Masuk di era digital, sudah menjadi tren kekinian dalam pengelolaan HR menggunakan bantuan aplikasi HRD di Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari semakin tingginya tuntutan pekerjaan dan meningkatnya kompleksitas masalah yang dihadapi oleh departemen pengelolaan sumber daya manusia.

Dengan bantuan aplikasi HRD, sebagian masalah yang biasa membuat para praktisi HR harus fokus dan banyak meluangkan waktu dapat diselesaikan dalam waktu singkat.

Rekomendasi Aplikasi HRD Indonesia

aplikasi hrd indonesia

Saat ini tersedia banyak pilihan aplikasi HRD Indonesia yang dapat Anda gunakan.

Berikut ini 8 rekomendasi aplikasi HRD yang dapat membantu Anda untuk mempersingkat hal-hal yang membutuhkan waktu banyak, utamanya dalam administrasi pengelolaan sumber daya manusia.

1. Aplikasi Absensi Online, Hadirr

aplikasi absensi online hadirr
Aplikasi absensi online Hadirr | Hadirr

Aplikasi Hadirr menjadi salah satu aplikasi unggulan HR untuk mengelola kehadiran karyawan dan juga monitor produktivitas karyawan.

Dengan aplikasi absensi online Hadirr, karyawan dapat mencatatkan kehadirannya melalui aplikasi di ponsel pribadinya dan juga melaporkan apa saja pekerjaan atau tugas yang dikerjakan setiap harinya.

Baca Juga: 9 Tugas HRD Perusahaan, Fungsi dan Tanggung Jawabnya

Dengan adanya aplikasi ini, bagian HRD akan terbantu untuk memantau kehadiran karyawan karena seluruh data kehadiran karyawan secara otomatis akan masuk ke dalam dasbor khusus yang dapat diakses oleh admin HRD.

Selain itu, bagian HRD juga akan lebih mudah kelola lembur karyawan dan jadwal shift kerja karyawan. Karena seluruh waktu kerja karyawan dapat tercatat secara rapi dan digital dalam aplikasi Hadirr.

2. Aplikasi Manajemen SDM & Penggajian, Gadjian

aplikasi hris gadjian
Aplikasi HRIS Gadjian

Aplikasi Gadjian adalah aplikasi manajemen SDM dan penggajian terbaik di Indonesia. Aplikasi ini menghemat waktu pengelolaan administrasi HRD hingga 70%. Sehingga bagian HRD dapat lebih fokus kepada hal strategis pengembangan kompetensi SDM dibandingkan urusan administratif.

Fitur-fitur yang akan Anda dapatkan dalam aplikasi manajemen SDM Gadjian antara lain:

  • Perhitungan gaji karyawan secara akurat dan otomatis
  • Kalkulator PPh 21 dan pembetulan otomatis
  • Perhitungan BPJS
  • Kelola cuti, izin, dan sakit karyawan secara digital
  • Pembayaran gaji otomatis
  • Terintegrasi dengan platform pengelolaan benefit karyawan, Payuung.
  • Kelola data kehadiran karyawan
  • Monitor proses rekrutmen karyawan – Applicant Tracking System (GATS) 
  • Modul Manajemen Inventaris Perusahaan (GAGA)

Aplikasi Gadjian juga terintegrasi dengan aplikasi absensi online, Hadirr. Biaya yang ditawarkan pun terjangkau dan fleksibel sesuai dengan jumlah karyawan di perusahaan dan durasi berlangganan yang Anda inginkan.

3. Lever

Aplikasi Lever akan membantu HRD dalam proses rekrutmen karyawan di perusahaan. Lever menggabungkan sistem pelacakan kandidat karyawan dan fungsi CRM (customer relationship management) untuk menemukan dan merekrut karyawan baru.

Aplikasi lever cocok digunakan untuk semua jenis industri. Lever menyediakan tiga solusi dalam proses rekrutmen kandidat karyawan, Lever Hire, Lever Nurture dan Lever Analytics. Untuk berlangganan, terdapat dua paket berlangganan yaitu LeverTRM dan LeverTRM for Enterprise.

