Dalam dunia bisnis yang semakin kompetitif saat ini, banyak pengusaha memilih berinvestasi pada tools yang mendukung pekerjaan lebih efektif dan hasil maksimal, contohnya penggunaan software attendance management.

Aplikasi attendance semakin dibutuhkan karena terdapat banyak hal yang berhubungan dengan karyawan, di antaranya absensi, pelacakan (tracking), upah dan tunjangan, serta penilaian kinerja. Variasi ini seringkali menyulitkan perusahaan untuk mengambil keputusan dan melakukan perubahan yang diperlukan organisasi.

Saat bisnis Anda semakin berkembang, jumlah karyawan yang Anda miliki akan bertambah, sehingga mengandalkan tim pemimpin untuk manajemen manual saja tidak cukup. Di sinilah peran aplikasi attendance management untuk membantu Anda:

Baca Juga: 7 Pilihan Sistem Absensi Berbasis Web Terbaik

Apa itu Aplikasi Attendance Management?

Aplikasi attendance management adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mencatat, menyimpan, dan mengelola daftar hadir karyawan. Aplikasi ini membuat pengelolaan karyawan menjadi sederhana dan transparan. 

Anda bisa melacak kehadiran dan waktu karyawan tanpa disertai kekhawatiran seperti data yang tidak akurat, kertas absensi yang bertumpuk untuk di-input, hingga risiko adanya karyawan yang curang.

Data kehadiran yang masuk ke sistem aplikasi akan diproses, lalu direkapitulasi otomatis menjadi sebuah laporan kehadiran karyawan. Nanti, data inilah yang akan Anda integrasikan untuk keperluan penggajian dan pertimbangan approval cuti/izin karyawan.

Alasan Menggunakan Aplikasi Attendance untuk Bisnis Anda

Peran karyawan sangat penting karena mereka yang menjalankan operasional bisnis Anda. Apabila karyawan tidak hadir tepat waktu, dapat dipastikan operasional akan terganggu. Penggunaan attendance management akan memberi dampak besar bagi HRD dan perusahaan secara keseluruhan, inilah alasannya :

1. Pengawasan kinerja karyawan secara real time

aplikasi attendance management
4 Alasan Menggunakan Aplikasi Attendance Management | Hadirr

Contoh “kenakalan karyawan” yang kerap dilakukan adalah manipulasi data dan korupsi waktu. Masih lemahnya keamanan absensi manual adalah salah satu faktor penyebabnya. 

Dengan aplikasi attendance, perekaman data dilakukan online dan otomatis, sehingga Anda dapat memeriksa data yang masuk secara real time dan mengawasi kinerja karyawan setiap saat, baik saat karyawan bekerja dekat atau pun jauh dari Anda.

2. Fleksibel dan tampilan antarmuka yang user friendly

Fleksibilitas adalah keunggulan utama yang dimiliki aplikasi attendance. Saat Anda memerlukan data kehadiran karyawan atau ingin mengawasi pekerjaan karyawan ketika berada di luar kantor, Anda hanya perlu membuka aplikasi saja. Selama terhubung dengan internet, tak jadi masalah.

Tak perlu butuh waktu lama untuk memahami cara mengoperasikan aplikasi, karena umumnya sudah dirancang ramah pengguna berbagai latar dan usia. Sistem online membuat banyak proses menjadi lebih mudah.

Baca Juga: Mesin Absensi Wajah : Kelebihan dan Kelemahannya di Era Sekarang

3. Hemat biaya dan waktu

Di samping proses yang mudah, perusahaan menghemat waktu dan biaya. Tidak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk pengadaan dan pemeliharaan mesin absensi fingerprint. Tidak perlu lagi berurusan dengan kertas-kertas absensi yang menghabiskan banyak waktu dalam merekapnya. 

Dengan menganggarkan biaya berlangganan yang jauh lebih hemat, Anda bisa mendapatkan aplikasi attendance berfitur lengkap untuk mengelola banyak karyawan.

4. Sistem yang terintegrasi dengan sistem HR lainnya

Software Attendance Management
4 Alasan Menggunakan Software Attendance Management | Hadirr

Data kehadiran karyawan digunakan untuk keperluan payroll, approval pengajuan cuti, penilaian kinerja, dan sebagainya. Akan sangat merepotkan jika Anda harus input lagi satu per satu data ini ke sistem lainnya, sehingga dibutuhkan sistem yang bisa mengotomatisasi integrasi data untuk berbagai keperluan, yaitu dengan menggunakan aplikasi attendance.

Aplikasi Hadirr, Solusi Attendance Management Terbaik

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Sudah saatnya menggantikan sistem lama Anda dengan aplikasi attendance. Apabila Anda merasa bingung dalam memilih aplikasi yang paling menyesuaikan kebutuhan, aplikasi attendance management Hadirr sangat direkomendasikan untuk Anda.

Hadirr merupakan aplikasi mobile dengan fitur utama presensi online yang dapat terintegrasi dengan sistem payroll Anda. Dengan Hadirr, berbagai keperluan dalam manajemen karyawan dapat dikelola secara otomatis, tak terbatas untuk pengelolaan kehadiran saja.

Baca Juga: 5 Aplikasi Jadwal Shift Karyawan Terbaik di Android

Adapun fitur-fitur manajemen karyawan terbaik lainnya yang dimiliki Hadirr dapat membantu Anda mengelola lembur karyawan, kunjungan klien, monitoring timesheet online dan berbagi tugas jarak jauh, mengatur shift kerja, hingga mengotomatisasi prosedur reimbursement

Dengan Hadirr, pekerjaan Anda jadi lebih mudah dan efisien sehingga jauh lebih siap untuk berkompetisi dalam dunia bisnis.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: YRA