Cara memulai bisnis F&B yang paling utama adalah Anda harus melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi peluang bisnis.

Kita tahu bahwa saat ini bisnis food & beverages (F&B) sedang banyak digandrungi di kalangan masyarakat. Berbagai macam inovasi makanan dan minuman membuat bisnis F&B semakin populer di kalangan pengusaha. 

Banyaknya bisnis F&B membuat kompetisi industri F&B menjadi semakin sulit. Anda harus memastikan agar produk yang Anda jual tidak hanya memiliki nilai yang unik, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan konsumen, agar konsumen bisa terus melakukan pembelian.

Tips Memulai Bisnis F&B

Bisnis Food & Beverage

Bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis F&B, kami memiliki beberapa tips yang membuat bisnis Anda sukses dengan laba yang fantastis. 

1. Tentukan target pasar

Cara memulai bisnis F&B yang paling utama adalah Anda harus melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi peluang bisnis yang menarik.

Riset pasar ini penting dilakukan untuk mengetahui siapa target konsumen Anda dan bagaimana kompetisi yang ada di luar.

Sebaiknya pertimbangkan tren makanan dan minuman terkini, dengan mengutamakan preferensi konsumen dan kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar.

2. Buat rencana bisnis yang matang 

Untuk menyukseskan perkembangan F&B di Indonesia. Anda harus membuat rencana bisnis dengan pertimbangan yang matang.

Sebaiknya, buatlah rencana bisnis yang komprehensif. Tentukan tujuan bisnis Anda, target pasar, produk atau layanan yang akan Anda tawarkan, strategi pemasaran, dan perkiraan keuangan.

Rencana bisnis yang baik akan membantu Anda mengarah ke langkah-langkah selanjutnya yang akan mendekatkan Anda pada keuntungan yang menjanjikan. 

3. Kembangkan konsep yang unik dan fresh  

Ketika ingin memulai bisnis ini, pastikan Anda harus memiliki ide bisnis F&B yang unik dan fresh. Ciptakan konsep unik untuk bisnis F&B Anda.

Fokus pada keunikan produk atau layanan yang akan menarik untuk memikat perhatian konsumen.

Anda juga harus mempertimbangkan beberapa faktor lain seperti tema, kualitas produk, pengalaman pelanggan, dan konsistensi merek. 

4.Tentukan lokasi yang strategis

Pemilihan lokasi merupakan strategi bisnis F&B yang juga tak kalah penting. Ketika membuka bisnis F&B, Anda harus bisa memilih lokasi yang strategis untuk bisnis Anda.

Untuk menentukan lokasi strategis, baiknya pertimbangkan faktor-faktor seperti aksesibilitas, visibilitas, dan keberadaan target pasar di sekitar lokasi.

Pastikan juga mempertimbangkan regulasi dan izin yang diperlukan untuk beroperasi di tempat tersebut. 

Baca Juga: Tren Bisnis 2023: Go Digital untuk Profit Maksimal

cta F&B

5. Bangun hubungan bisnis dan jejaring industri

Cara memulai bisnis F&B yang selanjutnya adalah Anda harus menjalin hubungan dengan pemasok, distributor, dan pemangku kepentingan lain dalam industri F&B.

Kerjasama yang baik dengan mitra bisnis akan membantu Anda mendapatkan bahan baku yang berkualitas, dengan harga yang kompetitif, dan dukungan yang positif dalam menjalankan bisnis Anda.

Adanya hubungan baik dengan mitra bisnis akan mempermudah Anda untuk mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.   

6. Atur keuangan dengan baik

Untuk memulai bisnis F&B pastikan Anda menentukan anggaran awal yang realistis. Hitung biaya operasional, biaya inventaris, gaji karyawan (jika ada), dan biaya pemasaran.

Pastikan Anda memiliki sumber dana yang memadai untuk meluncurkan dan menjalankan bisnis Anda hingga balik modal.

Perhitungan keuangan menjadi komponen yang paling kruisal, karena itu Anda harus membuat perhitungan yang matang.

untuk berjaga-jaga usahakan Anda memiliki dana darurat di luar dana pokok.  

7. Buatlah citra merek yang unik dan khas 

Strategi bisnis F&B yang menjanjikan berikutnya adalah Anda harus bisa membuat citra merek yang unik dan khas.

Perhatikan branding dan citra merek Anda. Buatlah logo yang menarik dengan warna dan bentuk yang mudah diingat.

Desain kemasan dengan bentuk yang menonjol dan buatlah strategi pemasaran yang efektif untuk membangun kesadaran merek (awareness).

Jaga konsistensi merek Anda dalam semua aspek bisnis, termasuk produk, layanan, dan komunikasi dengan pelanggan.

8. Prioritaskan pelayanan pelanggan yang baik 

Langkah memulai bisnis F&B berikutnya adalah dengan memprioritaskan pelayanan pelanggan yang baik.

Pelanggan yang merasa puas akan cenderung kembali dan merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Baiknya berikan pelatihan atau training kepada karyawan Anda untuk memberikan pengalaman yang positif dan mengutamakan kepentingan pelanggan.

9. Manfaatkan kehadiran platform online untuk marketing

Salah satu strategi yang juga tak kalah penting dalam membuka bisnis F&B yaitu dengan memanfaatkan kekuatan media sosial dan platform online untuk memperluas jangkauan dan mempromosikan bisnis Anda.

Buatlah profil media sosial yang menarik, bagikan konten yang relevan, dan berinteraksi dengan pelanggan Anda secara online.

Buatlah konten-konten yang berkelanjutan dengan konsep yang konsisten agar bisnis F&B Anda terkesan professional. 

Itulah beberapa cara jitu memulai bisnis yang menjanjikan, memulai bisnis F&B memang bukan perkara yang mudah.

Anda harus mempersiapkan berbagai cara agar bisnis dapat berjalan dengan maksimal. Selain persiapan produk, Anda juga harus memiliki strategi untuk mengatur karyawan.

Kami memiliki rekomendasi aplikasi yang dapat menjadi solusi untuk mendukung bisnis Anda. 

Baca Juga: 10 Tips Menjalankan Bisnis Franchise yang Wajib Dipahami

Aplikasi Pendukung Bisnis F&B Terbaik di Indonesia

Aplikasi HRIS Online

Hadirr merupakan aplikasi pendukung bisnis online yang berbasis cloud, dengan keunggulan dapat mengatur segala kebutuhan karyawan secara lebih praktis, ekonomis, dan efisien.

Hadirr sebagai aplikasi absensi online karyawan, memiliki fitur yang memudahkan karyawan dalam melakukan pencatatan kehadiran online

Karyawan Anda hanya perlu melakukan selfie untuk absen, lalu secara otomatis waktu kehadiran dan lokasi akurat dapat tercatat di portal admin. 

Anda juga bisa mengelola shift kerja karyawan dengan Hadirr melalui fitur shift kerja. Dengan fitur ini, pengelolaan shift kerja karyawan jadi lebih mudah.

Ada juga fitur timesheet, yang bisa menjadi solusi untuk melakukan pencatatan daftar kerja secara online. Ayo dukung bisnis F&B Anda dengan Hadirr agar mendapat keuntungan yang lebih menjanjikan.    

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Selain Hadirr, aplikasi Gadjian juga akan sangat membantu Anda dalam mendukung bisnis.

Dengan Aplikasi Payroll Gadjian, Anda dapat melakukan hitung penggajian, tunjangan, bonus, hingga BPJS karyawan tanpa ribet. 

Gadjian yang terintegrasi dengan Hadirr akan mengkalkulasikan data kehadiran, lembur, dan shift untuk selanjutnya dihitung dengan kalkulator Gadjian.

Secara otomatis perhitungan gaji karyawan beserta tunjangan, bonus, dan pajak PPh-21 dapat terhitung dengan akurat. Slip gaji karyawan akan terkirim pada akun seluruh karyawan dan dapat diunduh dengan mudah. 

Dengan keunggulan ini, Anda akan meminimalisir terjadinya kesalahan yang dilakukan manusia (human error).

Dengan Gadjian, perhitungan gaji lebih akurat efektif dan efisien tanpa adanya kesalahan. 

Coba Gadjian Sekarang

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group