Aplikasi untuk Restoran

Wajib! 7 Aplikasi untuk Restoran Agar Layanan Lebih Efisien

Ketika menjalankan bisnis restoran, segala persiapan harus dilakukan dengan matang. Termasuk menyiapkan sistem manajemen yang dapat menunjang kinerja restoran Anda seperti aplikasi untuk restoran.

Mulai dari manajemen karyawan, pembagian shift kerja, monitoring, absensi hingga pembayaran gaji. Semua bisa Anda lakukan dengan mengandalkan aplikasi restoran yang memiliki fitur lengkap dan mumpuni.

Tanpa sistem manajemen yang baik, restoran Anda akan sulit berkembang. Tentunya Anda tidak ingin bisnis yang telah dibangun susah payah, merugi begitu saja.

Maka dari itu, Anda dapat menggunakan aplikasi restoran untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan efisiensi dalam bisnis Anda.

Baca Juga: Contoh Pembagian Shift Kerja di Restoran

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Restoran

Terdapat beberapa keuntungan apabila Anda menggunakan aplikasi restoran, antara lain:

1. Memudahkan manajemen stok

Aplikasi untuk restoran tidak hanya digunakan untuk memudahkan pelanggan, tapi juga pemilik restoran dan karyawan di dalamnya. Dengan aplikasi restoran yang mumpuni, Anda bisa melakukan manajemen stok dengan mudah. Contoh sederhananya bisa Anda lihat pada komunikasi antara bagian dapur dan kasir yang lebih efisien.

Mereka dapat saling memastikan bahwa menu yang dipesan oleh pelanggan tersedia. Juga menjaga agar stok bahan makanan dalam kondisi cukup. Sehingga tidak terjadi kekurangan bahan saat pemesanan berlangsung. Semua bisa dilakukan dalam satu aplikasi saja.

2. Manajemen keuangan lebih efektif

Lewat aplikasi restoran yang terintegrasi, Anda pun dapat mengetahui kondisi keuangan restoran secara cepat dan akurat. Informasi keuangan seperti pendapatan, penjualan hingga total persediaan semua dapat dimonitoring dengan mudah. Sehingga tidak ada informasi penting yang terlewat.

3. Pengelolaan pelanggan secara otomatis

Performa dalam memberikan pelayanan sangat penting dalam bisnis restoran. Pelayanan yang buruk, dapat menurunkan loyalitas pelanggan.

Pengelolaan pelanggan yang bisa dilakukan dengan aplikasi restoran yaitu informasi mengenai menu, pilihan pembayaran yang lengkap, dan informasi lainnya yang dapat membantu pelanggan memesan dengan mudah di restoran Anda.

4. Memudahkan proses akuntansi

Pencatatan yang lengkap dan sistematis menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Ketika menggunakan cara manual, mungkin saja akan ada data yang terlewat, dan itu berpengaruh pada keuangan restoran. Untuk mencegah hal itu terjadi, Anda bisa mengandalkan fitur yang tersedia pada aplikasi restoran.

Semua informasi penjualan akan tercatat dengan rapi, berikut dengan bukti transaksi. Sehingga ketika dibutuhkan, semua data tersebut dapat Anda lihat kembali.

5. Meningkatkan performa layanan

Pemilihan aplikasi restoran yang tepat, didukung dengan penggunaan yang maksimal, akan berpengaruh pada performa layanan Anda.

Efisiensi dari segi manajemen akan membuat pelayanan Anda semakin cepat. Hal tersebut juga berdampak langsung pada kepuasan pelanggan. Sehingga mereka tidak ragu untuk merekomendasikan restoran Anda kepada orang lain.

Baca Juga: 7 Cara Mengatur Karyawan Restoran Agar Produktif

Aplikasi Restoran untuk Tingkatkan Efisiensi Layanan

Apabila Anda belum memiliki aplikasi restoran terbaik, berikut kami berikan rekomendasi aplikasi restoran yang dapat meningkatkan efisiensi bisnis Anda, yaitu:

1. Aplikasi Hadirr

aplikasi absensi online hadirr
Aplikasi absensi online Hadirr | Hadirr

Aplikasi Hadirr dapat Anda gunakan untuk memanajemen karyawan, pengaturan shift kerja di restoran, hingga reimbursement online. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memantau karyawan dari jarak jauh di setiap cabang yang Anda miliki.

Salah satu fitur terbaik Hadirr yaitu absensi online, memungkinkan Anda memonitor dan merekap kehadiran karyawan dengan lebih praktis dan akurat.

Sistem absensi digital tersebut telah dilengkapi dengan teknologi GPS dan pendeteksi wajah. Sangat cocok untuk memantau kehadiran karyawan restoran secara remote tanpa perlu takut ditipu oleh karyawan.

