Tips Ramadhan Produktif untuk Karyawanmu – Bulan Ramadhan adalah waktu puasa, refleksi dan berdoa bagi setiap umat muslim. Ini juga bisa menjadi bulan yang menantang setiap tahunnya karena waktu terasa berjalan mundur. Anda harus bangun pada dini hari untuk makan sahur dan menahan lapar selama kurang lebih 13 jam penuh. 

Meski demikian, baik Anda ataupun karyawan Anda harus tetap produktif di bulan Ramadhan, karena dapat mempengaruhi produktivitas perusahaan juga.

Tantangannya, Anda kerap merasa kurang semangat dan energi, padahal jam kerja saat puasa dikurangi sedikit dari jam normal pada bulan lainnya. Inilah beberapa tips Ramadhan produktif yang bisa Anda terapkan di perusahaan.

Baca Juga: Inilah Cara Mengukur Produktivitas Kerja Karyawan

Tips Ramadhan Produktif

1. Menyusun Skala Prioritas Pekerjaan

Tips Ramadhan Produktif
Tips Ramadhan Produktif untuk Karyawanmu | Hadirr

Meski jam kerja di bulan puasa sudah dikurangi, beban kerjanya tetap sama. Nah, sebaiknya karyawan diminta merencanakan kegiatan harian dengan membuat daftar to-do-list pekerjaan berdasarkan bobotnya.

Menyusun daftar mulai dari yang paling penting dan memiliki deadline tercepat untuk dikerjakan dari pagi hingga sore. Jadi, mareka bisa menghindari tekanan kerja berlebihan saat puasa.

2. Menyesuaikan Jam Tidur

Kebiasaan tidur dan makan selama bulan puasa mengalami perubahan. Banyak yang mengeluh kurang tidur, padahal tidur penting untuk menjaga konsentrasi. Inilah sebabnya menyesuaikan jam tidur itu penting.

Alternatifnya bisa memilih dua cara berikut : (a) sahur lebih awal; (b) sahur menjelang waktu imsak. Sebagai tambahan, manfaatkan waktu makan untuk tidur sejenak selama setengah jam agar semangat kerja kembali pulih.

Baca Juga: Mudah! Atur Jam Kerja Selama Puasa Ramadhan dengan Aplikasi Ini

3. Memerhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Tips Ramadhan Produktif
Tips Ramadhan Produktif untuk Karyawanmu | Hadirr

Memakan sesuatu sebelum berpuasa adalah hal yang paling penting selama periode berpuasa, sebab tubuh butuh asupan gizi yang cukup agar tetap berenergi dan terhidrasi sepanjang hari. 

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang cukup. Hindari makanan berlemak dan berminyak, hidangan yang mengandung kafein dan gas, serta minuman dingin, karena akan memicu masalah pencernaan. Lalu dianjurkan mengkonsumsi air putih cukup dan makanan manis yang cukup.

4. Mencoba Kegiatan Lain saat Mulai Terdistraksi

Karyawan Anda bosan melakukan hal yang sama selama berjam-jam? Mereka bisa mengalihkan sejenak pekerjaannya pada hal lain yang lebih menyenangkan untuk menghilangkan distraksi stres dan jenuh. 

Misalnya, merevisi subjek email yang berbeda, mengatur catatan, dan melakukan riset untuk task lain. Saat luang, bisa untuk berjalan-jalan di sekitar kantor, mendengarkan musik dan menonton video lucu.

Dengan demikian, puasa bukanlah alasan yang membuat kerja karyawan Anda tidak optimal, sehingga saat penilaian pekerjaan, performa mreka dapat terus terjaga baik.

Aplikasi Jadwal Kerja
Aplikasi Jadwal Kerja Hadirr

Anda selaku pemilik usaha atau HRD juga dapat meningkatkan produktivitas selama berpuasa dengan Hadirr dan Gadjian, lho.

Hadirr akan memudahkan pengelolaan karyawan saat bulan Ramadhan, seperti pencatatan absensi digital, penjadwalan tugas, pengaturan shift kerja, pengajuan lembur online, dan reimbursement.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Bahkan, perusahaan Anda juga tidak perlu khawatir lagi untuk mengelola penggajian menjelang lebaran.

Gaji dan THR karyawan bisa dikelola otomatis melalui aplikasi Gadjian melalui fitur hitung gaji dan THR online. Karyawan bisa menerima THR tepat waktu dan Anda tidak pusing menghitungnya. 

Baca Juga: Manfaat Aplikasi Penilaian Kinerja Karyawan

Ingin lebih efisien menuntaskan pekerjaan Anda sekaligus meningkatkan produktivitas karyawan? Gunakan Hadirr dan Gadjian untuk menyelesaikan tugas administrasi, penggajian, THR dan penjadwalan kerja karyawan.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: YRA