Efek Kelamaan WFH terhadap Kinerja Karyawan dan Solusinya – Situasi pandemi selama dua tahun belakangan benar-benar mengubah gaya kerja dan operasi bisnis. Situasinya serba tidak pasti, sehingga Anda perlu memerhatikan dampak WFH terhadap kinerja karyawan agar bisnis berjalan efektif. 

Berikut akan dijelaskan kelebihan dan kekurangan WFH beserta tips mengelola karyawan WFH agar tetap produktif.

Baca Juga: Bagaimana Perhitungan Jam Kerja yang Berlaku di Indonesia?

Kelebihan Work From Home

WFH memadukan kehidupan rumah dan pekerjaan. Melalui pengelolaan yang tepat, perusahaan dan karyawan bisa mendapatkan sederet keuntungan WFH berikut.

Keuntungan WFH bagi perusahaan

  • Menekan pengeluaran perusahaan. Anda bisa menghemat budget kebutuhan logistik seperti listrik, air, sewa ruangan, kebutuhan pantry, biaya perjalanan dan kebutuhan lain selama bekerja di kantor.
  • Meningkatkan produktivitas karyawan. WFH memungkinkan karyawan Anda mendapatkan kestabilan kehidupan rumah dan pekerjaan. Motivasi dan loyalitas kerja mereka akan meningkat.
  • Meningkatkan retensi karyawan. Sistem WFH memperkuat citra perusahaan Anda sebagai tempat kerja yang ramah keluarga. Risiko turnover karyawan dapat diminimalisir.

Keuntungan WFH bagi karyawan

  • Fleksibilitas dalam bekerja. Karyawan lebih leluasa dalam mengatur waktu kerja saat di rumah, terlebih saat bosan melanda.
  • Meningkatkan work life balance. Saat ini, karyawan menyadari pentingnya keseimbangan kehidupan bekerja dan keluarga.
  • Mengurangi waktu dan menghemat biaya perjalanan ke kantor. Karyawan tidak perlu khawatir lagi soal ongkos ke kantor setiap hari.

Tantangan Work From Home

Bukannya tanpa kekurangan, efek kelamaan WFH juga memicu beragam permasalahan, terutama tidak benarnya penerapan sistem tersebut. Dampak WFH terhadap perusahaan dan karyawan adalah sebagai berikut.

Kelemahan WFH bagi perusahaan

  • Kesulitan dalam memantau karyawan. Monitoring karyawan WFH lebih susah dilakukan dibandingkan saat di kantor. Padahal aktivitas ini harus dilakukan untuk mengetahui apakah karyawan sedang mengalami kesulitan.
  • Tidak semua pekerjaan bisa dilakukan di rumah. Anda akan kerepotan mengatur jadwal dan mencegah timbulnya masalah ketidakadilan di kalangan karyawan.
  • Risiko miskomunikasi. Tantangannya adalah memastikan delegasi informasi dan tugas melalui komunikasi jarak jauh bisa efektif dilakukan.

Baca Juga: Manfaat Terapkan Jam Kerja Fleksibel Bagi Karyawan

Kelemahan WFH bagi karyawan

  • Meningkatkan kelelahan. Ketentuan jam kerja saat di rumah membuat karyawan sulit mengetahui kapan harus berhenti untuk beristirahat, sehingga jam kerja menjadi lebih lama. Karyawan mengalami sindrom efek kelamaan WFH, yaitu stres dan meningkatkan kadar emosional dalam diri.
  • Stres karena merasa terisolasi. Bagaimanapun, selama WFH, komunikasi virtual antar rekan kerja membuat karyawan merasa terputus dari aktivitas sosialnya. 
  • Munculnya masalah kesehatan. Efek kelamaan WFH meningkatkan sejumlah masalah kesehatan seperti leher dan bahu terasa sakit, pusing karena terlalu lelah menatap layar komputer, dan kram kaki.

Solusi Kelola Kinerja Karyawan WFH agar Tetap Produktif

efek kelamaan wfh
Efek Kelamaan WFH terhadap Kinerja Karyawan dan Solusinya | Hadirr

Dengan memahami kelebihan dan tantangan dalam menerapkan WFH, Anda menjadi lebih mudah menetapkan strategi dalam meningkatkan kinerja karyawan. Tiga tips ini akan membantu Anda :

1. Susunlah peraturan WFH dan ekspektasi yang jelas

Hal pertama yang dilakukan adalah menyusun peraturan WFH yang jelas dan tidak bertentangan dengan peraturan perusahaan. Contohnya, aturan jadwal clock-in dan clock-out karyawan, kapan saja jadwal meeting, bagaimana delegasi dan review tugas, serta sanksi jika karyawan tidak memenuhi komitmen.

2. Perkuat komunikasi antar tim

Komunikasi sudah jelas memengaruhi bonding antar karyawan. Sebab, jika ada permasalahan, bisa segera didiskusikan dengan rekan tim. Anda bisa memanfaatkan grup chatting dan mengadakan panggilan grup agar karyawan punya wadah dalam menyampaikan gagasan secara virtual dan selalu merasa dilibatkan.

3. Gunakan teknologi manajemen karyawan terkini

Adopsi teknologi tidak hanya berguna dalam gaya kerja saja, tapi juga bisa dimanfaatkan dalam mengelola karyawan, apalagi jarak jauh. Bukankah Anda merasa kesulitan dalam monitoring dan berkolaborasi? Aplikasi kehadiran karyawan Hadirr akan membantu Anda!

Dengan Hadirr, karyawan bisa melakukan absen online via aplikasi saat WFH. Cara absensi Hadirr pun mudah! Melalui fitur absensi digital, karyawan tinggal memotret selfie mereka, lalu HR sebagai admin akan memverifikasi kehadiran karyawan, terutama melihat titik absennya. Jadi, bisa dipantau nih apakah karyawan Anda benar-benar melaporkan kehadiran dari rumah atau tidak.

Baca Juga: Kerja Hybrid atau Kembali Masuk Kantor, Pilih Mana?

Anda bisa lebih leluasa berbagi tugas jarak jauh dengan fitur timesheet online. Fitur ini membantu Anda memantau produktivitas durasi kerja dalam menyelesaikan tugas, mempermudah kolaborasi tim yang bekerja dari berbagai lokasi, dan membantu perhitungan kompensasi yang tepat.

Teknologi yang tepat akan memengaruhi secara nyata efektivitas WFH terhadap bisnis Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA