tugas hrd

9 Tugas HRD Perusahaan, Fungsi dan Tanggung Jawabnya

HRD menjadi salah satu divisi di sebuah perusahaan yang mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam mengelola karyawan. Tugas HRD manager yang umumnya kita ketahui yakni melakukan perekrutan karyawan hingga ke masa pensiun.

Namun, apakah tugas HRD dalam sebuah perusahaan sebatas itu saja? Apa fungsi dan bagaimana tanggung jawabnya?

Jika saat ini Anda merupakan seorang HRD sebuah perusahaan, ketahui dan temukan jawaban pentingnya dalam artikel kami kali ini!

Tentang HRD

Tugas HRD

Tugas HRD | Hadirr

Sebelum membahas lebih lanjut tentang tugas dan fungsi dari HRD, perlu Anda ketahui kepanjangan HRD sendiri yakni Human Resource Development. Divisi ini secara langsung mengurusi dan mengelola karyawan atau sumber daya manusianya.

Adapun bentuk pengelolaan dari sumber daya tersebut mulai dari rekrutmen, perencanaan SDM, pengembangan, manajemen performa, kompensasi atau penentuan nilai gaji, hingga meningkatkan hubungan kerja.  

Baca Juga: 7 Software HRIS Terbaik dan Terpopuler 2022 di Indonesia

Banyak yang berfikir bahwa HRD dan personalia itu adalah dua hal yang sama, padahal keduanya sangat berbeda.

Personalia sendiri terlibat dalam ruang lingkup pengarsipan dokumen, pencatatan kehadiran, penggajian karyawan, serta penghitungan tunjangan.

Sementara, ruang lingkup pekerjaan HRD yakni training and development, employee services, penilaian kinerja karyawan dan asesmen, serta menjaga relasi antara karyawan dengan perusahaan.

Fungsi HRD di Perusahaan

Fungsi HRD

Fungsi HRD | Hadirr

Melihat pengertian diatas, unit satu ini pada dasarnya memiliki fungsi untuk menangani seluruh hal yang berkaitan dengan sumber daya manusia di sebuah perusahaan.

Dalam pelaksanaannya, fungsi HRD ini terbagi menjadi dua yakni internal dan eksternal.

  • Fungsi internal

Secara umum, fungsi internal HRD yaitu melakukan perencanaan sumber daya manusia, orientasi karyawan, rekrutmen karyawan, manajemen performa, pengembangan sumber daya manusia, menentukan gaji serta kompensasi, hingga meningkatkan hubungan kerja karyawan.

HRD juga memiliki tanggung jawab dalam hal pengadaan sebuah kegiatan pelatihan pada sumber daya manusia agar bisa bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan pihak perusahaan.

  • Fungsi eksternal

Adapun fungsi eksternal HRD ini yaitu menyediakan layanan konseling di luar perusahaan untuk para karyawan. Dalam pelaksanaannya tentu perlu memerhatikan tingkat kemampuan dan kemauan dari pihak yang mengikuti konseling tersebut.

9 Tugas HRD yang Penting Diketahui

9 Tugas HRD

9 Tugas HRD | Hadirr

Nah, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja tugas HRD kepada karyawan agar bisa mencapai titik maksimal dan dapat memberikan hasil optimal, baik untuk perusahaan maupun karyawan. 

Inilah 9 tugas utama dari HRD yang wajib diketahui!

1. Menyiapkan perencanaan yang baik

Salah satu tugas Human Resource yang terpenting yaitu melakukan perencanaan sebelum menjalankan berbagai inisiatifnya. Apalagi, inisiatif dari HR ini sering memakan banyak resource, hingga HR manager harus menyusun perencanaan yang logis.

Anda mungkin sering mendengar tentang perencanaan tenaga kerja. Nah perencanaan ini merupakan sebuah proses dalam memperkirakan kebutuhan tenaga kerja di suatu perusahaan.

Bukan hanya untuk karyawan baru, namun untuk menyiapkan sumber daya manusia berkompeten yang bisa menjabat posisi penting, yakni pemimpin.

2. Rekrutmen dan seleksi karyawan berpotensi

Selanjutnya, tugas HRD adalah melakukan rekrutmen dan seleksi. Rekrutmen ini dibutuhkan untuk mencari dan menemukan SDM atau karyawan yang berpotensi. 

Namun untuk melakukannya, serangkaian proses harus dilalui. Mulai dari administrasi, tes psikologi, sampai pada proses wawancara.

Pemilihan SDM yang tepat akan membuat perusahaan terbantu dan tidak akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan potensi hingga mempersiapkan regenerasi kepemimpinan. 

Baca Juga: 6 Cara Screening CV yang Efektif bagi HRD

3. Menyediakan training dan development

Memberikan training dan development menjadi salah satu tugas HRD yang cukup penting. Ini dilakukan agar karyawan mampu memberikan hasil terbaik untuk perusahaan. 

Pelatihan dan pengembangan merupakan hal yang harus dilakukan oleh sebuah perusahaan. Sebab, karyawan perlu meningkatkan kemampuannya sehingga memberikan dampak positif untuk perusahaan.

