Pandemi membuat semua orang beradaptasi dengan jarak sosial dan bekerja dari jauh. Pola konsumsi masyarakat pun berubah drastis. Dari yang biasanya dilakukan secara offline tatap muka, lalu beralih pada transaksi secara daring. Penyebabnya adalah besarnya keraguan masyarakat untuk melakukan kontak fisik dan beraktivitas di luar rumah.

Ini merupakan kesempatan yang baik untuk membuat keputusan bisnis, mengingat adaptasi kebiasaan baru ini nampaknya akan berlanjut terus hingga pasca pandemi

Baca Juga: 7 Aplikasi Pendukung Bisnis Online Terbaik untuk Pebisnis Muda

Pelaku usaha yang jeli membaca peluang bisnis setelah pandemi dapat melakukan perubahan cara bisnis untuk tetap mempertahankan bisnis yang sudah ada serta menyesuaikan kebiasaan baru masyarakat untuk memunculkan bisnis baru.  

Ada banyak peluang usaha pasca pandemi yang bisa Anda coba. Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, berikut akan dibahas strategi melihat peluang usaha pasca pandemi dan ide bisnis pasca pandemi yang diprediksi akan bertahan lama dan menjanjikan!

Strategi Berbisnis Pasca Pandemi

Melihat Peluang Usaha Pasca Pandemi

Berbeda dari sebelumnya, pemilihan jenis usaha pasca pandemi memerlukan pengamatan dan pemahaman yang harus disesuaikan dengan kondisi saat pandemi. Dikutip dari Muda Kompas.id, dua hal penting yang harus diingat sebelum memulai bisnis yaitu mengurangi pengeluaran dan mendapatkan omzet. Oleh karena itu, setiap pebisnis baru harus melakukan persiapan saat melihat peluang.

Perhatikan Tren Terkini dan Analisis Peluangnya

Anda bisa menganalisis tren bisnis seperti apa yang sedang hangat-hangatnya sejak adanya pandemi. Jika banyak orang melakukan aktivitas di rumah, Anda bisa memanfaatkan peluang usaha pasca pandemi yang berhubungan dengan penunjang aktivitas di rumah contactless. Misal, layanan pesan antar makanan, berjualan pakaian sistem COD, menjual snack online dan sebagainya.

Teliti Pasar dan Tetapkan Target Bisnis

Setelah mendapatkan ide, telusurilah kondisi pasar. Lihat bagaimana permintaan dan penawarannya, siapa saja kompetitornya dan harga rata-rata pasaran produknya. Anda tidak mungkin menargetkan pasar produk Anda untuk semua orang, sehingga tetapkan target bisnis Anda dengan jelas. Misal, menargetkan ibu rumah tangga, anak muda atau tenaga medis.

Mengoptimalkan Media Sosial dan Aplikasi Marketplace

Keberadaan internet melalui media sosial dan aplikasi marketplace merupakan media promosi yang paling efektif dan cepat untuk bisnis Anda. Pemanfaatan media tersebut memungkinkan Anda untuk menjalankan usaha dari rumah, transaksi m-banking, menyediakan produk siap kirim atau layanan virtual.

Ide Peluang Usaha Pasca Pandemi COVID-19

Apa saja ide usaha pasca pandemi yang cocok untuk Anda jalankan? Anda bisa menjalankan salah satu dari 7 ide usaha di bawah ini :

Bisnis Makanan Beku (Frozen Food)

Sejak kebijakan social distancing diberlakukan, banyak restoran menerapkan larangan dine in sehingga penjualan offline menurun. Nah, keadaan ini bisa Anda manfaatkan dengan memulai bisnis frozen food, yaitu jenis makanan yang dibekukan dan dikemas agar tahan lama. Masyarakat dapat memasak sendiri makanannya di rumah dan disajikan secara praktis sesuai kebutuhan. 

Jika Anda tidak ingin repot membuat sendiri produk frozen food, Anda bisa memanfaatkan agen frozen food di wilayah Anda. PT Bolesca Foodindo adalah salah satu klien Gadjian yang membuka keagenan wilayah, seperti pemasaran produk Sosis Max, merk sosis produksi Bolesca Foodindo. 

Bisnis Minuman

Anda bisa mencoba peluang bisnis franchise seperti minuman kekinian. Kopi Janji Jiwa dan Kylo Coffee adalah klien Hadirr yang membuka kesempatan franchise. Peluang bisnis minuman kekinian memiliki prospek menjanjikan karena target bisnisnya adalah anak muda, yang cenderung konsumtif terhadap produk kekinian.

Anda juga bisa melakukan inovasi yang berhubungan dengan kebutuhan pasca pandemi, seperti menjual produk minuman ramuan herbal. Kebutuhan masyarakat untuk menjaga kesehatan dan imunitas saat ini sangat tinggi. Herbilogy dan Suwe Ora Jamu adalah contoh klien Hadirr dan Gadjian yang merasakan peningkatan permintaan selama pandemi. 

