Fitur Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) belakangan ini semakin marak digunakan untuk meningkatkan sales oleh banyak industri di Indonesia. Bagaimana tidak, aplikasi CRM dapat meng-automasi banyak hal yang sebelumnya membutuhkan banyak waktu dan tenaga kerja.

Dengan berbagai fitur CRM yang ada, bisnis akan terbantu untuk melacak, menyimpan data pelanggan hingga mengelola komunikasi antara pelanggan dan bisnis.

Selain itu, berbagai fitur aplikasi CRM yang canggih juga akan dapat membantu perusahaan tumbuh lebih cepat, efektif, dan efisien dalam proses sales.

Karena dengan aplikasi CRM, manajemen sebagai puncak organisasi dapat memonitor kinerja tim utamanya sales, lebih mudah dan akurat, sehingga arah strategi sales menjadi lebih tepat untuk direncanakan.

Fitur-Fitur CRM yang Penting di Aplikasi Sales

Untuk lebih jelasnya, berikut fitur-fitur aplikasi CRM dan bagaimana manfaatnya untuk pertumbuhan sales bisnis Anda.

1. Manajemen data pelanggan

Manajemen data pelanggan adalah salah satu fitur CRM kunci yang tersedia dalam aplikasi CRM. Fitur ini akan membantu Anda dalam mengatur data pelanggan dan mengelompokkannya sesuai kebutuhan tim sales Anda. Selain itu, Anda dapat menambahkan berbagai informasi yang berhubungan dengan masing-masing pelanggan.

Baca Juga: Pentingnya Software CRM dalam Bisnis

Dengan begitu, ketika Anda ingin melakukan penawaran (offering) atau kampanye pemasaran (marketing campaign), strategi sales Anda akan lebih terarah dan dapat menyesuaikan berdasarkan target pelanggan yang telah dikelompokkan.

2. Visualisasi tahap-tahap sales (sales pipeline)

aplikasi sales canvassing
Aplikasi monitoring sales pipeline – Hadirr

Berdasarkan riset, fitur sales pipeline menjadi salah satu fitur yang paling diminati dalam penggunaannya. Fitur ini akan membantu keseluruhan tim untuk memantau proses tiap calon pelanggan atau pelanggan setia dalam proses sales yang sedang berjalan.

Meskipun bisa dibuat secara manual dengan aplikasi excel ataupun spreadsheet, sayangnya kedua aplikasi tersebut masih belum bisa seramah dan se-fleksibel software CRM. Utamanya dalam penambahan informasi di tiap tahapan sales.

3. Dasbor sales admin

Dalam fitur ini, sales admin akan terbantu dalam melihat dan memonitor proses sales yang sedang berjalan dengan visual yang menarik dan mudah dipahami.

Sales admin tidak lagi harus repot mengunduh data laporan sales satu persatu untuk mendapatkan real-time laporan sales.

4. Monitor kinerja individu sales

Hadirr sales
Fitur Hadirr sales dan sales visit aplikasi Hadirr | Hadirr

Salah satu isu yang cukup kencang dalam departemen sales adalah isu performa atau kinerja sales dalam bekerja. Dengan adanya fitur ini, setiap individu sales akan terpantau dengan jelas kinerja dalam bentuk data digital.

Di beberapa aplikasi sales bahkan tersedia fitur untuk melihat posisi sales, durasi kunjungan sales hingga biaya yang sales keluarkan selama kunjungan.

5. Analisa data sales

Manajer ataupun supervisor dapat memantau seluruh proses sales yang berjalan dengan adanya fitur analisa data di dasbor CRM. Sehingga, sales manager tidak perlu lagi untuk menghubungi satu per satu tim sales untuk menanyakan progress tiap pelanggan.

Dengan adanya fitur analisa data sales ini, manajer cukup melihat data individu sales dan membaca proses penjualan tiap individu.

6. Aplikasi CRM versi mobile

fitur CRM

Dengan majunya teknologi saat ini, aplikasi CRM juga dibuat versi mobile. Sehingga dapat memantau tim sales lapangan dalam membuat laporan kunjungan langsung dari ponsel pribadinya, tanpa harus menunggu saat dan tempat yang tepat untuk membuka laptop atau komputer membuat sales report.

7. Kustomisasi informasi dan pipeline sales

Dengan tersedianya fitur kustomisasi informasi dan pipeline sales, departemen penjualan di perusahaan dapat dengan mudah menentukan dan mengatur SOP penjualan bagi tim sales. 

Baca Juga: 5 Contoh OKR Sales dan Aplikasi Pendukung

Fitur kustomisasi ini juga akan dapat membantu tim lapangan untuk menambahkan segala informasi yang didapatkan saat melakukan kunjungan.

Seluruh informasi akan terdokumentasi secara digital dan proses tahapan penjualan pun menjadi lebih rapi. Maka dari itu pilihlah aplikasi CRM yang menyediakan fitur ini.

8. Unduh data penjualan

Meskipun banyak aplikasi CRM sudah melakukan penyimpanan secara digital di cloud. Anda tetap harus mempunyai cadangan penyimpanan untuk dokumentasi internal perusahaan.

Pastikan software CRM yang Anda gunakan dapat mengunduh seluruh data laporan sales dalam waktu yang cepat.

9. Monitor dan evaluasi KPI sales

Akhirnya, dengan berbagai fitur yang tersedia, ujung-ujungnya target sales lah yang menjadi landasan akhir. Dengan adanya fitur ini, Anda sebagai pimpinan organisasi akan lebih mudah mengatur KPI karyawan. Di mana sesuai untuk tim sales dan memantau pencapaian tim terhadap KPI yang telah ditetapkan di dalam software CRM.

Baca Juga: Cara Membuat Sales Plan untuk Meningkatkan Performa Penjualan

Aplikasi CRM Terbaik untuk Pertumbuhan Bisnis Anda

aplikasi sales canvassing
Aplikasi sales canvassing Hadirr | Hadirr

Tentu tidak mudah mencari fitur lengkap aplikasi CRM seperti yang telah disebutkan di atas. Namun, saat ini telah tersedia aplikasi CRM Hadirr yang lengkap dan terjangkau untuk mendukung pertumbuhan bisnis Anda.

Terdapat di dalam modul Hadirr Sales, seluruh kinerja tim sales Anda akan terpantau secara akurat dan digital. Dari kunjungan sales (sales visit), absensi sales, lokasi dan durasi kunjungan sales, hingga reimbursement sales

Dengan bantuan aplikasi CRM Hadirr, seluruh laporan sales akan lebih mudah diakses dan dipahami dari mana saja dan kapan saja. Karena aplikasi Hadirr telah berbasiskan penyimpanan di “awan” (cloud).

Gunakan seluruh fitur aplikasi Hadirr dan juga modul Hadirr Sales untuk mendukung pertumbuhan bisnis yang lebih maksimal.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.