4. Benefit and compensation

Tugas yang satu ini berperan penting dalam mendukung perusahaan. Wewenang HRD lah yang bisa merancang kompensasi mulai dari upah, program asuransi wajib, dan sebagainya. Termasuk memberikan benefit karyawan, HRD juga memiliki wewenangnya.

Bukan hanya merancang, divisi satu ini pun mengatur skema dan tata cara pendistribusiannya. Namun, perlu diingat bahwa kompensasi dan keuntungan ini diberikan dengan syarat mengikuti undang-undang yang berlaku, karena hal ini sangat sensitif di dunia perusahaan.

5. Menghimpun data administrasi

Tugas human capital selanjutnya adalah menghimpun data administrasi. Maksud dari administrasi ini yakni data payroll, karyawan, pembayaran karyawan lainnya, hingga pada sistem kontrak kerja. 

Sebenarnya data tersebut merupakan tugas dari personalia, namun personalia sendiri merupakan bagian dari HRD.

Personalia ini akan sangat membantu dan bisa meringankan kerja HRD. Ini karena mereka mampu mengurangi biaya tenaga kerja, meningkatkan keuntungan, hingga motivasi karyawan.

cta shift kerja pabrik

6. Mengevaluasi karyawan

Pada periode tertentu, perusahaan perlu melakukan evaluasi pada karyawannya. Nah, evaluasi ini sangat penting untuk menilai kinerja karyawan dan bisa menjadi dasar melakukan perbaikan di perusahaan.

Sebetulnya evaluasi tidak hanya berfokus pada kinerja, melainkan saat pelatihan dan  pengembangan juga. Jika ada hal yang keliru, tentunya kualitas pelatihan dan pengembangan perlu diperbaiki.

Intinya, evaluasi sangat penting dilakukan sebagai daya dukung perusahaan. 

7. Membuat lingkungan kerja yang kondusif

Bagaimanapun sebuah organisasi atau perusahaan terdiri dari latar belakang yang berbeda, hingga menjadikannya unik. Menyatukan ratusan, hingga ribuan karyawan dengan usia, sifat, dan cara berpikir yang berbeda tentunya menjadi suatu tantangan besar.

Setidaknya diperlukan beberapa aspek agar HRD bisa menciptakan lingkungan kerja yang kondusif, seperti:

  • Berkomitmen pada nilai perusahaan
  • Selalu memastikan agar karyawan tidak melanggar peraturan perusahaan
  • Menjembatani komunikasi antara karyawan dan manajemen.

8. Melakukan perencanaan karir (career planning)

Career planning menjadi salah satu tugas HRD yang juga sangat penting, khususnya bagi karyawan. Biasanya salah satu alasan dari karyawan melakukan resign adalah merasa tidak memiliki prospek perkembangan diri serta peningkatan karier di perusahaan.

Manajemen bersama HRD harus mampu merancang program perencanaan karir untuk setiap lapisan karyawan. Ini bertujuan agar karyawan yang bekerja di perusahaan memiliki motivasi untuk mencapai target tersebut dan tidak mudah berpikir pindah ke perusahaan lainnya.

9. Membuat dan merancang program bermanfaat

Disamping melakukan beberapa tugas sebelumnya yang berhubungan dengan kesejahteraan dan pengembangan karyawan, HRD pun perlu merancang program yang bermanfaat untuk karyawannya.

Melakukan perancangan program ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan HRD untuk membantu karyawannya lebih memahami perusahaan di tempatnya bekerja. 

Pastinya perusahaan mempunyai nilai dan budaya yang diciptakan serta berharap agar semua lapisan karyawan mempunyai visi dan misi yang sama, termasuk sense of belonging yang kuat.

Tugas dan tanggung jawab HRD memang tidak mudah. Namun, ada solusi terbaik yang bisa perusahaan Anda terapkan untuk memudahkan pekerjaan ini yakni dengan bantuan aplikasi HR cloud, untuk pengelolaan bisnis yang lebih baik.

Baca Juga: Ketahui 9 Masalah HRD yang Paling Sering Dijumpai

Aplikasi HRD Terbaik dari Hadirr

aplikasi absensi online hadirr

Aplikasi Hadirr menjadi solusi terbaik untuk membantu pekerjaan Anda sebagai HRD dalam meningkatkan produktivitas perusahaan. Aplikasi dan software HRD terbaik ini sudah terjamin keamanan dan kepraktisannya, serta tentu memiliki fitur yang dibutuhkan divisi HRD.

Hadirr dikenal sebagai aplikasi absensi kehadiran karyawan dengan fitur terlengkap. Sebut saja fitur presensi digital, pengaturan shift kerja, timesheet online, pencatat lembur karyawan, reimbursement online, pengatur shift kerja, dan Hadirr sales.

Dengan begitu, aplikasi ini bisa mengefisienkan tugas HRD dengan baik. Produktivitas kerja karyawan pun semakin baik dan tentu akan sangat menguntungkan perusahaan bukan? Yuk coba Hadirr sekarang juga!

Aplikasi Absensi Online Hadirr

 

author-tim-hr-hadirr
Tim HR Hadirr
Content Writer at Fast-8 Group

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *