Apa indikator yang Anda gunakan untuk mengukur efektivitas penjualan? Sales volume bisa jadi salah satu pertimbangan.

Metrik penjualan ini berguna untuk memastikan bahwa bisnis Anda berjalan lancar. Ketika brand sudah terkenal, otomatis penjualan pun akan meningkat. Anda pun perlu menjaga volume penjualan dengan baik, bahkan meningkatkannya.

Untuk memahami mengenai volume penjualan dan cara meningkatkannya, yuk simak penjelasan berikut.

Pentingnya Sales Volume Bagi Bisnis

Volume penjualan adalah jumlah unit yang dijual bisnis atau perusahaan dalam periode tertentu. Untuk kebutuhan analisis tingkat penjualan, periode pelaporannya bisa per bulan, per 4 bulan atau setahun.

Istilah sales volume sering tertukar dengan total sales. Volume penjualan menghitung jumlah unit yang terjual, sementara total sales menghitung jumlah uang yang didapatkan dari penjualan.

Baca Juga: 17 Teknik Closing Sales Paling Efektif Tingkatkan Penjualan

Jadi, mengapa volume penjualan penting bagi bisnis? Bukankah total sales (keuntungan) yang diperoleh dari penjualan lebih penting?

Nah, bayangkan jika perusahaan Anda memiliki target penjualan Rp100 juta dalam kuartal tertentu. Kemudian, Anda berhasil mendapatkan Rp120 juta dalam kuartal tersebut.

Tentu saja bisnis Anda dalam keadaan sehat. Bagaimana cara Anda mengetahui efektivitas tim penjualan dan strategi pemasaran produk Anda tanpa mengetahui volume penjualan?

Inilah alasan mengapa sales volume penting bagi bisnis : 

  • Memahami metriks penjualan yang berhubungan dengan preferensi pelanggan untuk mengidentifikasi produk dan layanan yang kurang diminati dan berkinerja buruk.
  • Membantu dalam memperkirakan penjualan.
  • Melacak kinerja strategi pemasaran, terutama jika menggunakan kampanye dan iklan digital.

Tips Meningkatkan Volume Penjualan

sales volume

Anda sudah memahami bahwa volume penjualan memang penting bagi bisnis. Sekarang, waktunya mengetahui cara terbaik untuk meningkatkan sales volume : 

Mengembangkan produk berkualitas unggul

Menciptakan produk unggulan menjadikan produk menonjol di pasar. Keunggulan produk menitikberatkan pada fitur produk (spesifikasi) dan nilai tambah produk (keunikan). Hal ini memudahkan sales marketing dalam menjual produk dan memasang iklan.

Membangun loyalitas pelanggan

Sebagian besar penjualan Anda berasal dari pelanggan. Cara membangun loyalitas yaitu dengan menggunakan media sosial, memberi penghargaan untuk pelanggan setia, dan menawarkan kemudahan dan kenyamanan berbelanja.

Memulai penjualan multi-saluran

Gunakanlah banyak saluran untuk menjangkau lebih banyak pembeli dan meningkatkan volume penjualan. Kehadiran brand Anda pada banyak platform meningkatkan kepercayaan mereka.

cta software hris

Mengubah dan mengoptimalkan strategi pemasaran

Contohnya menggunakan strategi upselling dengan menawarkan produk dengan nilai jual lebih tinggi dan mengedepankan manfaat tambahannya. 

Anda juga bisa mencoba mempersingkat masa uji coba gratis, membangun brand awareness dengan sistem check out mudah, serta meningkatkan social selling supaya mempercepat sales cycle dan penjualan produk.

Mengoptimalkan performa karyawan

Terjadinya proses bisnis dengan pelanggan potensial tidak terlepas dari peran karyawan, terutama sales person. 

Adakalanya mereka kehabisan akal mencapai target, sehingga Anda perlu mengoptimalkan performa sales dengan cara mendengarkan masalah di lapangan, memberikan tantangan baru, update perkembangan industri terkini, serta menghargai waktu dan tenaga yang dikerahkan tim sales.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan Canvassing Melalui Penerapan CRM

Rumus Menghitung Volume Penjualan

cara menghitung sales volume

Sales volume terdiri atas tiga jenis, yaitu sales volume, sales volume variances, dan sales volume percentages. Bagaimana cara menghitung sales volume tersebut?

Rumus Sales Volume

Menghitung sales volume bisa dilakukan melalui dua cara, yakni rumus satuan dan rumus persentase. 

  • Rumus satuan = jumlah satuan produk yang terjual x periode waktu penjualan produk (bulan)
  • Rumus persentase = (unit produk individu yang terjual x 100) : total unit semua produk yang terjual

Contohnya, sebuah toko elektronik menjual 5 mesin cuci dalam sebulan. Toko tersebut juga berhasil menjual 10 televisi dan 15 kipas angin. 

Volume penjualan mesin cuci adalah : 

Rumus satuan = 5 unit x 1 bulan = 5 unit

Rumus persentase = (5 unit x 100) : (5 + 10 + 15) = 16,7% dari semua barang yang terjual dalam sebulan.

Rumus Varians

Rumus sales volume ini berfungsi untuk memprediksi dampak negatif dan positif dari produk yang penjualannya lebih sedikit atau lebih besar dari perkiraan. 

Varians volume penjualan = (unit yang terjual – perkiraan jumlah unit terjual) x harga per unit

Masih menggunakan contoh kasus di atas. Misalkan penjualan mesin cuci meningkat jadi 10 unit. Pada akhir bulan, toko berhasil menjual 15 unit dikarenakan kehabisan stok. Maka, varians sales volume pada kasus ini adalah : 

Varians pada produk mesin cuci = (15-10) x Rp2.000.000 = Rp10.000.000

Rumus Break-even

Jika varians yang dihitung ternyata negatif, maka Anda perlu segera melihat break-even sales volume, artinya titik dimana pemasukan sama dengan modal yang dikeluarkan (tidak untung, tidak juga rugi). 

Jumlah unit untuk mencapai break-even = Perkiraan pengeluaran selama periode waktu tertentu : Harga per unit produk

Baca Juga: Cara Tepat Menentukan Target Sales

Hadirr: Solusi Praktis untuk Meningkatkan Penjualan Anda!

aplikasi sales canvassing

Ketika bisnis Anda mudah diakses dan memiliki rekaman riwayat percakapan dengan pelanggan yang terorganisir, maka penerapan strategi-strategi di atas akan lebih mudah dilakukan.

Kini sudah hadir aplikasi Hadirr, sebuah aplikasi sales canvassing yang didukung layanan cloud terpercaya. Apa saja manfaat menggunakan Hadirr?

Melalui Hadirr, Anda dapat memantau saluran penjualan sekaligus performa karyawan. Ada fitur Hadirr Sales untuk itu. Tambahannya, Anda juga bisa menerima pengajuan reimbursement online karyawan, melacak keberadaan sales di lapangan meski jarak jauh serta menetapkan sistem absensi online.

Anda dapat menerapkan strategi meningkatkan sales volume di atas dengan lebih baik bersama Hadirr. Yuk mulai mengelola bisnis Anda dengan Hadirr.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group