Menggunakan aplikasi HRD online untuk bisnis tidak hanya memudahkan pekerjaan HR saja, tapi juga memudahkan urusan karyawan. 

Barangkali Anda sudah banyak mendengar kegunaan dari aplikasi HR, mulai dari membantu pencatatan digital kehadiran karyawan, pemantauan kinerja, pengaturan shift dan jadwal kerja, hingga pengelolaan klaim dan gaji.

Nah, apabila Anda masih belum yakin untuk beralih menggunakan aplikasi karyawan karena masih merasa khawatir dengan kelemahan aplikasi, mari mengulik kekhawatiran Anda dan rekomendasi aplikasi hr terbaik yang cocok untuk Anda.

Baca Juga: Absensi Cloud: Teknologi Terkini Andalan HRD di Perusahaan

Kekhawatiran Terhadap Aplikasi HRD Online

Memiliki pertimbangan sebelum menggunakan aplikasi ialah hal yang wajar, sebab Anda memang harus mencari tahu apa kelebihan dan kekurangan aplikasi agar manfaat yang dirasakan maksimal. 

Inilah sederet kekhawatiran kekurangan aplikasi HRD online yang kerap dirasakan oleh pengusaha dan HR :

  • Jaminan keamanan. Keamanan adalah salah satu kekhawatiran terbesar dan sering dipertanyakan, sebab dibutuhkan sistem yang mampu melindungi data sensitif karyawan dan mampu mencegah akses ikut campur dari pihak luar.

  • Faktor biaya. Sebuah dilema bagi perusahaan, terlebih perusahaan kecil, membayangkan seberapa besar biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan awal dan pemeliharaan. 

  • Pengadaan staf. Ketika hendak membuat aplikasi HR mandiri, tidak hanya biaya instalasinya yang besar, perusahaan juga perlu menyewa spesialis IT untuk mengelola sistem.

  • Banyaknya pilihan aplikasi HR yang tersedia. Dirasakan oleh perusahaan yang ingin menggunakan bantuan pihak ketiga, yakni aplikasi yang sudah tersedia dan tinggal pakai. Namun, terlalu banyak pilihan, apalagi jika beda kegunaan, beda aplikasi, makin bingung memilihnya.

  • Sulit digunakan. Karyawan terdiri dari orang-orang lintas usia, dikhawatirkan mereka justru malah kesulitan mengoperasikan aplikasi.

Rekomendasi Aplikasi HRD Online Terbaik untuk Anda

Sekarang Anda sudah tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada solusinya : aplikasi yang aman, terjangkau, praktis dan punya fitur terlengkap yang dibutuhkan HRD. 

Yuk, simak apa saja aplikasinya!

Baca Juga: Tips Manajemen Karyawan yang Bisa Diterapkan Perusahaan

Aplikasi Presensi Hadirr

absensi online karyawan
Aplikasi Absensi Online Karyawan | Hadirr

Software Hadirr merupakan aplikasi absensi kehadiran karyawan dengan beragam fitur, di antaranya :

  • Presensi digital. Monitoring kehadiran karyawan real-time di berbagai lokasi secara akurat. Menggunakan teknologi deteksi lokasi berbasis GPS dan validasi pengenalan wajah biometrik. Karyawan hanya perlu absen selfie saja, lalu HR memberikan approval.

  • Timesheet online. Menghitung waktu kerja karyawan dengan menunjukkan jumlah jam kerja sesungguhnya, sehingga bisa dijadikan pedoman untuk perhitungan gaji, analisis manajemen waktu dan pembagian tugas.

  • Pengatur shift kerja. Mengakomodir pengaturan grup sesuai kebijakan shift kerja yang diterapkan perusahaan secara otomatis, tinggal di-drag dan drop, mudah dipersonalisasikan.

  • Pencatat lembur karyawan. Mengelola proses persetujuan lembur terpusat secara online, mencatatkan data lembur setiap karyawan. Rekapannya bisa diunduh dalam satu kali klik saja. 

  • Client Visit. Meningkatkan produktivitas kerja karyawan lapangan. Lokasi dan waktu kunjungan, tanda tangan digital dan dokumen meeting karyawan lapangan akan dicatat otomatis, Cocok untuk divisi sales.

  • Reimbursement online. Kelola proses pengajuan reimbursement dengan prosedur online, karyawan cukup mengunggah bukti transaksi, bagian keuangan jadi lebih mudah approve klaim karyawan.

  • Lend app. Mencegah kekhawatiran risiko kehilangan dan ketinggalan ponsel hingga bekerja di daerah terpencil, karena satu ponsel bisa digunakan untuk mencatat presensi banyak karyawan.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Aplikasi Payroll Berbasis Web Gadjian

Gadjian adalah aplikasi manajemen SDM dan penggajian berbasis cloud terbaik di Indonesia. Dengan Gadjian, Anda bisa memiliki manajemen HRD yang lebih produktif dan efisien melalui beragam fitur, yaitu :

  • Data personalia. Satu tempat untuk mengelola data administratif karyawan, seperti data pribadi, karier, rekaman kehadiran, detil penggajian dan dokumen karyawan. 

  • Pencatatan absensi. Merekam status kehadiran karyawan, yaitu hadir, mangkir, cuti hingga unpaid leave. Gadjian bisa terintegrasi langsung dengan Hadirr, lebih praktis.

  • Pengaturan pola kerja. Memudahkan pengelolaan jam kerja yang beragam dengan pembuat jadwal shift kerja.

  • Payroll online. Fitur andalan Gadjian! Membantu perhitungan gaji karyawan lengkap dengan komponen penunjangnya, termasuk kalkulasi lembur, THR dan bonus. Didukung fitur pembukuan untuk memudahkan penjurnalan gaji.

  • Pengaturan struktur dan skala upah. Membantu merancang struktur golongan jabatan beserta range pendapatan berdasarkan golongan tersebut. 

  • Kelola sakit, izin dan cuti. Mengakomodasi proses pengajuan dan persetujuan ketidakhadiran karyawan secara cepat, mudah dan hemat kertas.Proses pengajuan lewat Gadjian bisa multi-approval (tidak terbatas persetujuan satu orang saja), disesuaikan dengan struktur organisasi perusahaan.

  • Kelola BPJS dan PPh-21. Membantu perhitungan premi BPJS sekaligus perhitungan PPh 21 untuk tenaga ahli, karyawan tetap maupun karyawan tidak tetap, baik secara bulanan dan tahunan secara otomatis.

  • Analisis kinerja karyawan. Membantu menyediakan data yang dibutuhkan, mulai dari data kompensasi, demografi karyawan, hingga data produktivitas.

  • Rekrutmen karyawan. Satu platform untuk mengatur proses rekrutmen karyawan dari CV review hingga kandidat berhasil direkrut, sangat membantu tim rekrutmen dalam bekerja.

  • Inventaris kantor. Membantu pencatatan, maintenance hingga perhitungan depresiasi aset secara otomatis.

Baca Juga: Tips Praktis Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan

Lengkap banget, kan? Persoalan biaya, Anda bisa menghemat lebih banyak dari yang dialokasikan, sebab sangat terjangkau! Yuk, beralih pakai Hadirr dan Gadjian.

Coba Gadjian Sekarang

Writer: YRA