5 Contoh OKR Sales dan Aplikasi Pendukung – Tim sales memainkan peranan penting dalam mendorong penjualan suatu perusahaan. Keberhasilan tim sales tergantung pada tercapai atau tidaknya target yang telah ditetapkan.

Salah satu praktik untuk mengukur keberhasilan yang terbukti paling sukses dan telah digunakan oleh perusahaan besar seperti Google, Intel, dan perusahaan teknologi lainnya adalah OKR (Objective Key Result). OKR perusahaan bukan hanya alat, melainkan manajemen yang dapat mendorong individu mencapai tujuan bersama. 

Setiap divisi memiliki OKR yang berbeda-beda. OKR sales adalah indeks untuk mengukur suatu keberhasilan tim sales. Kinerja dan kemajuan tim sales dapat diukur dengan menetapkan OKR yang efektif dan terukur.

Sehingga perusahaan dapat mengawasi kinerja setiap karyawan dan mendorong mereka untuk meningkatkannya. Yuk, simak 5 contoh OKR sales pada setiap area penjualan berikut ini.

Contoh OKR Sales

OKR sales

1. Sales Revenue

Penentuan keberhasilan tim sales dengan OKR dilakukan dengan membuat rancangan objective dan key result. Objective adalah tujuan, sedangkan key result adalah langkah yang diambil untuk mencapai tujuan tersebut. Berikut contoh objective dan key result sales revenue

Baca Juga: Indikator Kinerja Sales yang Efektif

 

Objective

Key Result

Meningkatkan Revenue sebesar 8 M satu tahun

Berhasil memperluas cakupan wilayah di Seluruh Indonesia

Mengurangi siklus penjualan untuk versi standar produk dari 32 hari menjadi 15 hari

Melakukan rata-rata 7 demo produk per minggu 

2. Sales Management

Berikut merupakan contoh objective dan key result dari sales management yang bertujuan meningkatkan penjualan di pusat kota. 

Objective

Key Result

Meningkatkan Penjualan di Pusat Kota

Berhasil membuka 2 cabang di Pusat Kota

Berhasil bergabung dengan 10 reseller baru di Pusat Kota

Mendapatkan 30 pelanggan baru di Pusat Kota

3. Sales SDR (Sales Development Representative)

Sales development representative bertugas untuk menentukan calon pelanggan/leads dikatakan layak atau tidak untuk menjadi pelanggan.  Berikut contoh OKR sales SDR. 

Objective

Key Result 

Meningkatkan SDR social selling proses

Meningkatkan upsell dan cross-sell sebesar 40%

Menghasilkan 150 prospek penjualan yang memenuhi syarat

Berhasil melatih 5 SDR tentang praktik penjualan social selling

4. Sales Enablement

Objective dan key result dari sales enablement digunakan untuk memastikan strategi yang digunakan tim sales terus naik. Berikut contoh OKR dari sales enablement.   

Objective

Key Result 

Meningkatkan sistem dan proses penjualan

Membuat metode baru untuk mengukur saluran keluar dan saluran masuk

Berhasil memberikan platform pelatihan pemberdayaan penjualan tanggal X pada tim sales

Merevisi rencana penjualan dan mendapatkan persetujuan dari manajem penjualan

Baca Juga: Seputar Sales Pipeline : 6 Tahapan dan Cara Membangunnya

5. Sales Channel Partner

Sales channel partner memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan melalui mitra atau partner. Berikut merupakan contoh objective dan key result-nya. 

Objective

Key Result 

Meningkatkan penjualan melalui channel partner

Merekrut & menandatangani 30 mitra saluran baru 

Berhasil meluncurkan portal mitra saluran baru

Memberikan proses orientasi mitra saluran yang lebih baik yang diukur dengan peningkatan 20%

OKR Tidak Sama dengan KPI

cta absensi barcode

Perlu dipahami bahwa OKR (Objectives Key Result) dan KPI (Key Performance Indicator) tidaklah sama, secara umum perbedaan KPI dan OKR terletak pada sistemnya.

OKR menggunakan sistem objective dan key result, di mana menggunakan cara deskriptif kualitatif dalam menentukan tujuan (objective). Kemudian perusahaan harus menentukan langkah-langkah (key result) yang dapat digunakan untuk meraih tujuan tersebut. 

Sedangkan KPI menggunakan sistem yang terukur untuk menentukan efektivitas pekerja di dalam perusahaan. Berfokus pada rencana dan strategi yang terukur dan spesifik (angka) dalam menentukan suatu target atau tujuan.

Hadirr! Aplikasi Tingkatkan OKR Sales

Aplikasi atur okr sales
Aplikasi Tingkatkan OKR Sales | Hadirr

Rekomendasi aplikasi pendukung yang dapat memudahkan pekerjaan HR dan Manager Sales dalam membuat OKR sales adalah aplikasi Hadirr. Melalui Hadirr, Anda dapat melakukan penilaian kerja pada tim sales dengan mudah melalui fitur-fitur didalamnya. Nah apa saja fitur-fitur Hadirr?

Baca Juga: Cara Memilih Aplikasi Sales yang Tepat

Fitur Hadirr sales, dapat memonitor pipeline dan seluruh kinerja tim sales lapangan. Tersedia fitur absensi sales, yang dapat membantu mencatat segala kegiatan absensi untuk tim sales. 

Selain itu Hadir juga memiliki fitur reimbursement online, yang dapat mencatat keuangan karyawan, sehingga memudahkan HR dalam melakukan analisis akurat dan menekan kecurangan. 

Tunggu apalagi? Yuk coba Hadirr sekarang juga!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.