Bisnis restoran dan bisnis kafe merupakan bisnis makanan yang menjanjikan di Indonesia. Kebutuhan akan makanan membuat bisnis ini tidak pernah mati. Apalagi usaha food and beverage (F&B) saat ini bukan lagi soal memenuhi kebutuhan pencernaan saja, tapi juga termasuk gaya hidup seperti kebutuhan akan tempat makan yang nyaman dan menarik saat diunggah di media sosial.

Baca Juga: Cara Sukses Jualan Minuman Sehat Ala Yuliana Fresh Juice

Tak heran, saat ini banyak sekali bisnis restoran dan kafe di setiap daerah. Dalam membangun bisnis restoran dan kafe agar sukses, setiap pelaku usaha F&B harus jeli dalam melihat peluang, berinovasi dan tetap up to date. Strategi bisnis restoran yang baik diperlukan karena menentukan dalam menarik perhatian dan meningkatkan kepuasan pelanggan.  

Salah satu restoran yang cukup terkenal di kawasan Tangerang Selatan, yaitu Piro Resto & Cafe. Restoran yang bertagline ‘Berani Piro’ ini belum lama berdiri yaitu pada 2020 lalu, tepatnya berlokasi di Pumalang dengan konsep modern. Diawali dengan masih belum banyaknya tempat yang bisa mengakomodasi acara dan live music di Pumalang, Piro Restaurant & Café pun dibuat dengan konsep makanan yang beragam dan sejumlah fasilitas yang sayang untuk dilewatkan.

Meskipun COVID-19 memberikan dampak penurunan ekonomi bagi pelaku bisnis restoran dan kafe, namun tak lantas menyurutkan semangat Piro Restaurant & Cafe untuk terus berinovasi. Restoran dan kafe tetap dibuka dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat seperti penutupan operasional lebih awal, social distancing, penyediaan hand sanitizer dan pengecekan suhu setiap pengunjung yang datang. Pelanggan bisa memilih duduk di area outdoor Piro yang luas untuk mencegah penyebaran virus. Pemesanan makanan delivery dan takeaway juga tersedia agar kamu bisa menikmati makanan Piro Restaurant & Cafe dari rumah.

Melihat prospek bisnis F&B di Indonesia yang akan terus berkembang dalam jangka waktu yang panjang, Piro Restaurant & Cafe tetap optimis dan berkomitmen untuk terus memuaskan pelanggannya.

Sebagai salah satu usaha yang tengah berkembang pesat, Piro Restaurant & Cafe membagikan tips bisnis makanan restoran dan kafe dalam mempertahankan produktivitas bisnis F&B di masa pandemi, salah satunya adalah pengelolaan sumber daya manusia. Hal ini dikarenakan kualitas pelayanan pengunjung dan pelanggan yang baik dipengaruhi oleh pengelolaan karyawan yang baik juga. Oleh karena itu, Piro Restaurant & Cafe memercayakan aplikasi absensi Hadirr dalam pengelolaan kehadiran karyawan.    

Baca Juga: Tips Sukses Bangun Bisnis Salon dari Osalon

Hadirr merupakan aplikasi absensi berbasis web (e-absensi) & reimbursement online yang dapat digunakan untuk memantau kehadiran karyawan dan mendata karyawan absen. Piro Restaurant & Cafe mengakui bahwa pengelolaan karyawan menjadi lebih mudah karena bisa mengatur jadwal shift karyawan dan memantau kedisiplinan karyawan.

Dengan aplikasi Hadirr, membuat shift karyawan dan memantau kedisiplinan karyawan jadi lebih mudah. Pengelola tidak harus berada di tempat untuk memastikan karyawan datang tepat waktu, karena semua data tersimpan di cloud dan bisa di akses di mana saja, dan ini sangat cocok untuk pengelola yang mau bekerja di rumah untuk mencegah penyebaran virus. Selain itu, fitur ini juga sangat cocok untuk perusahaan mempunyai banyak karyawan atau mempunyai cabang di berbagai tempat.”

– Alvin Solihin, Head of Business Development Piro Resto & Cafe

Sistem absensi online dengan yang dimiliki Hadirr mendukung penerapan protokol yang baik di masa pandemi. Absensi dilakukan dengan cara mengambil swafoto (absen selfie) di handphone. Teknologi face recognition dan Global Positioning System (GPS) memungkinkan pencatatan kehadiran karyawan dilakukan secara real time sesuai lokasi yang ditentukan perusahaan.

Pemilik usaha tidak perlu lagi harus berada di tempat usaha untuk memastikan karyawan datang tepat waktu. Semua data tersimpan di cloud sistem Hadirr dan bisa diakses di mana saja sehingga cocok juga untuk pekerja yang melakukan work from home. Tidak perlu khawatir lagi, operasional bisnis F&B pada masa pandemi bisa dijalankan secara efektif dan efisien sehingga bisa fokus untuk inovasi-inovasi baru bisnis berikutnya.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

Writer: Yosie Rizkha Amaf