Membangun customer relationship yang baik adalah kunci untuk selalu memenuhi kebutuhan konsumen. Semakin besar upayamu untuk memperbaiki hubungan bisnis dengan pelanggan, semakin besar juga keuntungan yang diperoleh. Mulai dari customer loyalty meningkat, mencegah kehilangan pelanggan, hingga nilai customer lifetime yang lebih tinggi.

Pada dasarnya, mau bisnismu skala besar ataupun kecil, mengelola hubungan baik dengan customer bisa saja dilakukan. Jika masih bingung caranya, yuk simak artikel ini!

Baca Juga: Pentingnya Software CRM dalam Bisnis

Langkah-langkah Membangun CRM 

Panduan Menghitung Customer Retention dengan Benar | Hadirr.

Menerapkan CRM yang efektif adalah langkah pertama yang harus kamu matangkan jika ingin mendapatkan pelanggan setia dan partner bisnis. Namun, memelihara hubungan pelanggan yang baik bisa jadi tugas yang cukup sulit. Jangan khawatir, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

1. Pilih tools CRM yang pas

Menggunakan bantuan teknologi seperti aplikasi dapat membantu memperkuat jenis customer relationship yang kamu jalani di perusahaan. Oleh sebab itu, pastikan alat ini nyaman digunakan tim sales dan staf terkait. Software yang tepat meningkatkan value bisnis yang sebaiknya kamu miliki dari sekarang. 

Karena itu, penting untuk menemukan perangkat CRM yang tak hanya menawarkan beragam fitur, tapi juga yang bisa menjawab kebutuhan operasional bisnis kamu secara keseluruhan. Contohnya, aplikasi Hadirr Sales.

2. Catat semua informasi pelanggan

Nah, setelah punya CRM, catat semua informasi penting tentang pelanggan. Ini bisa membantu tim kamu lebih memahami pelanggan dan lebih dekat dengan mereka. Catat setiap proses yang dilewati sesuai sales funnel di aplikasi. 

Tahap ini penting mengingat kamu perlu melihat interaksi pelanggan secara lengkap, mulai dari chat, preferensi pilihannya, dan lain-lain. Software CRM biasanya sudah komplit dengan fitur analisis data pelanggan sehingga kamu bisa melihat tren dan pola perilaku pelanggan. 

Kalau sudah memahami customer dengan baik, kamu dan tim jadi tahu aspek apa yang harus diperbaiki agar customer experience mereka lebih menyenangkan. Contohnya, penawaran promo yang berlangsung jadi lebih pas dengan interest mereka.

3. Cek juga data pelanggan existing

Data pelanggan existing alias yang sudah ada bisa membantu kamu membangun strategi CRM terutama dalam menganalisis buyer persona. Buyer persona sendiri adalah representasi pelanggan ideal menurut riset pasar dan data existing customer

Ketika memetakan ke dalam beberapa kelompok maka kamu dapat mengenali perbedaan dan ekspektasi pelanggan yang berbeda-beda. Kamu dan tim bisa memprioritaskan kelompok ini dan mulai berkomunikasi dengan mereka. 

Aplikasi CRM biasanya punya fitur auto-follow up yang praktis. Ini bisa bantu kamu tetap terhubung dengan pelanggan tanpa perlu pasang reminder. Jadi, tak akan ada pelanggan yang terlupakan.

4. Tentukan visi dan baseline bisnis

Visi atau tujuan bisnis yang jelas membantu perusahaan untuk meningkatkan customer experience dan penjualan. Dengan begitu, sales manager bisa melacak kemajuan timnya berdasarkan tujuan tersebut.

Selain memiliki tujuan, kamu juga harus menentukan baseline sebagai indikator mengembangkan bisnis. Rekam dan lacak semua data pelanggan yang berhubungan dengan tujuan bisnis kamu. 

Misalnya, jika mau meraih lebih banyak pelanggan, identifikasi dulu jumlah pelanggan dan asal mereka setiap minggunya. Kamu juga bisa meninjau Key Performance Indicator (KPI) untuk menyesuaikan pencapaian dengan tujuan bisnis.

5. Gunakan aplikasi untuk mempermudah kolaborasi dengan tim

Aplikasi CRM yang tepat akan membantu kerja sama tim antar departemen, mulai dari sales, call center, sampai tim marketing. Tapi, menggunakan aplikasi terbaru dan menjalankan visi bisnis bisa membutuhkan waktu adaptasi yang tidak sebentar. Oleh sebab itu, buat jadwal untuk training mereka menggunakan aplikasi tersebut.

