Aplikasi Absen Digital

Aplikasi Absen Digital Jadi Tren, Apa Saja Keuntungannya?

Penggunaan aplikasi absen digital karyawan semakin populer di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Utamanya saat pandemi melanda pada tahun 2020, disrupsi teknologi secara masif terjadi. Sehingga banyak perusahaan yang sebelumnya menggunakan mesin absen digital seperti fingerprint beralih ke aplikasi absen digital karyawan.

Tentunya dengan segudang keuntungan yang didapat, banyak perusahaan mulai secara permanen menerapkan aplikasi absen digital untuk memonitor kehadiran karyawan.

Berikut ini beberapa keuntungan yang didapat dalam penggunaan aplikasi absen digital bagi perusahaan dan karyawan:

Keuntungan Aplikasi Absen Digital

Aplikasi Absen Digital
  • Efisiensi waktu dan biaya

Dengan aplikasi absen digital, karyawan dapat melakukan absensi dengan cepat dan mudah menggunakan smartphone mereka. Hal ini tentu dapat menghemat waktu dan biaya untuk perusahaan karena tidak perlu lagi membeli mesin absen digital yang terbilang cukup mahal namun kurang efisien.

Selain itu bagian pengelolaan karyawan atau departemen HR tidak perlu lagi repot untuk mengumpulkan satu persatu data kehadiran karyawan yang bekerja dari banyak tempat. Sehingga departemen HR dapat bekerja lebih efisien karena aplikasi kehadiran sudah menyediakan laporan kehadiran karyawan secara digital dan rapi.

Baca Juga: 3 Kelebihan Aplikasi Absensi Online vs Mesin Fingerprint

  • Akurasi data yang lebih baik

Tentunya aplikasi absen digital dapat merekam data kehadiran secara real-time dan akurat. Ini disebabkan oleh canggihnya fitur absensi digital yang mampu merekam kehadiran secara langsung dan menggunakan facial recognition dan GPS.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengurangi kesalahan data dan meningkatkan akurasi data kehadiran karyawan. Sehingga, perusahaan dapat memastikan bahwa data absensi karyawan akurat dan terhindar dari kecurangan.

  • Fleksibilitas dan aksesibilitas

Sudah lumrah semenjak pandemi, karyawan diberlakukan dengan pola kerja hybrid. Hal ini membuat karyawan tersebar di banyak tempat, baik di kantor, di lapangan maupun di rumahnya masing-masing. Tentu sulit jika masih menggunakan mesin absensi digital seperti fingerprint dalam merekam kehadiran karyawan yang bekerja diluar kantor.

Dengan aplikasi absensi yang tersedia di smartphone masing-masing karyawan, mereka dapat melakukan absensi maupun presensi kapan saja dan di mana saja. Karyawan dapat melakukan perekaman kehadiran atau presensi bahkan ketika mereka sedang tidak berada di kantor, seperti ketika mereka sedang melakukan perjalanan bisnis atau bekerja dari rumah.

Selain itu, dengan pengelolaan kehadiran menggunakan aplikasi, perusahaan juga akan diberikan fleksibilitas dalam mengatur jadwal kerja atau shift kerja dan juga monitor izin, sakit dan cuti karyawan.

  • Peningkatan produktivitas karyawan

Jika menggunakan mesin absen digital seperti fingerprint sebelumnya karyawan tidak dapat melihat secara runut waktu absensinya selama bekerja.

Nah, dengan aplikasi absensi berbasis web, karyawan dapat memantau absensi dan jadwal kerja mereka dengan mudah. Hal ini dapat meningkatkan produktivitas karena karyawan dapat memanfaatkan waktu mereka dengan lebih efektif dan efisien.

Apalagi jika terintegrasi dengan sistem manajemen sumber daya manusia atau biasa dikenal dengan Human Resources Information System (HRIS), perusahaan dapat memonitor kinerja karyawan secara lebih efektif dan mengidentifikasi masalah yang berkaitan dengan produktivitas karyawan lebih mudah.

Baca Juga: Cara Membuat Form Penilaian Kinerja Karyawan di Excel dan Word

  • Penyimpanan data yang aman dan terpercaya

Faktor keamanan data kehadiran karyawan tentu menjadi isu pelik bagi departemen HR. Tingginya fenomena kecurangan yang dilakukan karyawan saat perekaman kehadiran, seperti mengubah jam pada mesin absen, titip absen hingga menghilangkan data kehadiran membuat perusahaan khususnya bagian HR pusing tujuh keliling.

Dengan menggunakan aplikasi absensi yang didukung dengan keamanan data tinggi dan dapat dipercaya, maka perusahaan dapat mengurangi bahkan menutup peluang terjadinya kecurangan dalam proses absensi karyawan.

Umumnya, aplikasi presensi digital akan mengolah dan menyimpan data absensi karyawan di server yang aman dan terlindungi dari akses tidak sah. Karena penyedia aplikasi tentu sadar akan kebutuhan perusahaan dan juga keinginan perusahaan untuk mencari solusi dalam menjaga kerahasiaan data karyawan, juga mencegah kebocoran data.

  • Lebih ramah lingkungan

Dengan penggunaan aplikasi absen digital, perusahaan dapat mengurangi penggunaan kertas secara signifikan karena karyawan dapat melakukan absensi dengan cepat dan mudah menggunakan smartphone mereka. 

Selain itu, data absensi karyawan juga disimpan secara digital, sehingga perusahaan tidak perlu mencetak data kehadiran karyawan di atas kertas.

Penggunaan aplikasi absen online juga dapat membantu perusahaan untuk mencapai sertifikasi lingkungan, seperti ISO 14001. ISO 14001 adalah standar internasional yang membahas sistem manajemen lingkungan dan bertujuan untuk mengurangi dampak negatif perusahaan terhadap lingkungan.

Dengan menggunakan teknologi dalam pencatatan kehadiran karyawan, perusahaan dapat menunjukkan komitmennya dalam mendukung program ramah lingkungan dan berkontribusi pada upaya global untuk mengurangi dampak negatif perusahaan terhadap lingkungan.

Baca Juga: Peraturan Absensi Karyawan Beserta Contoh Sanksi Disiplinnya

Aplikasi Absen Digital Hadirr Terbaik di Indonesia

cta aplikasi tracking karyawan

Dengan cepatnya era digitalisasi yang berkembang, perusahaan dituntut untuk mampu beradaptasi dengan teknologi untuk memastikan kelancaran operasi bisnisnya. Penggunaan aplikasi absen digital merupakan salah satu cara efektif untuk mendukung hal ini.

Anda dapat menggunakan aplikasi absen online Hadirr yang bisa di-download melalui ponsel android atau iOS. Dengan teknologi canggih yang dimiliki oleh Hadirr seperti, face recognition, real server based time dan GPS.

Karyawan Anda akan sangat terbantu dalam melakukan pencatatan kehadiran dan perusahaan juga lebih mudah dalam memonitor dan mendokumentasikan seluruh data kehadiran karyawan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Anda juga dapat mengintegrasikan Hadirr dengan aplikasi HRIS Gadjian agar seluruh proses administrasi karyawan dapat terotomatisasi secara penuh. Anda dapat mencoba aplikasi Hadirr dan Gadjian berbasis android atau iOS secara gratis dengan klik tombol di bawah ini.

Coba Gadjian Sekarang
author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *