Perusahaan harus melakukan inovasi secara berkala agar terus berkembang. Salah satu inovasi yang perlu dilakukan adalah mengganti sistem absensi karyawan, dari manual menjadi sistem absensi digital dengan teknologi cloud.

Pada masa kini yang serba digital, terjadi pergeseran sistem kerja. Perusahaan memungkinkan memberlakukan sistem kerja online, sistem kerja remote atau sistem kerja virtual. Sistem kerja seperti inilah yang membuat perusahaan membutuhkan absen digital berupa absensi cloud.

Mengenal Aplikasi Absensi Cloud

Absensi cloud adalah sistem pencatatan kehadiran karyawan menggunakan aplikasi berbasis cloud. Aplikasi cloud merupakan sistem penyimpanan dan pengolahan data melalui jaringan internet. Penyimpanan dan pengolahan ini data ini berfungsi menjalankan program melalui komputer yang terkoneksi internet, sehingga dapat menampilkan data secara real time.

Baca Juga: Saatnya Beralih ke Laporan Kehadiran Karyawan Otomatis

Memilih absensi cloud dengan menggunakan aplikasi cloud storage, akan memudahkan kedua belah pihak, yaitu perusahaan dan karyawan.

Perusahaan bisa mencatat kehadiran karyawan secara digital, sehingga bisa menghemat waktu dan tenaga. Sistem ini juga praktis. Perusahaan hanya menyediakan aplikasi. Lalu, karyawan bisa mencatatkan kehadirannya setiap hari, dari mana saja.

Dari sisi karyawan, kemudahannya adalah, karyawan tidak harus datang ke kantor hanya untuk mencatatkan kehadiran. Absensi cloud terutama memudahkan karyawan pekerja remote yang bisa bekerja dari mana saja, serta memantau karyawan bagian sales yang biasanya sering melakukan visit ke kantor klien atau meeting dengan calon klien di luar kantor.

Kelebihan Absensi Cloud

Pada saat ini absensi cloud menjadi andalah HRD di banyak perusahaan. Sebab, memiliki banyak kelebihan, yaitu:

Dapat diakses di mana pun

Aplikasi cloud storage dapat diakses dengan mudah di mana pun, asalkan terhubung dengan internet. Tidak ada alasan bagi karyawan untuk tidak melakukan pencatatan kehadiran. Dengan absensi cloud, karyawan hanya perlu menginstal aplikasi di ponsel masing-masing, lalu melakukan pencatatan kehadiran di mana pun berada.

Lebih praktis dan meningkatkan produktivitas

Bagi pihak HRD, melakukan rekapitulasi absensi secara manual tentu saja memakan waktu dan tenaga. Belum lagi jika ada human error, pasti akan menambah panjang proses pengerjaannya.

Menggunakan absensi cloud membuat pengerjaan rekapitulasi absensi menjadi lebih mudah. Rekapitulasi absensi sudah dilakukan oleh aplikasi. HRD hanya perlu menarik data dari aplikasi. Dalam waktu singkat, HRD bisa mendapatkan data jumlah hari kerja karyawan dalam satu bulan, data cuti karyawan, data karyawan yang sakit, dan data lain yang diperlukan.

Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Laporan Absensi Karyawan

Semudah dan secepat itu, sehingga menghemat waktu, tenaga, dan pikiran. HRD pun bisa meningkatkan produktivitas dengan melakukan pekerjaan lain yang sifatnya lebih krusial.

Menyajikan data secara real time

Sebagai bagian dari divisi HRD atau pemilik perusahaan, sering kali Anda memerlukan data sewaktu-waktu. Anda tidak perlu menunggu rekapitulasi data setelah periode tertentu. Data dari aplikasi berbasis cloud ini disajikan secara real time. Anda akan langsung bisa mendapatkan data yang dibutuhkan, kapan pun diperlukan.

Biaya lebih rendah

Menggunakan aplikasi kehadiran berbasis cloud membuat perusahaan bisa menekan biaya. Sebab, aplikasi absensi digital ini benar-benar hanya memerlukan koneksi internet. Sangat berbeda dengan sistem absensi manual yang memerlukan perangkat yang tentunya membutuhkan biaya pembelian, perawatan, perbaikan, bahkan penggantian apabila perangkat tersebut sudah tidak layak pakai.

Keamanan data lebih terjamin

Sistem cloud memiliki kemampuan mem-backup data setiap saat. Data disimpan pada beberapa server yang memungkinkan tidak adanya kegagalan sistem, sehingga data terhindar dari risiko hilang.

Sistem ini juga meminimalkan celah terjadinya kecurangan atau pelanggaran. Sebab, sistem cloud bisa mendeteksi adanya potensi kecurangan. Selain itu, data-data pada sistem cloud sudah terenkripsi.

Hadirr, Sistem Absensi Berbasis Cloud

Hadirr adalah aplikasi yang paling cocok digunakan pada era digital seperti saat ini. Aplikasi tersebut menggunakan sistem berbasis cloud, sehingga memudahkan pihak perusahaan maupun karyawan.

Aplikasi Hadirr memiliki fitur absen digital, timesheet online, serta pengaturan jadwal kerja karyawan sistem shift.

Baca Juga: Hitung Tunjangan Kehadiran Karyawan Remote Tanpa Repot

Aplikasi ini membuat pekerjaan HRD menjadi lebih ringan dan praktis. Hadirr juga memiliki kelebihan absensi cloud yang sudah disebutkan di atas. Dengan demikian, waktu, tenaga, dan pikiran, dapat digunakan untuk hal lain dalam rangka meningkatkan performa perusahaan.

Aplikasi presensi berbasis cloud menjadi teknologi terkini yang telah sangat diandalkan oleh HRD di hampir seluruh perusahaan. Itu berarti sudah banyak perusahaan yang merasakan manfaatnya. Bagaimana dengan perusahaan Anda?

Aplikasi Absensi Online Hadirr