Pentingnya Sistem Presensi Pegawai di Instansi Pemerintahan – Biasanya, instansi pemerintahan memberlakukan cara absen pegawai dengan mesin fingerprint

Pengelolaan data presensi pegawai dengan cara ini memiliki sejumlah kelemahan, seperti risiko terjadinya kesalahan identifikasi, spreadsheet rekapitulasi yang tidak real-time dan masih bisa diubah-ubah, hingga perlunya perawatan yang rutin.

Kelemahan fingerprint ini perlu menjadi perhatian khusus dalam rangka penegakan disiplin kerja pegawai. Sebab, disiplin kerja pegawai berkaitan dengan tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan produktif.

Oleh karena itu, instansi yang menyadari kelemahan sistem absensi fingerprint mulai beralih pada sistem presensi pegawai online yang praktis dan mudah digunakan. Berikut akan dibahas keuntungan menggunakan sistem presensi pegawai dan rekomendasi aplikasinya.

Pentingnya Sistem Presensi Online untuk Pegawai Negeri

Presensi online pegawai negeri

Kewajiban pegawai negeri untuk masuk kerja dan menaati waktu kerja ditegaskan melalui PP No. 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Di dalam aturan tersebut, terdapat tiga tingkat pelanggaran disiplin kerja pegawai, yaitu pelanggaran ringan, sedang, dan berat.

Konsekuensi atas tiap tingkat pelanggaran disiplin pun beragam, mulai dari teguran (baik lisan maupun tertulis), pemotongan tunjangan kinerja, penurunan jabatan, bahkan pemberhentian dengan hormat.

Baca Juga: Solusi Atasi Karyawan Tidak Disiplin

Selama ini, terdapat label negatif terkait kedisiplinan yang terlanjur melekat pada citra pegawai negeri, seperti kebiasaan terlambat masuk kerja, pulang cepat, bolos saat jam kerja, hingga tidak masuk tanpa keterangan yang jelas (mangkir kerja).

Apabila masalah pelanggaran disiplin kerja pegawai ini dibiarkan berlanjut, tentu akan berdampak pada kualitas pelayanan publik. Ketidakpuasan masyarakat terhadap pemerintahan akan meningkat akibat tidak maksimalnya pelayanan yang diterima.

Adanya aturan disiplin kerja pegawai berperan untuk menyadarkan pegawai akan tugas pokok dan perannya dalam mewujudkan keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik. Agar pegawai mematuhi aturan disiplin yang sudah dibuat, diperlukan teknologi tepat guna, yaitu sistem presensi online pegawai. 

Sistem ini menjadi solusi untuk kelemahan sistem absensi yang selama ini banyak digunakan di instansi pemerintahan.

Keuntungan Menggunakan Sistem Presensi Pegawai

Sistem Presensi Pegawai

Sistem presensi pegawai dirancang dalam bentuk aplikasi yang mampu mengelola absensi pegawai berbasis web. Penggunaannya pun mudah. Setiap pegawai bisa mengaksesnya melalui ponsel masing-masing.

Apa untungnya menggunakan aplikasi presensi pegawai?

Mudah dan cepat diakses

Pegawai berhubungan langsung dengan masyarakat luas. Aplikasi presensi online sangat fleksibel penggunaannya, bisa diakses kapan saja pada berbagai titik lokasi.

Mudah dan cepatnya saat mengakses menjadi aplikasi presensi lebih diminati oleh banyak kalangan, termasuk instansi pemerintahan.

Mencatat data kehadiran dengan akurat dan bebas kecurangan

Presensi online memiliki tingkat akurasi tinggi

Setelah melakukan absensi, data kehadiran direkap otomatis oleh aplikasi presensi, sehingga tidak ada lagi celah kecurangan yang memungkinkan oknum “nakal” mengotak-atik data.

Aplikasi presensi mencatat waktu kehadiran pegawai secara akurat, sampai ke menit dan detiknya.

Memudahkan pemantauan perjalanan dinas dan kunjungan

Adakalanya pegawai perlu melakukan perjalanan dinas dan kunjungan lapangan berkaitan dengan tugas pekerjaan kedinasannya. Tidak mudah mengawasi pegawai yang bekerja di luar lingkungan kantor.

Aplikasi presensi online menawarkan fitur untuk melacak kunjungan pegawai berbasis GPS. 

Mengurus klaim reimbursement tanpa ribet

Klaim reimbursement tanpa ribet

Pegawai bisa mengajukan klaim reimbursement untuk mengganti uang pribadi yang digunakan saat memenuhi kebutuhan dinas. Bagi bagian keuangan dinas, pengelolaan reimbursement ini harus dikelola dengan baik, karena menyita waktu dan melelahkan. 

Dengan aplikasi presensi pegawai, sistem reimbursement diotomatisasi sehingga tidak pegawai hanya perlu menyimpan dan mengunggah dokumen pengeluaran serta bukti pembayaran.

Baca Juga: Cara Klaim Reimbursement Karyawan

Tidak membutuhkan tenaga dan biaya yang besar

Sistem presensi online menghemat biaya dan tenaga

Sistem absensi manual dan mesin fingerprint membutuhkan banyak tenaga dan biaya dalam mengoperasikan dan merekap data akhirnya.

Dengan aplikasi presensi pegawai, beban kerja dalam mengelola kehadiran pegawai dapat berkurang. Sistem presensi akan mengatur segala data kehadiran termasuk cuti, lembur, dan izin dengan cepat dan akurat.

Hadirr sebagai Rekomendasi Aplikasi Presensi Pegawai Terbaik

sistem presensi pegawai
Tim Hadirr dengan salah satu pegawai Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT)

Diperlukan pertimbangan yang teliti saat memilih aplikasi presensi pegawai yang cocok untuk kebutuhan kantor Anda. Aplikasi presensi pegawai Hadirr dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan pengelolaan kehadiran dan produktivitas pegawai.

Inilah fitur-fitur yang dimiliki oleh Hadirr untuk membantu Anda :

  • Presensi pegawai online. Cara menggunakan mesin presensi pegawai Hadirr adalah absen selfie yang didukung oleh teknologi deteksi wajah dan deteksi lokasi berbasis GPS. Pegawai cukup melakukannya pada ponsel masing-masing.
  • Reimbursement online. Pegawai dapat mengajukan klaim reimbursement secara online dengan mengunggah foto bukti pembayaran dan dokumen berkaitan untuk diproses oleh bagian keuangan.
  • Pengelola lembur. Fitur ini mengelola proses pengajuan lembur pegawai dan merekap data lembur mereka saat harus menyelesaikan tugas dinas yang mendesak di luar jam kerja.
cta aplikasi absensi kehadiran

Salah satu contoh lembaga pemerintahan yang telah menggunakan Hadirr untuk mengelola presensi pegawai secara online, aman, dan akurat adalah Badan Pelaksana Otorita Danau Toba, sebuah satuan kerja di bawah Kemenparekraf. 

Baca Juga: Ini Aplikasi Absensi Pegawai di BUMN

Contoh lembaga lainnya adalah Baznas, Komnas HAM, Lembaga Sensor Film, DPD RI, serta Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban.  

Tak hanya lembaga pemerintahan, Hadirr juga digunakan oleh perusahaan untuk mengelola aktivitas penjualan, melalui fitur Hadirr sales.

Hadirr sangat direkomendasikan karena banyak fitur yang ditawarkan dan dilindungi sistem keamanan berlapis, sehingga penegakan disiplin kerja pegawai dapat dilakukan dengan baik.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.