Subsrcibe

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Subscribe Now

* You will receive the latest news and updates on your favorite celebrities!

Trending News

Blog Post

Strategi Pemilihan Usaha Franchise Agar Untung Besar
Strategi Pemilihan Usaha Franchise Agar Untung Besar | Hadirr
Bisnis Ritel

Strategi Pemilihan Usaha Franchise Agar Untung Besar

Meningkatnya minat masyarakat Indonesia dalam berwirausaha memunculkan sejumlah bisnis yang potensial untuk digandrungi. Apabila Anda masih bingung memulai bisnis karena terhalang kendala modal, konsep, sistem dan strategi menjalankan usaha, maka bisnis franchise adalah pilihan yang tepat. 

Bisnis franchise lebih praktis dan lebih aman untuk dijalankan karena Anda tidak perlu membangun branding dari nol. Sistem franchise memberikan Anda kesempatan untuk menggunakan ide, brand, merek, logo, dan sumberdaya dari pihak pemilik usaha (franchisor). Kebingungan dalam memulai dapat teratasi karena sistem dan prosedur menjalankan usaha sudah ditetapkan oleh franchisor. Anda hanya perlu membayarkan sejumlah royalti sebagai imbalan.

Baca Juga: Cuan! 5 Rekomendasi Bisnis Franchise Makanan dan Minuman untuk Milenial

Prospek bisnis franchise sendiri sangat jelas, mulai dari jenis produknya, cara pengelolaannya hingga besaran keuntungannya. Keuntungan menjalankan bisnis franchise yaitu minim risiko kegagalan, manajemen bisnis sudah terbentuk, effortless sehingga tidak perlu pusing lagi dalam promosi brand dan produk, serta akses pendanaan yang lebih mudah.  

Meski sekilas terdengar mudah, menjalankan bisnis franchise bukan berarti tidak memiliki tantangan sama sekali. Pertumbuhan usaha yang cepat tentu saja berpotensi mengalami kejatuhan yang cepat juga. Mustahil sukses dalam waktu yang lama apabila cara memulai bisnis franchise dilakukan tanpa perencanaan. Perlu strategi pemilihan usaha franchise yang tepat dan berikut sejumlah tips memilih franchise yang dapat kamu ikuti agar menghasilkan keuntungan yang besar.

 

1. Merek sudah terkenal

Salah satu cara memulai bisnis franchise adalah memilih brand yang produknya populer di tengah masyarakat saat ini, terutama merek yang dikenal banyak orang dan memiliki basis pelanggan yang banyak. Anda dapat melakukan riset terkait jenis bisnis franchise apa saja yang potensial, lalu menelusuri profil pemilik bisnis dan menghubungi atau mengunjungi langsung gerai-gerai franchise yang menarik minat Anda. 

Potensi suatu franchise dapat dilihat dari jumlah gerai yang dimiliki, pertumbuhan usaha setiap tahunnya, laba bersih setiap gerai, dan informasi lain yang diperlukan. Bisnis franchise yang menawarkan basic needs biasanya banyak diminati pelaku usaha baru. 

2. Harga sesuai budget

Setelah menetapkan sejumlah daftar merek yang menarik dan potensial, selanjutnya lakukan perbandingan harga antar franchise, mulai dari jumlah investasi awal yang dibutuhkan hingga variasi harga produk yang ditawarkan. Riset dari segi harga ini dilakukan agar dapat menyesuaikan budget yang Anda miliki serta memperkirakan keuntungan yang bisa diraup. 

Banyak pilihan bisnis franchise murah yang tersedia. Anda dapat memilihnya agar faktor risiko yang diterima tidak terlalu besar. Namun, karena banyaknya pilihan yang murah, jangan sampai asal memilih. Pastikan fasilitas pelayanan dari franchisor juga baik sehingga tidak menyulitkan Anda saat sudah mulai menjalankan usaha. 

3. Mudah dijalankan

Alasan utama pelaku usaha baru memilih bisnis franchise adalah kemudahan dalam menjalankannya. Untuk apa melakukan bisnis franchise jika tidak mudah dijalankan? Strategi pemilihan usaha franchise turut melibatkan pertimbangan kemudahan usaha berdasarkan tawaran pelayanan dari franchisor. Mudah dijalankan ini maksudnya tidak menyita waktu dan membuat Anda berpikir terlalu banyak.

Jangan sampai franchisor malah membuat Anda tertekan. Pilihlah franchise yang memberikan Anda hak dagang, menawarkan sistem bisnis yang jelas terutama dari segi fasilitas dan bahan baku, serta memberikan Anda dukungan penuh dalam menjalankan usaha seperti menyediakan pelatihan usaha.

4. Proyeksi keuangan yang menjanjikan

Setelah memiliki gambaran bidang usaha yang akan Anda geluti dari tiga strategi pemilihan usaha franchise sebelumnya, Anda perlu  menyusun proyeksi keuangan sebelum menjatuhkan pilihan. Komponen dalam proyeksi keuangan yang menjanjikan berupa anggaran modal, perkiraan pendapatan dan laba, proyeksi pengeluaran serta proyeksi biaya lainnya.

5. Ada jaminan dalam kontrak

Saat melakukan usaha, periksa kontrak yang akan Anda setujui, apakah sudah memuat apa saja pelayanan yang akan Anda dapatkan beserta jaminannya. Mulai dari bantuan, fasilitas, bimbingan operasional, pelatihan, wilayah usaha, jangka waktu perjanjian dan tata cara penyelesaian sengketa atau keberlanjutan kontrak. Adanya kontrak mengindikasikan kedua bela pihak sudah sama-sama sepakat dengan kerja sama yang dilakukan dan menyetujui semua klausulnya.

Saat ini ada banyak franchise kekinian yang dapat menjadi pilihan bisnis Anda. Berikut daftar bisnis franchise Indonesia rekomendasi Hadirr yang bisa Anda pertimbangkan, yaitu Kokumi, Kopi Janji Jiwa, Kylo Coffee, Burger Shot, dan Bebek Remuk Bukitmas. Kelima merek franchise tersebut dapat Anda jadikan preferensi dalam membaca peluang pasar saat ini.

Disamping track record kesuksesan dalam banyaknya gerai franchise yang dibuka, kelima merek franchise tersebut menggunakan Hadirr untuk urusan pengelolaan karyawan. Hadirr merupakan aplikasi berbasis GPS (Global Positioning System) yang memiliki fitur absensi karyawan online. Hadirr akan membantu Anda menjalankan bisnis franchise lebih efektif dan efisien dalam bidang operasional, karena teknologi GPS memudahkan Anda untuk memantau keberadaan karyawan

Baca Juga: 3 Pilihan Usaha Franchise Laundry Premium

Karyawan tinggal melaporkan kehadiran melalui fitur selfie di telepon genggam mereka dan sistem secara otomatis akan memverifikasi dan mencocokkan data mereka lalu menyimpannya di server secara real-time. Karyawan juga bisa membuat jadwal kerja di aplikasi. Tambahannya, pencatatan jam lembur hingga pengajuan reimbursement bisa dilakukan lewat aplikasi absensi Hadirr juga. Kecurangan dan manipulasi pun dapat dihindari sehingga Anda bisa fokus pada bisnis franchise yang sudah Anda pilih.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf

Related posts

Leave a Reply

Required fields are marked *