4. Jazz HR

Aplikasi JazzHR membantu Anda dalam permintaan pekerjaan, pelacakan kandidat karyawan, penjadwalan interview , penguraian resume, filter latar belakang kandidat karyawan hingga melacak interaksi. Aplikasi ini akan membantu bagian HRD dalam proses rekrutmen dari awal hingga akhir menjadi lebih praktis.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Budget Tahunan HRD

5. Bamboo HR

Aplikasi Bamboo HR menyasar target untuk usaha kecil dan menengah dalam penyelesaian masalah proses rekrutmen. Selain itu, aplikasi ini akan membantu Anda dalam pembuatan template surat penawaran, distribusi surat otomatis dan juga pre- and on-boarding karyawan baru.

6. Zoho Recruit

Zoho Recruit adalah aplikasi yang membantu Anda dalam menangani proses rekrutmen dari mulai permintaan pekerjaan hingga menemukan kandidat karyawan. Aplikasi ini dapat membantu pekerjaan HRD terutama bagian rekrutmen dan juga agen perekrutan, baik untuk karyawan tetap maupun kontrak atau sementara.

Aplikasi perekrutan all-in-one telah diklaim dan dinyatakan oleh Zoho Recruit. Selain karena membantu proses rekrutmen dari hulu ke hilir, Zoho Recruit juga dapat melakukan penyaringan latar belakang kandidat karyawan, penguraian resume hingga kustomisasi penjadwalan wawancara kandidat karyawan. Sehingga, seluruh pekerjaan rekrutmen menjadi lebih mudah dan sederhana.

7. Manatal

Berbasiskan komputasi awan (cloud), aplikasi Manatal cocok digunakan untuk HR perusahaan dan juga agen perekrutan karyawan. Manatal mengkombinasikan ATS (Applicant Tracking System) dengan AI (Artificial Intelligence) yang inovatif.

Aplikasi ini mampu untuk melakukan pelacakan profil kandidat karyawan di media sosial dan memberikan rekomendasi kandidat pilihan serta penilaian yang dijalankan oleh AI.

8. gtHR

Aplikasi gtHR membantu pengelolaan sumber daya manusia menjadi lebih ringkas. Aplikasi ini dapat memproses rekrutmen secara online, mengelola data dan payroll karyawan hingga dokumentasi proses mutasi karyawan.

Selain itu, dalam aplikasi ini juga HRD dapat menganalisa data kandidat karyawan berdasarkan riwayat kerja dan kompetensi yang dimiliki oleh kandidat karyawan.

Gadjian dan Hadirr, Kombinasi Aplikasi HRD Terbaik Indonesia

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Melihat dari berbagai rekomendasi yang ada, Anda dapat menggunakan aplikasi kahadiran karyawan Hadirr untuk dapat mempermudah Anda dalam memonitor serta menganalisa produktivitas karyawan.

Selain yang disebutkan di atas, aplikasi HRD Hadirr juga dilengkapi dengan fitur canggih seperti face recognition dan real time & anti fake GPS

Baca Juga: 9 Program Kerja HRD untuk Optimalkan Produktivitas Karyawan

Jika di perusahaan Anda menerapkan pola penggajian karyawan berdasarkan kehadiran atau shift karyawan dan juga terdapat pembayaran lembur karyawan, maka mengkombinasikan aplikasi Hadirr dengan Gadjian adalah hal yang tepat. 

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Data kehadiran, shift kerja dan lembur kerja karyawan yang tercatat di Hadirr dapat diintegrasikan dengan Gadjian. Sehingga menghitung payroll  karyawan lebih akurat dan bebas salah hitung. 

Selain itu, aplikasi Gadjian juga menyediakan aplikasi mobile employee self service (ESS), GadjianKu. Sehingga karyawan dapat mengakses slip gaji, mengajukan izin, cuti dan sakit, hingga melihat benefit lain yang dimilikinya langsung di aplikasi mobile GadjianKu.

Coba Gadjian Sekarang
Coba Gadjian Sekarang | Hadirr

Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.