Bisnis Produk Kesehatan

Contoh produk peralatan kesehatan yang mengalami peningkatan signifikan saat pandemi adalah usaha masker dan hand sanitizer. Masih ingatkah Anda dengan kelangkaan kedua produk ini pada awal pandemi dulu? Klien Gadjian dan Hadirr seperti Mineral Botanica turut merasakan peningkatan demand ini.

Nah, kebutuhan masker dan hand sanitizer akan terus meningkat, sebab kedua produk ini wajib digunakan dan tersedia di area publik. Apabila Anda memiliki keterampilan menjahit, Anda bisa memproduksi alat pelindung diri unik dan masker kain berbagai motif. Untuk pasar muslimah, Anda bisa menyediakan produk strap masker dan connector masker hijab.

Bisnis Peralatan dan Layanan Kebersihan

Kebersihan diri dan rumah menjadi hal penting sejak adanya pandemi. Penjualan produk kebersihan seperti sabun cuci tangan, tisu basah, dan alat kebersihan di rumah terus meroket. Dilansir dari Katadata, Perusahaan Unilever berhasil menumbuhkan penjualan produk home and personal care mereka sebanyak 2%. 

Anda bisa ikut menjual produk kebersihan dengan memanfaatkan marketplace yang ada. Ide bisnis lainnya yaitu membangun bisnis yang menawarkan layanan jasa pembersih profesional untuk membersihkan rumah, kantor, rumah sakit dan properti bangunan. 

Bisnis Jasa Pengiriman

Jika Anda ingin menjalan bisnis yang tidak terpengaruh oleh pandemi, perusahaan layanan pengiriman harus menjadi pertimbangan utama Anda. Lihat saja, sejak pandemi terjadi, bisnis ini semakin bertumbuh karena masyarakat memilih berbelanja atau mengirim sesuatu dari rumah. Anda bisa menawarkan pengiriman dalam dan luar kota. Apakah Anda tertarik mencoba?

Bisnis Bidang Digital

Membuka bisnis digital berpeluang menguntungkan hingga masa yang akan datang. Bisnis ini dapat dikerjakan dimana saja dan kapan saja, transaksinya pun praktis lewat rekening online. Contohnya adalah membuka jasa desain grafis, membuat konten media sosial, menulis artikel blog, membuat video promosi, menerjemahkan bahasa dan lainnya. 

Anda bisa menjual kemampuan Anda dalam menggunakan software tertentu yang dibutuhkan oleh orang lain. Sejak pandemi, digitalisasi bisnis semakin banyak dan orang-orang dengan keterampilan pada bidang digital menduduki peringkat atas paling dibutuhkan. 

Bisnis Edukasi Virtual

Apabila Anda memiliki kemampuan dan keterampilan tertentu, Anda bisa menawarkan layanan bimbingan dan edukasi online. Saat pandemi, banyak kelas tatap muka yang ditiadakan, sehingga untuk terus bertahan, sejumlah bisnis beradaptasi dengan mengadakan edukasi online. Manfaatkan keterampilan Anda untuk mendapatkan penghasilan melalui edukasi virtual.

Contohnya seperti meluncurkan platform belajar bagi anak sekolah, aplikasi belajar CPNS, kelas online TOEFL/IELTS, pelatihan online software, short course desain kreatif Instagram dan sebagainya. Salah satu klien Gadjian, Kelasbos merupakan penyedia layanan kelas belajar online yang membahas tentang bagaimana cara membangun bisnis online. 

Baca Juga: Strategi Pemilihan Usaha Franchise Agar Untung Besar

Baiklah, sekarang waktunya Anda benar-benar mulai menjalankan bisnis pasca pandemi pilihan Anda. Nah, sembari memulai bisnis, apalagi jika bisnis Anda memiliki sumber daya yang banyak, Anda perlu mengandalkan Gadjian dan Hadirr untuk mengelola administrasi dan operasional SDM yang Anda miliki.

Gadjian adalah aplikasi payroll berbasis cloud yang memudahkan Anda dalam menghitung gaji, upah lembur, serta mengelola shift kerja karyawan dan lain sebagainya. Sedangkan, Hadirr merupakan aplikasi absensi online dengan fitur unggulan absensi online karyawan. Jadi, Anda dan karyawan hanya perlu mengunduh aplikasi di gawai masing-masing, lalu melakukan absen online yang didukung teknologi GPS dan biometrik face recognition. 

Coba Gadjian Sekarang

Apa keunggulan aplikasi Hadirr? Monitor kehadiran karyawan yang bekerja dari jarak jauh jadi lebih mudah. Pengelolaan karyawan dilakukan secara digital dan Anda bisa fokus meningkatkan omzet bisnis Anda. Bukan hanya lebih praktis, tapi juga ekonomis, Mari beralih menggunakan Hadirr sekarang.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf