Dalam berbisnis, mengenalkan dan mengajak calon pelanggan untuk bertransaksi menggunakan produk dan jasa adalah hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap pengusaha atau business owner

Setelah mampu mengundang ketertarikan banyak orang untuk bertransaksi, hal yang tidak kalah penting adalah bagaimana menjaga para pelanggan yang sudah pernah mengkonsumsi dan menggunakan produk dan layanan kita bisa kembali mengulang transaksi (repeat order).

Di bawah ini akan membahas tentang apa definisi dari repeat order, bagaimana cara menghitungnya dan cara meningkatkan repeat order agar datang keuntungan maksimal.

Pengertian Repeat Order

Arti Repeat Order

Repeat order merupakan pemesanan berulang yang dilakukan oleh pelanggan yang sudah pernah membeli produk atau layanan Anda. Repeat order yang tinggi menandakan bahwa para pelanggan puas dengan produk yang Anda tawarkan.

Repeat order memiliki peran yang besar dalam memberikan keuntungan bisnis dan perusahaan. Tingginya repeat order seringkali menjadi tujuan utama yang ingin dicapai perusahaan karena tidak membutuhkan biaya operasional yang tinggi, pendapatan yang lebih stabil dan menunjukkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Tips Jitu Menaikkan Omset Toko Online

Cara Menghitung Tingkat Repeat Order

Tingkat Repeat Order

Lalu bagaimana cara mengetahui seberapa besar repeat order yang terjadi pada bisnis kita? Hal yang perlu diperhatikan adalah hitunglah jumlah keseluruhan pelanggan yang membeli produk/layanan Anda, lalu hitunglah berapa banyak dari pelanggan tersebut yang sudah pernah menggunakan produk/layanan Anda. 

Masukkanlah kedua angka tersebut dalam perhitungan berikut ini:

Rumus Repeat Order

Contohnya:

UKM A ingin melihat seberapa besar persentase repeat order pada Q3 (Juli-September 2023). Jumlah pelanggan yang melakukan pembelian pada kuartal tiga tahun ini adalah sebanyak 1500 pelanggan, sementara jumlah pelanggan yang sudah pernah membeli produk lebih dari satu kali pada periode ini adalah sebanyak 300 pelanggan. 

Maka perhitunggan repeat purchase ratenya yaitu: 300/1500 X 100 = 20%. Artinya, selama Q3 tingkat repeat order yang dimiliki oleh UKM A adalah sebesar 20%.

Semakin besar persentase repeat purchase rate maka menandakan semakin baik produk dan pelayanan yang ditawarkan dan meningkat pula keuntungan yang didapatkan.

7 Cara Meningkatkan Repeat Order

Cara Meningkatkan Repeat Order

Pelanggan yang melakukan repeat order biasanya dilakukan oleh para pelanggan tetap yang setia menggunakan produk Anda. Jumlah pelanggan yang sudah berada di tahap ini biasanya memang lebih sedikit, karena itu perlu adanya strategi yang digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkannya.

Agar penjualan dari repeat order semakin meningkat, simaklah cara jitu di bawah ini agar usaha dan bisnis Anda semakin lancar.

Jalin Komunikasi dan Respon Pelanggan dengan Cepat 

Setiap pelanggan yang menggunakan produk atau jasa tentu ingin mendapatkan pelayanan yang sebaik-baiknya. Oleh karena itu, penting bagi setiap pebisnis untuk memberikan pelayanan yang terbaik dengan menjalin komunikasi yang responsif terhadap para pelanggan.

Tidak sedikit pelanggan yang justru membatalkan niatnya untuk kembali memesan karena buruknya pelayanan yang diberikan. Latihlah admin dan customer services Anda dengan lebih profesional lagi agar bisa merespon pelanggan dengan cepat dan ramah.

Jangan sampai pelanggan mengeluhkan pesan yang lama dibalas atau respon yang tidak menjawab pertanyaan. Buatlah standar pelayanan pelanggan dan KPI yang terstruktur agar para karyawan dapat bekerja secara optimal.

Manfaatkan Email Marketing

Email marketing merupakan strategi pemasaran dan promosi yang dilakukan melalui email. Pesan email yang dikirimkan dapat berupa informasi terkini seputar penawaran produk, promosi atau konten terbaru.

Email marketing biasanya dilakukan secara otomatis dengan menggunakan website atau aplikasi email marketing yang dapat dikustomisasi dan dikirimkan ke seluruh database email pelanggan.

Untuk bisa mendapatkan database pelanggan yang banyak, pebisnis bisa menggunakan strategi promosi diskon atau potongan pembelian setelah menginput email untuk berlangganan. 

Berikan Poin untuk Setiap Transaksi

Cara meningkatkan repeat order selanjutnya adalah pebisnis bisa menerapkan sistem pemberian poin untuk setiap transaksi. Cara ini banyak digunakan pada beberapa bisnis F&B yang dikelola secara digital melalui aplikasi masing-masing. 

Selain poin, beberapa gerai supermarket juga menggunakan sistem ini dengan pemberian stempel atau stiker yang bisa ditukarkan dengan barang tertentu atau potongan harga untuk pembelian selanjutnya. 

Beri juga poin atau reward yang lebih besar jika pelanggan tersebut bertransaksi dalam jumlah yang besar atau setelah kunjungan kesekian kalinya.

Baca Juga: Cara Menghitung Customer Lifetime Value

Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Kualitas produk dan layanan menjadi faktor utama yang sering kali menjadi pertimbangan pelanggan untuk melakukan repeat order. Oleh karena itu, pertahankan dan coba tingkatkanlah kualitas produk dan layanan yang ditawarkan.

Gunakan standar operasional yang baku sebagai pedoman karyawan memproduksi produk atau memberikan layanan yang terbaik. Lakukan juga pemantauan kualitas produk dan layanan serta evaluasi kinerja karyawan secara berkala.

Bagikan pula proses persiapan produk atau keadaan di balik layar kepada para pelanggan yang menunjukkan bahwa bisnis Anda memiliki prosedur yang berkualitas. Hal ini tentunya dapat menarik perhatian dan minat para pelanggan sekaligus meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

Berikan Penawaran Sesuai Minat Pelanggan

Pelanggan yang melakukan repeat order biasanya secara konsisten membeli produk dan layanan yang sama. Jenis produk atau layanan tersebut bisa dimanfaatkan untuk memberikan penawaran khusus sesuai dengan minat pelanggan.

Misalnya pelanggan A seringkali melakukan pemesanan minuman B secara berkala. Maka Anda bisa menggunakan strategi cross selling produk minuman B tersebut dengan paket bundling makanan C dan sebagainya.

Optimalkan User Generated Content (UGC)

User Generated Content atau UGC adalah konten yang diproduksi langsung oleh para pelanggan, ini biasanya berupa foto produk, video review hingga tulisan testimoni dan sebagainya.

Konten ini banyak dibagikan oleh para pelanggan dan bisa menjadi ajang promosi yang gratis dan efektif karena dapat menjangkau lebih banyak orang. Oleh karena itu, optimalkan konten jenis ini dengan memberikan apresiasi dan mengajak para pelanggan untuk membuat atau membagikan ulang konten promosi bisnis Anda.  

Buatlah Program Loyalitas Pelanggan

Mendapatkan pelanggan yang setia dan loyal tentu merupakan salah satu tujuan tertinggi yang ingin dicapai oleh setiap bisnis. Karena jumlahnya yang cenderung sedikit, pembuatan program loyalitas pelanggan pun dapat menjadi salah satu cara meningkatkannya. 

Program loyalitas merupakan usaha yang dilakukan untuk menjaga kesetiaan para pelanggan terhadap produk atau layanan yang ditawarkan. Banyak cara yang dapat dilakukan, diantaranya dengan menerapkan sistem membership, referral, tukar poin, klaim e-voucher, send gift hingga komisi/insentif.

Baca Juga: Cara Membangun Brand Awareness untuk Tingkatkan Profit Bisnis

Memaksimalkan Pemantauan Sales dengan Aplikasi CRM Hadirr

cta absensi wajah

Hadirr adalah aplikasi CRM yang menunjang kinerja dan mobilitas tim sales lapangan. Fitur Hadirr Sales menjadi salah satu fitur unggulan yang akan membantu pemantauan mobilitas dan produktivitas para sales.

Hadirr Sales  juga mencatat dan mengelola data pelanggan dan aktivitas penjualan dengan lebih terstruktur. Termasuk memantau proses pipeline dan target sales, kolaborasi tim sales serta menghasilkan laporan Sales secara otomatis. 

Dalam meningkatkan dan menunjang kinerja sales yang optimal, Hadirr juga menawarkan berbagai fitur monitoring seperti fitur absensi online, shift kerja, lembur karyawan, kunjungan klien hingga timesheet.

Segera hubungi kontak di bawah ini untuk mendapatkan akses langsung ke aplikasi sales hadirr

Aplikasi Absensi Online Hadirr