Motivasi Sales

Cara Memotivasi Tim Sales agar Target Tercapai

Salesforce atau salesperson memegang peran penting dalam perusahaan, mengingat tugas utamanya adalah menggaet prospek dan mengubahnya menjadi pelanggan. Ia bekerja dengan target, bekerja di bawah tekanan dan kompetisi antar pesaing bisnis, tapi tetap harus memaksimalkan potensi demi hasil terbaik. Oleh sebab itu, sebagai sales manager, perlu tahu cara memotivasi tim sales agar tiap anggota tetap antusias menjalankan tugas.

Cara Memberikan Motivasi Sales Team

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan seorang manajer sales untuk memotivasi tim.

  1. Fokus pada tujuan

Selain menetapkan target dan KPI sales, tim juga perlu memperhatikan tujuan yang sudah ditetapkan. Memiliki fokus tujuan tentu meringankan beban anggota tim sales sekaligus memberi kebebasan pada mereka untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan.

Mulailah dengan menjelaskan misi kepada setiap anggota tim dan bagaimana peran mereka penting dalam misi tersebut. Berikan sense of purpose yang akan menginspirasi tiap anggota untuk berusaha lebih keras.

Baca Juga: Panduan Meningkatkan Sales Volume Bisnis Anda

  1. Tetapkan target dengan bijak

Menetapkan target dan sales goal secara bijak artinya mendiskusikannya terlebih dulu kepada sales team. Utamakan target yang ditetapkan jelas dan achievable—tahu cara untuk mencapainya, mulai dari strategi hingga perangkat yang harus digunakan. 

Misalnya, target sales bulan ini adalah menjual 10 produk. Target yang jelas seperti ini akan membantu tim untuk mengatur langkah apa saja untuk mencapainya, termasuk jika target belum terpenuhi pada pertengahan bulan.

  1. Ciptakan lingkungan dan budaya kerja yang positif

Lingkungan dan budaya kerja yang menyenangkan juga memotivasi tim sales. Oleh sebab itu, penting untuk membuat lingkungan kerja senyaman dan semenyenangkan mungkin agar tim terus semangat memenuhi target sales

Ada 5 faktor utama dalam menciptakan lingkungan kerja sales, yaitu: 

  • Setiap anggota tim harus memahami arah dan tujuan dari target dan goals yang diberikan. 
  • Pastikan tim sales sudah memiliki keterampilan dan SDM agar dapat mencapai tujuan dan target mereka.
  • Pastikan bahwa setiap anggota tim sales dapat memantau kinerja sales dengan teratur.
  • Hindari apa pun yang berpotensi menimbulkan ancaman.
  • Harus selalu siap dengan rencana cadangan.
  • Selalu berkomunikasi dengan baik antaranggota tim sales.
  1. Bangun kepercayaan antar anggota tim

motivasi sales

Kepercayaan bisa membangkitkan motivasi sales dalam bekerja. Dengan merasa dipercaya, tim akan merasa lebih antusias saat memenuhi target.

Salah satu cara terbaik untuk membangun kepercayaan adalah transparan sebisa mungkin. Termasuk juga tidak menutup-nutupi saat terjadi permasalahan. Cobalah untuk membantu masalah yang dihadapi salesperson tersebut. 

  1. Beri penghargaan

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun motivasi sales adalah memberikan penghargaan atau reward. Kamu bisa mendapatkan voucher reward di Payuung, platform benefit karyawan di Indonesia, lalu mengirimkannya ke tim sales kamu. 

Setiap perusahaan biasanya memberikan komisi dan bonus karyawan, tapi perlu upaya tambahan untuk menunjukkan bahwa perusahaan benar-benar menghargai pencapaian sales

Contohnya, memberikan pujian, pengumuman saat briefing, atau merayakan dengan cara makan siang bersama. 

