Digitalisasi UMKM dapat dilakukan dengan beralih menggunakan sistem bisnis online. Misalnya, menjangkau langsung konsumen melalui toko online, marketplace, dan website, menyediakan pembayaran digital dan smart invoicing, hingga mengotomatisasi administrasi bisnis.

Tidak hanya go digital untuk pemasaran produk dan jasa, sebagai seorang business owner atau HR, Anda juga perlu pertimbangkan digitalisasi pengelolaan karyawan UMKM. 

Pentingnya Digitalisasi UMKM dalam Pengelolaan Karyawan dalam Bisnis Anda

aplikasi umkm
Digitalisasi UMKM melalui Aplikasi UMKM

Masalah UMKM saat ini utamanya berkaitan dengan kualitas dan produktivitas SDM (sumber daya manusia). Dalam mewujudkan UMKM digital, Anda perlu memerhatikan urusan pengelolaan karyawan, seperti pengelolaan data dan kegiatan operasional mereka.

Baca Juga: Kumpulan Testimoni Aplikasi Absensi Online Hadirr

Setiap bulannya, Anda akan dihadapkan pada rutinitas yang sama, mulai dari memproses perhitungan penggajian, pengajuan cuti, klaim reimbursement hingga pemberian kompensasi. Waktu Anda akan habis untuk mengerjakan tumpukan berkas administratif, padahal bisnis yang go digital mengedepankan efisiensi bekerja.

Di samping itu, semakin ramai UMKM Anda, maka operasional dan skala bisnis pun perlu ditingkatkan, contohnya dengan penambahan karyawan. Aktivitas mereka akan padat, bahkan perlu adanya pengaturan pola kerja, apalagi jika Anda berniat ingin ekspansi bisnis.

Pengelolaan karyawan tidak mudah dilakukan, namun kini sudah ada solusi digitalnya, yaitu menggunakan aplikasi UMKM seperti software HRIS (Human Resource Information System) yang dirancang khusus untuk membantu Anda menangani permasalahan kepersonaliaan.

Keuntungan Menggunakan Sistem HRIS untuk UMKM

aplikasi untuk umkm
Aplikasi HRIS untuk UMKM

Bagaimana peran aplikasi human resource mendukung pengembangan UMKM Anda? Simak beberapa keuntungan menggunakan sistem HRIS berikut.

Meningkatkan efisiensi operasional

Saat menggunakan aplikasi HRIS, pekerjaan administratif Anda akan diotomatisasi. Anda akan merasakan kemudahan perhitungan penggajian, approval ketidakhadiran dan klaim, pengaturan shift hingga pengambilan presensi dalam satu aplikasi.

HRIS meningkatkan efisiensi beban kerja Anda. Waktu yang digunakan untuk bekerja manual akan terpangkas dan jadi lebih hemat kertas juga. Sekarang, Anda bisa fokus meningkatkan kapasitas SDM sekaligus profit bisnis!

Praktis dan mudah digunakan

Meski sekilas terdengar rumit, nyatanya aplikasi HRIS praktis banget! Anda bisa menikmati layanannya melalui smartphone pribadi. Tinggal unduh, lalu instalasi. Tampilannya pun juga ramah pengguna. Jadi, jika Anda memiliki karyawan dari berbagai usia, tidak perlu khawatir lagi, HRIS mudah digunakan.

Karena berbentuk aplikasi, Anda bisa manfaatkan HRIS yang multi-purpose untuk membuat pekerjaan jadi lebih praktis. Penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan UMKM.

Minim human error

Kegiatan yang dilakukan rutin setiap bulan namun selalu sensitif adalah penggajian. Anda perlu berhati-hati memasukkan data kehadiran dan lembur karyawan, agar tidak salah hitung. Sebab, akibatnya bisa fatal, lho.

Rekap manual data karyawan lewat Excel rawan human error, sehingga Anda membutuhkan HRIS untuk merekap dan menghitung otomatis data tersebut. Data rekap yang dilakukan sistem lebih akurat.

Sistem penggajian menjadi otomatis

Keunggulan sistem HRIS ialah dalam hal perhitungan penggajian. Anda bisa kelola perhitungan upah, pajak, tunjangan, bonus dan kompensasi secara online, Pendistribusiannya pun bisa otomatis dalam sekali klik.

Karena data-data tersebut riskan sekali dan harus dijaga, maka HRIS didukung oleh sistem keamanan berlapis dan teknologi penyimpanan cloud, tak perlu khawatir dengan data karyawan Anda.

Lebih bebas mengembangkan bisnis 

Saat Anda sudah tidak dipusingkan lagi oleh urusan pengelolaan karyawan dan administratif, maka Anda bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis UMKM digital. Cobalah berbagai strategi marketing terbaru, mengembangkan produk dan menjangkau lebih banyak calon konsumen. 

Fitur Lengkap Hadirr dan Gadjian sebagai Solusi Digital UMKM Anda

Sekarang Anda sudah mengetahui bagaimana HRIS akan membantu bisnis Anda. Saatnya memilih aplikasi yang tepat untuk Anda. Dalam memilih, perhatikan kelengkapan fitur yang dimiliki, apakah multi-purpose atau tidak.

Baca Juga: Cara Membuat dan Contoh Laporan Absensi Karyawan

Aplikasi untuk UMKM yang sangat direkomendasikan adalah Hadirr dan Gadjian. Fitur yang ditawarkan memiliki berbagai manfaat bagi para pelaku UMKM seperti yang sudah disebutkan di atas.

Hadirr adalah aplikasi HRIS yang menyediakan fitur untuk absensi digital karyawan, mengatur pembagian shift kerja, dan mengelola klaim reimbursement online

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Data yang disimpan dalam Hadirr terintegrasi dengan aplikasi payroll Gadjian. Anda bisa menikmati layanan seperti fitur hitung gaji, fitur kelola PPh 21, fitur hitung THR, dan fitur kelola BPJS secara online.

Sudah banyak business owner dan HRD yang mengandalkan sistem HRIS Hadirr dan Gadjian untuk membantu bisnis mereka, sekarang giliran Anda untuk beralih juga!

Coba Gadjian Sekarang

Writer: Yosie Rizkha Amaf