kelemahan absen wajah Kelemahan Absen Wajah di Android | Hadirr

Kelemahan Absen Wajah di Android

Beberapa pemerintah daerah di Indonesia mulai menerapkan sistem pencatatan presensi dengan cara scan wajah di aplikasi absen Android untuk meningkatkan kedisiplinan dan kinerja pegawai mereka. Namun, dengan penerapan sistem e-absen berupa scan wajah ini masih memiliki beberapa kelemahan sehingga seringkali tidak berjalan lancar.

Berikut beberapa contoh masalah atau kendala yang umum dihadapi oleh pemerintah daerah dalam penerapan absen wajah:

Baca Juga: 7 Keunikan Aplikasi Absensi Online Berbasis Web

Pembuatan Aplikasi Absen Wajah Memakan Waktu Lama

Aplikasi in-house atau buatan sendiri bukan berarti tanpa risiko. Membangun aplikasi absen dengan teknologi pindai (face recognition) bukanlah hal yang mudah karena teknologi ini menggunakan teknologi baru.

Fase trial and error harus dilalui sehingga masa pembuatan aplikasi memakan waktu yang relatif lama. Ditambah lagi jika bekerja sama dengan pihak lain dan ada kendala dalam perjanjian kerjasama penerapan absensi scan wajah. Hal ini menyebabkan implementasi sistem tertunda.

Baca Juga: 5 Fakta Sistem Keamanan Data Absensi Karyawan

Gangguan Penggunaan Aplikasi

Rumitnya teknologi yang digunakan dapat menyebabkan penerapan aplikasi tidak berjalan lancar. G-Absensi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Buleleng mengalami kendala dengan keluhan aplikasi absensi yang di-install pada ponsel Android belum berfungsi secara optimal.

Absen wajah masih sering bermasalah sehingga tunjangan kinerja sebesar 0,3 sampai 3 persen dipotong dari tunjangan pegawai. Sistem pun harus di-backup manual untuk mengantisipasi adanya gangguan saat mencatat kehadiran pegawai.

Gagal Implementasi Absen Wajah

Kegagalan implementasi dapat terjadi diluar faktor sistem, yaitu keengganan penggunanya dalam mengubah kebiasaan. Zona nyaman pegawai terusik dengan adanya perubahan sehingga menimbulkan resistensi.

Adanya sistem baru yang digunakan mungkin mempersempit “ruang gerak” bagi pegawai untuk mengakali sistem. Penerapan aplikasi ini pada akhirnya harus dibarengi dengan regulasi ketat supaya dapat diterapkan secara efektif.

Baca Juga: Kumpulan Testimoni Aplikasi Absensi Online Hadirr

cta surat sp

Karena memiliki beberapa kelemahan dan berisiko tinggi, dibandingkan membangun aplikasi absen wajah sendiri, lebih baik jika pemerintah mengadopsi aplikasi yang sudah teruji seperti Hadirr: kehandalan aplikasi teruji di ribuan perusahaan, biaya terjangkau dan implementasi cepat.

Aplikasi Absensi Online Hadirr
author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *