegan. Kisaku mengolah latte dan cappucino dengan menggunakan Oatly, yaitu susu yang terbuat dari gandum. Tentu saja olahan ini bisa merangkul para vegan yang selama ini kesulitan meminum kopi yang berbahan dasar susu sapi. Menu dengan Oatly pun menjadi menu paling laris dan Kisaku Coffee adalah kedai kopi pertama yang menghadirkan Oatly.  

 

6. Tenang, bukan hanya kopi, kok

menu kafe kisaku

Kalau kamu bukan penikmat kopi, tidak perlu khawatir, Kisaku juga menyediakan pilihan menu lain seperti iced chocolate, berbagai olahan jus segar, air kelapa, dan smoothies. Selain itu, juga tersedia pilihan menu makanan seperti snack cookies premium dan rice bowl. Pilihan rasa snack cookies tergolong unik seperti rasa martabak dan putri salju, sedangkan untuk rice bowl sendiri berupa nasi jeruk dan nasi bogana. 

Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Kafe Kopi yang Makin Cuan

 

7. Sesuai tema yang modern, Kisaku menggunakan Gadjian untuk modernisasi sistem HR dan penggajian

Nama Kisaku merupakan kata dari bahasa Jepang yang berarti hangat, welcoming, dan hati yang terbuka. Untuk itu, tim Kisaku berharap bisa memperbesar kedai kopi ini untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. Tentu saja, perkembangan Kisaku turut didukung oleh pengelolaan tim yang baik. Tidak hanya tema modern dari segi pelayanan, Kisaku mempercayakan aplikasi HR dan payroll Gadjian dalam mengelola sistem penggajian karyawan

Dengan Gadjian, mengelola pekerjaan bulanan jauh lebih mudah dan tepat. Karyawan di Kisaku selalu mendapat gaji yang benar dan tepat waktu setiap bulannya.”

Lionel Hanjaya, co-Founder Kisaku

Gadjian merupakan aplikasi HRIS ekonomis namun dengan fitur yang lengkap untuk memudahkan pekerjaan HR dan finance. Fitur unggulan dari aplikasi berbasis cloud ini dapat menghitung gaji karyawan, lembur, THR, BPJS hingga menghitung PPh 21 secara otomatis, cepat dan akurat. Tidak hanya usaha besar, usaha kecil dengan jumlah karyawan minimal 5 orang juga dapat menggunakan aplikasi ini. Tentu saja, Gadjian ini akan membantu perusahaanmu lebih efisien dalam penggunaan waktu dan penekanan biaya kelola administrasi SDM dibandingkan kamu mengerjakannya secara manual.

Coba Gadjian Sekarang

Aplikasi Gadjian juga terintegrasi dengan Hadirraplikasi absensi karyawan dan reimbursement online yang handal dengan banyak fitur yang memberi kemudahan dalam pencatatan kehadiran pegawai hingga pengelolaan proses reimbursement. Aplikasi kehadiran online ini juga memungkinkan karyawan mencatat jadwal kerja di aplikasi sehingga memudahkan kamu dalam memantau kinerjanya. 

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf