Sukses berbisnis cafe juga dirasakan oleh Eiger Coffee Tropical. Cafe ini berdiri sejak 2016 dan masih tetap menjadi tempat favorit banyak orang hingga saat ini. Sebenarnya bisnis cafe sudah ada sejak dahulu, tetapi beberapa tahun belakangan, bisnis ini semakin menjamur. Minum kopi bukan lagi sekadar kebutuhan, tetapi sudah menjadi gaya hidup. Fakta inilah yang membuat Eiger Coffee Tropical didirikan. Selain itu, tentu saja karena bisnis coffeeshop ini memiliki prospek yang menjanjikan. Dengan kata lain, ada cuan yang sudah menanti.

Baca Juga: Terbaru, Ini Kafe Hits dan Kekinian di Surabaya

Cafe Eiger Coffee Tropical sudah memiliki cabang di beberapa kota. Misalnya, Bandung, Surabaya, Makassar, Bogor, dan tentu saja, Jakarta. Membangun bisnis cafe dari awal hingga menjadi seperti sekarang ini sudah pasti membutuhkan energi yang besar. Di balik sukses berbisnis cafe ini ada manajemen yang harus memikirkan operasional, sumber daya manusia, serta membangun sistem yang kuat. Semua ini memiliki satu tujuan, yaitu menyajikan kopi dan hidangan lain yang enak dan berkualitas untuk pelanggan. 

Sejak berdiri, kafe Eiger Coffee Tropical sudah menjadi bisnis cafe kekinian yang digemari. Tempat ini menjadi tujuan para karyawan sepulang kantor. Mereka menikmati kopi sambil bersantai dan melepas lelah setelah seharian berkutat dengan pekerjaan. Banyak juga pelanggan yang sengaja datang bersama keluarga, menikmati suasana kafe yang nyaman. 

Kunci dari sukses bisnis cafe ini adalah penggunaan jenis bisnis kopi yang tepat. Eiger Coffee Tropical menggunakan kopi jenis arabica untuk semua menu coffee-nya. Menu coffee blend, menggunakan dua jenis kopi tertentu yang sudah diteliti dan diuji coba sedemikian rupa, agar menghasilkan coffee blend dengan cita rasa yang lebih istimewa daripada di tempat lainnya. 

Menurut manajemen Eiger Coffee Tropical, bisnis cafe di Indonesia masih menjanjikan hingga ke depannya. Selama pandemi, bisnis kedai kopi ini memang terkena dampaknya. Dari pelanggan yang masih ada, cenderung terjadi perubahan pola perilaku. Mereka lebih senang membeli kopi untuk dibawa pulang. Hal ini sangat berpengaruh pada omzet. Jika pelanggan minum di tempat dan menghabiskan waktu berjam-jam di lokasi, tentu ada kesempatan untuk menambah minum lagi. Itu berarti pemasukan cafe bertambah. Berhubung lebih banyak yang membeli untuk dibawa pulang, kesempatan menambah omzet pun ikut berkurang.

Melihat kenyataan ini, Eiger Coffee Tropical mencari strategi lain agar bisnis coffee shop ini terus berjalan di tengah kondisi pandemi. Cafe ini melakukan penyesuaian di sana-sini. Manajemen juga memberlakukan protokol kesehatan dengan ketat, baik pada seluruh karyawan maupun pelanggan. Bagaimanapun, Eiger Coffee Tropical ingin tetap menyajikan kopi kesukaan pelanggan, mempekerjakan karyawan agar tetap punya penghasilan, dan bertahan hingga pandemi berakhir. Terbukti, kiat-kiat tersebut berhasil membuat pemasukan cafe ini kembali normal. 

Selama menjalankan operasional, tentu saja ada kendala yang dihadapi manajemen Eiger Coffee Tropical. Kendala terbesar adalah menjaga kualitas produk dan rasa agar tetap konsisten di seluruh outlet. Satu hal lagi, yaitu memastikan kesegaran produk yang disajikan, sesuai dengan standar perusahaan.

Dalam hal mengelola sumber daya manusia, boleh dikatakan tidak ada kendala yang berarti. Manajemen sudah dimudahkan dengan adanya aplikasi Hadirr. Menurut manajemen cafe ini, aplikasi kehadiran karyawan tersebut sangat membantu, terutama dalam mengontrol absensi karyawan-karyawan di outlet yang ada di luar kota.  

Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Kafe Kopi yang Makin Cuan

Aplikasi hadirr adalah fitur absensi selfie, sehingga manajemen tetap bisa mengawasi kehadiran karyawan, meskipun tidak berada di lokasi yang sama dengan karyawan. Aplikasi absensi karyawan seperti inilah yang paling tepat untuk mempermudah jalannya operasional perusahaan. Terlebih jika perusahaan sudah memiliki banyak cabang di luar kota.

“Aplikasi Hadirr sangat membantu menjadi alat controling absensi
untuk karyawan-karyawan yang berada di luar kota.”
– Elies, HRD Eiger Coffee Tropical

Beberapa kiat sukses Eiger Coffee Tropical untuk bertahan dan penggunaan aplikasi absensi Hadirr untuk mempermudah jalannya perusahaan, bisa kamu contoh. Mungkin saja suatu saat nanti kamu membangun bisnis cafe seperti ini. Atau, mungkin bisnis cafe-mu sudah mulai berjalan?

Aplikasi Absensi Online Hadirr