2. Aplikasi Gadjian

aplikasi hris gadjian
Aplikasi HRIS Gadjian

Segala hal yang berhubungan dengan gaji atau pembayaran, bisa dilakukan dengan aplikasi Gadjian yang terintegrasi dengan sistem Hadirr.

Dengan aplikasi ini Anda bisa melakukan perhitungan gaji karyawan restoran secara online dan akurat, menerbitkan slip gaji online, analisis kinerja karyawan, menghitung pajak penghasilan PPh 21 dan menghitung iuran serta membayarkan BPJS karyawan.

Aplikasi ini pun dapat memudahkan karyawan Anda dalam mengajukan cuti, izin atau sakit secara online tanpa perlu mengirimkan pesan kepada Anda secara manual.

Baca Juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Restoran Secara Praktis

3. Google My Business

aplikasi untuk restoran

Layanan milik Google ini dikenal juga dengan sebutan Google BisnisKu. Melalui layanan ini Anda bisa menjangkau pelanggan lebih luas.

Misalnya ketika orang mengetik ‘restoran terdekat’, maka restoran Anda akan muncul dalam hasil pencarian, lengkap dengan alamat dan informasi lain mengenai restoran Anda.

Google BisnisKu terhubung langsung dengan beberapa layanan milik Google lainnya, salah satunya Google Maps. Dengan begitu ketika seseorang mengetik alamat atau nama restoran Anda, mereka bisa langsung meminta rute perjalanan untuk sampai ke lokasi restoran Anda.

4. Zahir POS

Zahir POS (Point of Sales) menawarkan fleksibilitas dalam hal pencatatan. Anda bisa menggunakan aplikasi Zahir POS di berbagai perangkat, baik komputer, smartphone maupun tablet.

Dalam fungsinya sebagai aplikasi restoran, Zahir POS memiliki kemampuan untuk membantu Anda mengelola stok barang hingga produksi.

5. Marketplace

Aplikasi untuk Restoran

Beberapa marketplace seperti Tokopedia, Lazada, Blibli hingga Shopee kini menghadirkan layanan pemesanan makanan bagi penggunanya.

Marketplace tersebut bekerja sama dengan sejumlah restoran, dan menampilkan serta mempromosikan berbagai menu dari resto rekanannya. Ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda dalam menjangkau pelanggan lebih banyak lagi.

6. Indo Resto

Aplikasi Indo Resto menawarkan banyak kemudahan bagi Anda yang baru membangun bisnis restoran. Meski terbilang aplikasi restoran yang ringan untuk dijalankan, aplikasi Indo Resto dilengkapi berbagai fitur yang membantu Anda mengelola keuangan, menu digital hingga penyajian menu.

Apabila ingin melakukan penjualan di luar menu, Anda bisa mengaturnya secara langsung melalui aplikasi ini. Tentunya akan sangat memudahkan Anda memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan.

7. Omega Resto

Telah banyak restoran yang menerapkan menu digital. Selain lebih efisien, penggunaan menu digital juga mencegah terjadinya antrian yang begitu panjang dan kesalahan pemesanan. Jika Anda ingin membuat menu digital, bisa menggunakan aplikasi Omega Resto.

Adanya modul kitchen yang disematkan, membuat proses order lebih cepat. Karena pesanan yang dilakukan pengunjung, langsung diketahui oleh bagian dapur. Sehingga pesanan bisa langsung dibuat. Selain itu aplikasi ini juga bisa diandalkan bagi Anda yang memiliki beberapa cabang restoran.

Baca Juga: Kumpulan Testimoni Aplikasi Absensi Online Hadirr

Simpulan

cta harga franchise mixue indonesia

Setelah melihat beberapa aplikasi restoran di atas, mana aplikasi yang akan Anda gunakan? Apapun pilihan Anda, pastikan memilih aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda, seperti aplikasi manajemen karyawan dari Hadirr yang dapat membantu mengelola karyawan dengan baik. Mulai dari absensi online hingga kelola shift kerja.

Coba gratis aplikasi Hadirr dengan klik tombol di bawah ini!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Ada pula aplikasi Gadjian yang memberikan Anda kemudahan dalam proses pengelolaan keuangan terkait penggajian karyawan, analisis kinerja karyawan restoran hingga pajak penghasilan PPh 21.

Penggunaan aplikasi monitoring pekerjaan akan membantu Anda meningkatkan layanan resto, dengan begitu pelanggan akan merasa lebih nyaman, dan semakin loyal dengan Anda.

Klik tombol di bawah untuk coba dan pelajari aplikasi HRIS Gadjian lebih detail!

Coba Gadjian Sekarang
author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Letter

* You will receive the latest news and updates

Categories