Cara Memanfaatkan Data Penjualan Perusahaan- Data penjualan perusahaan merupakan sumber informasi yang sangat penting bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi bisnis yang tepat.

Data ini dapat memberikan informasi mengenai seberapa baik kinerja penjualan perusahaan, serta mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh perusahaan. 

Dengan demikian, data penjualan dapat memberikan masukan yang berguna bagi perusahaan dalam mengembangkan strategi bisnis yang tepat untuk mencapai tujuan bisnis.

Baca Juga: Strategi Mencapai Target Penjualan dan Negosiasi Sales

Dalam memanfaatkan data penjualan perusahaan dengan baik, perusahaan perlu memiliki sistem pengelolaan data yang otomatis dengan fitur yang lengkap. Anda dapat menggunakan aplikasi CRM terbaik Hadirr yang dapat membantu perusahaan dalam mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data sales secara efektif. 

Selain itu, perusahaan juga perlu memiliki tim yang terlatih dalam mengelola dan menganalisis data penjualan, serta memahami cara mengambil keputusan strategis berdasarkan data yang tersedia.

Mengembangkan Strategi Bisnis dengan Data Penjualan

data penjualan perusahaan

Setelah memiliki sistem dan tim sales yang handal dalam mengelola data penjualan, perusahaan dapat memanfaatkan data tersebut untuk mengembangkan strategi bisnis dengan cara sebagai berikut:

1. Menentukan Target Sales

Dengan adanya data penjualan, Anda dapat mudah menganalisis histori tren penjualan yang telah terjadi, serta faktor-faktor yang mempengaruhi penjualan. Setelah itu, perlu dilakukan perencanaan yang tepat untuk mencapai target sales yang diinginkan. 

Beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh jika memiliki data penjualan saat perencanaan target sales antara lain:

  • Target sales lebih realistis dan terukur. 
  • Rencana aksi untuk mencapai target sales menjadi lebih detail.
  • Budget yang dibutuhkan untuk mencapai target sales semakin akurat. 
  • Monitor dan evaluasi hasil penjualan menjadi lebih terukur. 

Dengan melakukan analisis data penjualan dan perencanaan yang tepat, Anda akan dapat menentukan target sales yang realistis dan terukur, serta memiliki strategi yang efektif untuk mencapainya.

2. Menentukan Strategi Marketing

Untuk menentukan strategi marketing yang tepat, tentu dibutuhkan analisis data penjualan terlebih dahulu. Analisis ini berguna untuk mengetahui tren sales yang telah terjadi, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penjualan tersebut.

Setelah itu, perlu dilakukan perencanaan pemasaran (marketing) yang tepat untuk mencapai target sales yang diinginkan. Beberapa keuntungan yang Anda dapatkan dalam merencanakan strategi marketing dengan data penjualan antara lain:

  • Profil calon pelanggan atau target audience semakin detail. 
  • Budget marketing yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan. 
  • Strategi marketing semakin tajam dengan target market dan profil konsumen.

Dengan melakukan analisis data penjualan dan perencanaan yang tepat, Anda akan dapat menentukan strategi marketing yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen, serta memiliki rencana aksi yang efektif untuk mencapainya.

Baca Juga: 9 Fitur CRM di Aplikasi Sales untuk Pertumbuhan Bisnis

cta sales manager

3. Menentukan Target Pasar

Data sales dapat memberikan informasi mengenai demografi pelanggan perusahaan, sehingga Anda akan dapat menentukan target market yang sesuai dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan, serta memiliki rencana aksi yang efektif untuk mencapainya.

4. Menentukan Channel Distribusi

Channel distribusi adalah jalur yang digunakan untuk menyalurkan produk atau jasa dari produsen ke konsumen. Pemilihan channel distribusi yang tepat merupakan salah satu faktor penting dalam menentukan keberhasilan suatu bisnis.

Dengan adanya data penjualan yang rapi, data ini dapat memberikan informasi mengenai mana channel distribusi yang paling efektif bagi tim sales, sehingga perusahaan dapat fokus dalam peningkatan volume sales pada channel tersebut.

5. Meningkatkan Customer Satisfaction

Meningkatkan customer satisfaction merupakan salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan suatu bisnis.Pada umumnya, data sales dapat pula memberikan informasi mengenai kepuasan pelanggan. 

Dengan melakukan analisis data penjualan, Anda akan dapat meningkatkan customer satisfaction yang akan berpengaruh positif terhadap penjualan dan keuntungan bisnis Anda.Tentunya hal ini bertujuan membentuk loyalitas yang dapat dijadikan sebagai salah satu alat ukur untuk meningkatkan sales.

Aplikasi Data Penjualan Perusahaan untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

aplikasi sales canvassing

Setelah membaca langkah-langkah untuk menentukan strategi bisnis dari data penjualan. Anda tentu bingung bagaimana untuk memulai semua ini. Waktu yang tepat bagi Anda untuk memulai dengan menggunakan aplikasi CRM terbaik seperti Hadirr.

Aplikasi data penjualan Hadirr, merupakan salah satu alat yang dapat membantu pertumbuhan bisnis Anda. Dengan menggunakan aplikasi Hadirr, Anda akan dapat mengumpulkan dan menganalisis data penjualan secara terus-menerus. Sehingga dapat menghasilkan indikator penilaian kinerja sales yang tepat untuk membantu pertumbuhan bisnis Anda.

Baca Juga: Pemanfaatan CRM Salesman untuk Keberhasilan Penjualan Anda

Fitur-fitur canggih yang ada dalam aplikasi Hadirr memungkinkan Anda untuk mengumpulkan data-data sales seperti, kehadiran/absensi sales, data performa tim sales, data kunjungan sales lapangan hingga jumlah penjualan tim atau tiap individu sales dengan fitur Hadirr sales

Gunakan Hadirr dalam mengelola data penjualan perusahaan untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group