Tren bisnis salon kecantikan adalah salah satu peluang usaha yang semakin populer di kalangan pelaku bisnis di tanah air. Hal ini turut dipengaruhi oleh pertumbuhan pendapatan masyarakat Indonesia yang cukup signifikan beberapa tahun belakang.

Gaya hidup yang semula hanya berfokus pada pemenuhan kebutuhan pokok mulai bergeser menjadi upaya pemuasan diri dengan beragam kebutuhan sekunder seperti leisure dan perawatan tubuh. Tren ini dimanfaatkan para pengusaha untuk membuka berbagai macam bisnis salon kecantikan yang dianggap sebagai usaha yang menjanjikan

Baca Juga: Rahasia Bisnis Bertahan Saat Corona: PT AGS Global Solutions

Kesempatan baik ini tentu saja tidak dilewatkan oleh seorang pengusaha di kota Pontianak yang membuka usaha salon kecantikan miliknya pada tahun 2009. Sebuah salon nail art bernama Osalon didirikannya sebagai upaya untuk menjawab peluang bisnis yang semakin tenar di Indonesia. 

Bukan hanya berhasil mengakomodasi kebutuhan masyarakat kota Pontianak akan salon kecantikan dengan mendirikan salon perawatan khusus wanita, Osalon juga sukses mendaulat dirinya sebagai salon nail treatment (perawatan kuku) pertama yang hadir di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat itu. 

Kesuksesan Osalon yang telah diakui selama 12 tahun terakhir ini tidak dapat dipisahkan dari komitmennya untuk menjaga kepuasan pelanggan. Kualitas jasa yang disuguhkan Osalon yaitu memberikan training kepada tim profesionalnya secara berkala. Hal ini membuat Osalon semakin dipercaya dengan kualitas layanannya yang selalu up to trend dan sesuai dengan standar profesional. Tak heran pelanggan lama dan baru semakin mempercayakan perawatan kukunya kepada Osalon. 

Seperti bisnis lainnya yang terkena dampak pandemi COVID-19, bisnis salon nail art ini juga sempat mengalami penurunan pendapatan. Namun, usaha Osalon tetap bertahan karena pelanggannya masih setia berdatangan untuk melakukan berbagai perawatan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. 

Perubahan pola kebiasan konsumen yang datang ke Osalon pada masa pandemi diakui hanya berkisar pada peningkatan kesadaran terhadap kebersihan dan pengurangan waktu treatment di salon. Meskipun keadaan ekonomi masih tidak menentu akibat dampak COVID-19 dan peraturan pemerintah yang berubah-ubah, Osalon tetap optimis dengan prospek bisnis di Indonesia yang dirasa cukup baik. 

Baca Juga: Cara Menghitung Gaji Karyawan Salon atau Spa

Sebagai salah satu salon nail art ternama yang memiliki sejumlah staf profesional, Osalon hanya mempercayakan pengelolaan kehadiran karyawan pada aplikasi Hadirr. Sistem absensi online yang dimiliki Hadirr dapat membantu Osalon dalam penarikan data kehadiran dan sebagai basis informasi dalam memantau kinerja pegawainya. Produktivitas operasional bisnis pun jadi lebih optimal dengan Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi absensi berbasis web (e-absensi) dan reimbursement online ini, Osalon mengaku mendapatkan kemudahan dalam proses pembuatan laporan karyawan dan pembayaran gaji atau payroll dengan aplikasi GadjianTerintegrasi langsung dengan Hadirr, Gadjian memudahkan pemilik usaha dalam pencatatan absensi karyawan yang otomatis terhubung dengan sistem penggajian. 

Dengan pengalaman dan tips yang telah dibagikan oleh Osalon dalam membangun bisnis dan pengelolaan karyawannya. Kini saatnya kamu memajukan bisnismu dengan menerapkan saran-saran yang telah terbukti membantu membesarkan bisnis Osalon selama lebih dari satu dekade ini. 

Coba Gadjian Sekarang

 

Writer: Angky Ridayana