Cara membuat sistem monitoring sales performance – Seiring bertumbuhnya sebuah bisnis, permasalahan yang dihadapi semakin kompleks. Berbagai penyesuaian pun diperlukan guna meningkatkan performa.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, dan untuk memudahkan Anda melakukan proses tersebut, membuat sistem monitoring sales performance adalah pilihan tepat.

Penerapan sistem monitoring sales dapat membantu Anda dalam memantau kinerja perusahaan. Termasuk menilai kinerja tim yang bertugas memajukan perusahaan dan mendatangkan penjualan. Adanya sistem monitoring yang efektif, membuat kinerja perusahaan meningkat dan karyawan bekerja sesuai tugas dan target yang diberikan.

Tak hanya karyawan yang bekerja di dalam perusahaan, dengan adanya sistem pelaporan yang terintegrasi, Anda pun dapat memantau kinerja tim yang berada di lapangan.

Alasan Perlunya Monitoring Sales Performance Bagi Perusahaan

Selain hal-hal tersebut, ada beberapa alasan lain yang menguatkan kenapa perusahaan perlu memiliki sistem monitoring sales performance, diantaranya:

Mitigasi masalah

Penanganan yang cepat ketika menemukan masalah jadi salah satu tugas penting perusahaan. Apalagi jika masalah tersebut berhubungan dengan kolega bisnis dan customer.

Baca Juga: Panduan Meningkatkan Sales Volume Bisnis Anda

Sistem pelaporan yang berjalan secara real-time dan otomatis yang disediakan aplikasi sales monitoring, membantu Anda mengetahui permasalahan lebih cepat sehingga dapat segera mengambil keputusan.

Memastikan KPI tercapai

Perusahaan tentunya memiliki Key Performance Indicator (KPI) yang harus dipenuhi oleh karyawan. Lewat indikator tersebut Anda dapat mengetahui bagaimana kinerja karyawan terhadap bisnis Anda.

Sistem monitoring yang diterapkan akan memperlihatkan kepada Anda apakah KPI sales sudah tercapai atau belum.

Melihat kinerja karyawan

Lewat sistem monitoring sales performance, Anda tidak hanya dapat melihat laporan KPI dari tiap karyawan, tapi juga memantau kinerja mereka secara langsung. Sebab dalam sistem tersebut pekerja akan diminta untuk melaporkan progres dari setiap tugas yang diberikan.

Memantau kondisi pekerja

Anda sebagai pemilik bisnis perlu memastikan kondisi karyawan selalu dalam keadaan baik. Terutama mengenai kondisi kesehatan karyawan. Aplikasi monitoring memungkinkan Anda mengetahui kondisi kesehatan karyawan secara lengkap.

Sehingga Anda dapat memastikan bahwa mereka dapat bekerja dengan maksimal dan memiliki jaminan kesehatan terbaik.

Bahan pertimbangan kebijakan

Aplikasi sales monitoring performance merangkum segala informasi yang Anda perlukan. Sebab sistem tersebut dapat diatur berdasarkan form monitoring sales yang ingin Anda ketahui.

Hasil pelaporan dari sistem tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Termasuk ketika Anda ingin membuat kebijakan baru yang akan berdampak pada kemajuan perusahaan.

Manfaat Monitoring Sales

Monitoring Sales Performance

Tak hanya memberikan manfaat dari sisi bisnis, aplikasi monitoring salesman terbaik yang Anda gunakan harusnya juga membawa manfaat bagi peningkatan kinerja karyawan. Sebab lewat sistem monitoring performance, Anda bisa melakukan hal-hal berikut: 

  • Menciptakan standar kerja yang baik – Setiap perusahaan wajib memiliki standar kerja yang dipatuhi oleh semua karyawan. Aplikasi monitoring performance akan merekam semua pekerjaan karyawan dan memastikannya berjalan sesuai standar yang dimiliki perusahaan.
  • Meningkatkan kinerja tim – Anda dapat memantau setiap karyawan berdasarkan performa. Baik dalam hal penjualan maupun penyelesaian tugas. Dengan begitu lebih mudah bagi Anda dalam mengambil kebijakan.
  • Mempersingkat alur pekerjaan – Sistem monitoring membantu Anda mengurangi pekerjaan yang berulang. Sehingga Anda dapat mengerjakan hal lainnya dan memastikan semua pekerjaan mendapatkan perhatian yang sama.
  • Lebih Mudah memahami laporan – Semua informasi yang diperlukan terekam secara akurat dan tersaji dalam tampilan yang mudah dipahami. Sehingga sales manager atau business owner dapat mengambil keputusan sesuai laporan yang diterima.
  • Meningkatkan penjualan – Sistem laporan yang berjalan secara otomatis dan akurat dapat membantu sales manager dalam meningkatkan penjualan. Hasil laporan tersebut bisa jadi pertimbangan untuk menemukan strategi marketing yang tepat nantinya.

Baca Juga: Cara Manager Motivasi Sales Team untuk Capai Target

Cara Membuat Sistem Monitoring Sales Performance

Monitoring Sales Performance

Sebelum menerapkan sistem monitoring sales performance pada perusahaan Anda, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu cara membuat monitoring sales yang efektif.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Tentukan tujuan monitoring

Penting bagi perusahaan atau sales manager untuk menentukan tujuan monitoring sales. Sehingga nantinya akan didapatkan hasil yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ada banyak tujuan yang bisa dicapai dengan sistem monitoring, seperti meningkatkan penjualan, meningkatkan kinerja tim, mengukur tingkat kepuasan pelanggan dan lain-lain.

Susun indikator kinerja

Guna mendapatkan informasi yang akurat, Anda perlu menyusun indikator apa saja yang ingin diukur. Penentuan indikator tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti target penjualan, penjualan berdasarkan salesperson, customer retention, dan indikator lainnya.

cta shift kerja pabrik

Pilih metode pengumpulan data

Anda dapat memilih untuk melakukan pengumpulan data secara manual atau otomatis. Apabila ingin hasil akurat dengan sistem yang berjalan secara otomatis, Anda bisa menggunakan aplikasi salesman terbaik berbasis cloud dari Hadirr. Aplikasi Hadirr memungkinkan sales manager dan business owner mengumpulkan data penjualan secara online, sistematis dan lebih efektif.

Buat sistem pengelolaan data

Data yang telah didapat tentunya perlu diolah. Untuk melakukan pengolahan data secara otomatis, Anda dapat menggunakan software sales canvassing dari Hadirr. Aplikasi ini membantu Anda mengelola dan menganalisa data sales secara efektif dan akurat.

Tentukan frekuensi monitoring

Proses monitoring harus dilakukan secara berkala. Sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang tepat dan sesuai dengan kondisi terkini. Anda dapat menentukan frekuensi monitoring dengan jangka waktu mingguan, bulanan atau setiap kuartal.

Itu akan memudahkan Anda memantau kinerja perusahaan dan mengambil langkah strategis jika diperlukan.

Buat laporan dan evaluasi

Setelah semua proses itu dilakukan, langkah berikutnya adalah merangkum data tersebut menjadi sebuah laporan. Hasil dari pengelolaan data itu pun bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi perusahaan.

Setelah mengetahui cara monitoring sales yang efektif, kini Anda dapat menerapkannya pada perusahaan atau bisnis Anda. Anda dapat melakukannya secara manual maupun otomatis.

Namun jika ingin hasil yang lebih akurat, Anda bisa menggunakan sistem monitoring performance yang disediakan oleh aplikasi Hadirr.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aplikasi Sales Tools Penunjang Kinerja Sales

Aplikasi Monitoring Salesman Terbaik

aplikasi hrd online

Aplikasi Hadirr juga bisa Anda manfaatkan untuk melihat kinerja tim sales. Dengan aplikasi kunjungan sales gratis, Anda dapat meningkatkan kinerja tim sales sekaligus mencoba layanan yang diberikan oleh Hadirr.

Selain itu layanan ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur unggulan seperti Hadirr sales dan absensi sales yang terintegrasi dengan aplikasi HRIS Gadjian.

Menggunakan sistem monitoring otomatis akan menghemat waktu Anda. Selain itu informasi yang diberikan pun lebih akurat dan sistematis. Sehingga Anda tidak melewatkan hal-hal penting yang dapat berpengaruh bagi kemajuan perusahaan dan bisnis Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
author-tim-sales-hadirr
Tim Sales Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group