  1. Kenali faktor yang memungkinkan demotivasi

Meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk motivasi sales, tetap saja ada kemungkinan kehilangan motivasi. Manajer wajib tahu faktor apa saja yang berpotensi menimbulkan demotivasi pada tim sales, antara lain:

  • Keluh kesah atau saran dari mereka tidak pernah didengarkan walaupun bersifat konstruktif.
  • Tidak pernah menghargai pencapaian tim sales.
  • Suasana kerja yang tidak nyaman.
  • Kebijakan yang sering berubah-ubah. Misalnya, perubahan skema gaji, insentif, komisi, bonus, atau perubahan KPI sales yang mendadak tanpa alasan jelas.

Baca Juga: Cara Membuat Skema Komisi Sales Berdasarkan Kompensasi

cta software crm
  1. Berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami

Briefing bertujuan agar pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami dengan baik. Jadi, kurang bijak apabila menggunakan istilah yang hanya terdengar canggih, tapi tak seorang pun memahami artinya. Seorang manajer boleh saja menggunakan jargon atau istilah-istilah bidang sales dan marketing, tapi pastikan setiap anggota memahami artinya. 

Selain itu, akan lebih baik jika komunikasi berjalan dua arah. Artinya, dengarkan feedback mereka sehingga kamu juga mengetahui sejauh mana mereka memahami apa yang baru dibahas.

  1. Berikan peluang untuk berkembang

Memberikan kesempatan pada anggota  tim untuk mempelajari keterampilan baru merupakan cara lain yang memotivasi mereka. Kamu dapat memberikan fasilitas, seperti mendaftarkan ke seminar atau webinar tentang sales.

Cara ini bisa membantu tiap individu menaikkan penjualan. Namun, bukan hanya kepada anggota tim sales saja, kamu bisa memberikan fasilitas ini kepada seluruh tim yang ada di perusahaan. Harapannya, setelah mengikuti program pengembangan diri, dapat memberikan dampak bagus untuk perusahaan.

Baca Juga: Tips Berhasil Menjadi Sales Pemula Handal

  1. Kreatif dalam memberikan motivasi sales

Reward tidak harus selalu dalam bentuk materi. Terkadang, seorang manajer sales perlu berimprovisasi bersama tim untuk menemukan cara menunjukkan penghargaan.  

Misalnya, dengan sesekali outing bersama. Berpikir out of the box bisa menjaga tim sales-mu tetap semangat kerja. Jangan ragu meminta input dari anggota tim juga.  

Kamu juga bisa mencoba berdiskusi secara personal dengan anggota tim. Dengarkan masukan dan keluhan mereka atau gali informasi sebanyak mungkin tentang apa yang menjadi motivasi sales dalam bekerja. Setiap individu berbeda. Seringkali solusi yang diperlukan pun bisa muncul hanya dengan mendengarkan input masing-masing.

Pantau Pipeline dengan Mudah via Aplikasi Sales CRM

aplikasi sales canvassing

Sales manager memiliki beberapa tugas yang harus dikerjakan sekaligus. Mulai dari membuat laporan, membuat strategi penjualan, hingga memastikan proses penjualan sesuai sales pipeline.

Oleh sebab itu, saatnya beralih ke aplikasi yang memungkinkan semua pekerjaan itu terdokumentasi dengan baik, Hadirr Sales app.

Hadirr Sales adalah salah satu fitur unggulan Hadirr, aplikasi CRM yang dirancang untuk menunjang produktivitas tim sales. Dengan Hadirr Sales, sebagai sales manager kamu juga tak kerepotan lagi saat harus menilai kinerja tim sales

Baca Juga: Tips Sales Canvassing Agar Pasti Cuan

Di antaranya, fitur Sales Canvassing, merekam aktivitas tim sales saat sedang melakukan sales visit secara real-time dalam laporan otomatis yang bisa di-download hanya dengan sekali klik. Anggota tim yang bertugas cukup selfie melalui fitur Absensi Online di lokasi yang ditentukan.

Dengan fitur-fitur ini, kamu dapat lebih mudah memantau kedisiplinan tim sales-mu sehingga proses penjualan berjalan lancar dan target tercapai.

Selain fitur tersebut, Hadirr Sales juga dilengkapi dengan dasbor tim sales pipeline yang memberikan visual proses sales yang lebih baik serta data customer untuk mempermudah closing.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Letter

* You will receive the latest news and updates

Categories