Baca Juga: Ampuh! 9 Cara Follow Up Customer Sampai Closing

Tips Meningkatkan Customer Relationship

Meningkatkan Customer Relationship
Sumber: Freepik

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan apa pun jenis CRM yang berjalan di perusahaanmu.

1. Dengarkan pelanggan

Saat berbisnis, tak hanya soal memasarkan dan berpromosi yang perlu diberi perhatian khusus. Mendengarkan feedback pelanggan juga sangat penting dalam menjalin hubungan baik dengan pelanggan. 

Pastikan konsumenmu merasa didengar karena setiap masukan dan kritikannya kamu respons dengan tepat. Kamu bisa menggunakan cara online untuk mendapatkan feedback pelanggan, misalnya dengan membuat polling atau survei di media sosial atau platform online.

Kalau bisnismu punya tim atau staf customer service, beri pelatihan agar mereka dapat berkomunikasi secara efektif dengan konsumen sesuai kebijakan customer relationship management.

2. Tingkatkan standar pelayanan

Supaya konsumen puas dan kembali lagi menggunakan jasa/produk usahamu, kamu perlu meningkatkan standar hingga melebihi ekspektasi pelanggan. Misalnya, menjamin produk pre-order dikirim dalam waktu 1 bulan, tapi produk sudah dikirim dalam waktu 3 minggu. 

3. Mudah dihubungi

Teknologi dan media sosial bukan cuma jadi alat promosi yang efektif, tapi juga platform yang membantu komunikasi dengan pelanggan lebih mudah. Ada berbagai platform online dan media sosial yang bisa kamu manfaatkan, contohnya akun official bisnis di Instagram atau fitur live chat di website resmi.

Ketika konsumen menghubungi, pastikan percakapan berlangsung secara dua arah. Artinya, karyawan kamu menanggapi pertanyaan atau komplain dari pelanggan serta kasih solusi yang tepat dan cepat. Ini adalah contoh customer relationship yang bisa membuat konsumen lebih loyal dengan produk/jasa kamu.

4. Sesuaikan penawaran dengan selera customer

Setiap pelanggan punya selera masing-masing. Nah, sebelum mempromosikan produk/layanan terbaru, coba pelajari apa yang mereka suka. Itu bisa membantu kamu memberikan penawaran yang lebih sesuai dengan preferensi mereka.

5. Berikan apresiasi ke customer setia

Dengan aplikasi customer relationship management, kamu bisa mencari tahu siapa saja pelanggan setia bisnismu. Berikan apresiasi kepada mereka berupa promo khusus, semisal voucher diskon ulang tahun atau merchandise terbatas. 

Kamu juga bisa membuat program loyalty dimana konsumen yang berhasil mengumpulkan reward point hingga jumlah tertentu bisa menukarnya dengan voucher belanja atau produk pilihan. Ini tak hanya membuat konsumen betah menggunakan produk/jasa usahamu, tapi juga berujung positif pada profit.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Repeat Order agar Untung Maksimal

Aplikasi CRM Terbaik untuk Meningkatkan Relasi Pelanggan

cta tugas sales force

Hadirr Sales adalah aplikasi CRM terbaik bagi kamu yang ingin meningkatkan relasi pelanggan lebih baik. Aplikasi ini memiliki bermacam fitur yang bisa memudahkan kerja salesman terutama yang harus bertugas di luar kantor. 

Aplikasi Hadirr Sales membantu sales manager atau pemilik bisnis memantau proses penjualan dan kinerja tim sales dengan mudah. Butuh analisis data pelanggan untuk bantu bikin strategi sales? Bisa! Unduh laporan sales otomatis, mulai dari rekap aktivitas sampai pencapaian target sales bisa langsung kamu cek. 

Selain itu, karyawan sales juga bisa langsung absensi dari aplikasi Hadirr melalui fitur Absensi Online yang berbasis GPS dari lokasi mana pun saat client visit. Dengan bantuan fitur CRM salesman Client Visit/Canvassing, mereka bisa membuat laporan otomatis dan merekam semua aktivitas penjualan di lapangan secara real-time.

Tunggu apa lagi? Tingkatkan customer relationship dengan mencoba Hadirr Sales sekarang.

Aplikasi Absensi Online Hadirr