Bisnis kafe kopi (coffeeshop) memiliki prospek yang menguntungkan di Indonesia. Selain bahan bakunya yang mudah didapatkan, segmen pasarnya pun beragam. Bukan hanya anak muda yang hobi nongkrong, melainkan pekerja kantoran hingga komunitas. Diberlakukannya peraturan work from home (WFH) juga menjadi kesempatan bagi pebisnis kafe untuk menawarkan tempat bekerja yang nyaman tanpa mengesampingkan protokol kesehatan.

Baca Juga: Raup Cuan dari Bisnis Restoran: Ini Kisah Sukses Piro Resto & Cafe

Sebagai salah satu kota besar di Indonesia, Surabaya tidak mau kalah dengan ibukota Jakarta. Kini, warga Surabaya dimanjakan dengan kafe hits yang menawarkan menu dan suasana yang santai untuk bekerja atau sekedar berbincang bersama kolega serta pasangan. Maraknya kafe-kafe hits dan kekinian menjadi pertanda bahwa peluang bisnis kafe di Surabaya akan terus meningkat. Di tahun 2019, kafe dan restoran di Surabaya turut menyumbang 20% pendapatan pajak daerah.

Food and Beverages adalah bisnis yang tak pernah mati. Perkembangan usaha kuliner di Surabaya dipengaruhi oleh kreatifitas arek arek suroboyo untuk terjun langsung membuat brand baru atau sistem franchise. Dikarenakan tren kuliner terus berkembang dari tahun ke tahun, diperlukan analisa pasar yang kuat dan strategi marketing yang tepat agar sukses membangun kafe hits dan kekinian yang ramai pelanggan. Berikut adalah 5 kafe hits di Surabaya:

 

1. Carpentier Kitchen

kafe hits di surabaya

Tempat ini cocok dijuluki sebagai one stop hangout place, dikarenakan pengunjung dapat bersantai, mengisi perut, sekaligus berbelanja aksesoris dan perlengkapan hunian rumah. Carpentier Kitchen berlokasi di Jalan Untung Suropati No 83, Tegalsari, Surabaya.

Carpentier Kitchen merupakan hasil kolaborasi dari Carpentier dan Ore Store, kafe ini berdiri di atas sebuah rumah yang dibagi menjadi 2 area, yaitu: indoor dan outdoor. Tema yang dibawakan yaitu vintage serta pilihan menu hidangan Asia dan Western membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini.

 

2. Tepi Barat Rumah Kopi 

kafe kekinian di surabaya

Memiliki 2 cabang di Surabaya, Tepi Barat Rumah Kopi (TBRK) tak pernah luput dari pilihan. TBRK merupakan kafe yang bisa dijadikan tempat untuk berkumpul dengan keluarga karena pilihan menunya yang mengusung cita rasa khas Indonesia. Sesuai dengan namanya, coffeeshop ini menawarkan suasana ngopi layaknya di rumah sendiri.

Seluruh area TRBK dihiasi dengan ornamen unik, seperti makrame, lampu gantung, kerajinan kayu, serta sofa yang empuk dan tanaman hijau. Selain bersama keluarga, TRBK bisa dijadikan alternatif tempat bekerja karena suasananya yang tenang.

 

3. Satu Rasa Kopi

kafe kekinian satu rasa kopi

Baru setahun berdiri, Satu Rasa Kopi berhasil memikat pengunjung dengan olahan kopi dan interiornya yang mirip dengan suasana kota Bali. Satu Rasa Kopi berlokasi Jl. Karimata No. 1 Ngagel, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya, Jawa Timur. Kafe ini buka sejak pukul 1 siang hingga 10 malam.

Harga minumannya dibandrol antara 15 ribu hingga 35 ribu rupiah, tidak terlalu mahal namun tetap mengedepankan kualitas rasa dari setiap cangkirnya. Selain menjadi tempat hangout, Satu Rasa Kopi juga sering dijadikan area photoshoot karena desainnya yang unik.

 

4. Eiger Kopi Tropical

kafe kekinan eiger kopi tropical

Selain menjual perlengkapan olahraga outdoor, Eiger tak mau melewatkan peluang berbisnis kedai kopi di berbagai daerah di Indonesia termasuk Surabaya. Meskipun memiliki banyak cabang, Eiger Kopi tetap mengutamakan kualitas para staf dan barista yang dapat dimonitoring langsung melalui aplikasi absensi online. Sehingga pengunjung yang datang akan dilayani senyaman mungkin.

Untuk menarik para pecinta kopi, Eiger sering memberikan promo dan paket bundling berupa minuman, masker, tumbler, hingga biji kopi olahan. Cukup menarik bukan?

 

5. Coffee Toffee

bisnis-kafe-kopi

Berdiri di tahun 2012, Coffee Toffee membawa tagline “Yes, I am drink Indonesian Coffee,” sebagai wujud apresiasi bagi petani lokal. Tak disangka, animo masyarakat begitu tinggi terhadap rasa dan varian menu mereka. Coffee Toffee juga menyajikan minuman non kopi, savoury snack hingga layanan katering.

Kesuksesan bisnis kafe hits dan kekinian ini tak lepas dari strategi dan produktivitas karyawan yang tinggi. SDM memegang peran yang sangat penting bagi kemajuan bisnis mereka. Oleh sebab itu, Coffee Toffee menggunakan aplikasi absensi untuk mengelola kehadiran karyawan.

 

Eiger Kopi Tropical dan Coffee Toffee mempercayakan pengelolaan absensi karyawan mereka dengan aplikasi Hadirr. Hadirr merupakan aplikasi absensi karyawan berbasis web (e-absensi) dengan memanfaatkan teknologi GPS dan validasi pengenalan wajah (face recognition). Kedua teknologi ini memungkinkan pencatatan kehadiran karyawan dilakukan secara real-time dan akurat sesuai lokasi yang ditentukan perusahaan.

Penggunaan Hadirr bisa menghemat biaya operasional bisnis, karena para karyawan cukup absen di smartphone masing-masing. Selain itu, Hadirr menghemat waktu Anda dalam merekap data kehadiran karyawan setiap bulannya. Cukup satu kali klik, Anda sudah dapat mendownload data absensi karyawan sebagai basis dalam menentukan upah mereka.

Baca Juga: Intip Peluang Bisnis Kafe Kopi yang Makin Cuan

Dengan aplikasi Hadirr, Anda dapat memantau produktivitas sumber daya manusia (SDM) karyawan menjadi lebih efisien. Karena kedisiplinan adalah salah satu hal utama yang mempengaruhi kinerja karyawan. Sekarang sudah saatnya Anda fokus untuk mengembangkan atau memulai bisnis dengan biaya operasional yang minimum dengan menggunakan Hadirr

Aplikasi Absensi Online Hadirr