Apa yang terlintas di pikiran Anda tentang remote working? Karyawan yang pemalas? Ketidakmungkinan “pekerjaan nyata” bisa diselesaikan di luar kantor?

Terdapat banyak kesalahpahaman seputar kerja remote di kalangan pemilik dan manajer perusahaan. Eksperimen sistem remote universal akibat adanya pandemi global akhirnya mulai membuka mata banyak pihak.

Remote working artinya menghadirkan sederet dampak positif terutama dalam manajemen biaya dan tenaga kerja. Model kerja ini diprediksikan akan terus bertahan hingga masa mendatang.

Baca Juga: Keunggulan Mobile Presensi yang Harus Kamu Pertimbangkan

Sudah saatnya Anda mempertimbangkan sistem remote sebagai pilihan permanen rencana bisnis Anda. Apakah pekerjaan remote itu efektif? Apa bedanya dengan model kerja jarak jauh lainnya? Berikut ulasan lengkap tentang sistem remote dan efektifitasnya dalam menunjang bisnis Anda.

Sekilas Perbedaan WFH dan Remote Working

remote working
Sistem remote working | Hadirr

Banyak orang mengasumsikan sistem work from home (WFH) dan kerja remote adalah hal yang sama. Meski terlihat serupa, tapi pada dasarnya berbeda.

Dilansir dari NoHQ, WFH merupakan fasilitas yang diberikan perusahaan kepada karyawan untuk bekerja dari rumah selama satu atau beberapa hari dalam seminggu. Fasilitas ini diadakan agar karyawan dapat lebih fokus menyelesaikan pekerjaan dengan bergantinya suasana lingkungan kerja.

Remote working adalah sistem yang lebih fleksibel. DIlansir dari Shomdom, kerja remote dapat dilakukan di mana saja, lokasinya bisa dipilih independen oleh karyawan Anda sesuai suasana hati dan kebutuhan kerja mereka. Jadi, karyawan tidak wajib bekerja langsung di kantor.

Agar lebih jelas mengenai perbedaan WFH dan remote working, perhatikan poin-poin berikut.

remote working
Sistem remote working dan sistem WFH | Hadirr

Terkait WFH, umumnya perusahaan menerapkan sistem hybrid working, mengkombinasikan bekerja di kantor dan di rumah. Sistem ini menunjang “work-life balance” karyawan.

Baca Juga: Mengenal Sistem Hybrid Working yang Makin Dilirik Perusahaan

Alasan Pekerjaan Remote Efektif untuk Perusahaan

Inilah beberapa alasan mengapa Anda perlu membuka kesempatan kerja remote online di perusahaan.

Kerja remote menghemat budget perusahaan

Dengan lebih sedikitnya karyawan yang bekerja di kantor, Anda dapat menghemat banyak uang untuk pengadaan ruang dan sumber daya kantor, misalnya listrik, furniture, peralatan, hingga fasilitas seperti komputer/laptop dan makanan ringan. Anda pun bisa mengurangi pengeluaran untuk memperbaharui perangkat keras.

Keseimbangan kehidupan kerja yang lebih sehat

kerja remote online
Sistem kerja remote online | Hadirr

Keuntungan terbesar dari remote working adalah tercapainya work life balance yang lebih baik, sebab karyawan memiliki waktu yang lebih bebas untuk mengelola kehidupan pribadi mereka saat bekerja. Dampak jangka panjangnya, karyawan tidak hanya lebih bahagia, tapi juga lebih termotivasi meningkatkan kinerja.

Memungkinkan karyawan menghemat waktu dan tenaga

Fleksibilitas pekerjaan remote membuat karyawan tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk pulang-pergi ke kantor setiap harinya. Mereka bisa memanfaatkan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan lebih awal. Sistem kerja ini lebih efektif untuk mendorong retensi karyawan perusahaan Anda karena kenyamanan dalam bekerja.

Mendukung keberlanjutan bisnis dalam jangka panjang

Menerapkan remote working sudah menunjukkan fleksibilitas Anda dalam mengelola sumber daya dengan cara dinamis, terlebih lingkungan bisnis ke depannya tidak bisa diprediksikan dengan tepat. Namun, belajar dari krisis yang terjadi, remote working meningkatkan kelincahan baru untuk meraih banyak peluang bagi bisnis Anda.

Meningkatkan penguasaan teknologi

Untuk memaksimalkan manajemen tenaga kerja jarak jauh, perusahaan Anda wajib beradaptasi cepat dalam penguasaan teknologi, misalnya penggunaan aplikasi virtual meeting dan software HRIS untuk mengatur rapat online, otomatisasi administrasi bisnis, kolaborasi antar tim hingga pemantauan jarak jauh. 

Permudah Pengelolaan Karyawan Remote dengan Aplikasi Remote Working

Pekerjaan remote tidak akan efektif dilaksanakan jika tidak dikelola dengan baik. Hadirr dan Gadjian menjadi aplikasi yang bisa menjawab kebutuhan Anda dalam menerapkan sistem remote.

Kedua aplikasi yang saling terintegrasi ini akan membantu perusahaan Anda untuk mengelola karyawan remote lebih efektif dan efisien.

Baca Juga: Strategi Mengelola Karyawan Remote Saat Pandemi Corona

Hadirr adalah aplikasi absensi karyawan yang didukung oleh fitur kehadiran online, fitur atur jadwal shift kerja dan fitur reimbursement online. Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memantau karyawan dari jarak jauh dan mengelola sederet administrasi kepersonaliaan dalam genggaman.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Gadjian adalah aplikasi pengelolaan sumber daya manusia dan penggajian berbasis cloud. Perusahaan Anda bisa memiliki manajemen HRD yang lebih produktif dengan Gadjian. Tugas bulanan HRD yang merepotkan seperti perhitungan payroll, THR, PPh 21, iuran BPJS karyawan bisa dan pengelolaan cuti atau izin kini menjadi lebih sederhana dan mudah dilakukan melalui Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang

Tertarik untuk mencoba Hadirr dan Gadjian? Klik dua tombol di atas untuk mencoba aplikasi ini secara gratis dan nikmati kemudahan otomatisasi pengelolaan remote working di perusahaan Anda.

Writer: Yosie Rizkha Amaf