Di dalam suatu perusahaan pasti terdapat karyawan yang kerjanya tidak disiplin, sehingga dapat menghambat kinerja divisi lain. Hal tersebut akan cukup membuat pusing HR, karena apabila karyawan tersebut tidak disiplin akan membutuhkan pengawasan yang lebih ekstra. HR pun tidak mungkin setiap hari menegur karyawan tersebut. 

Kenyataannya perusahaan sangatlah membutuhkan tipe karyawan yang bekerja secara optimal dan mengerahkan seluruh kemampuannya. Orientasinya bukan sekadar menyelesaikan tugas, tetapi juga pencapaian tujuan organisasi serta selalu mencari ide untuk kemajuan perusahaan.

Baca Juga: Kelebihan Sistem Absensi Online yang Wajib Anda Ketahui

Untuk itu diperlukan cara untuk mengatasi karyawan yang tidak disiplin agar terciptanya produktivitas kerja kembali. Kita pun menyadari bahwa karyawan memiliki karakter dan sifat yang berbeda-beda, sehingga diperlukan upaya yang tepat untuk mengatasinya agar lebih efektif untuk diterapkan kepada karyawan tersebut. Berikut 5 tips mengatasi karyawan yang tidak disiplin:

 

  • Tanya Seputar Masalah Pribadi

Cara pertama yang dapat dilakukan perusahaan terhadap karyawan yang tidak disiplin yaitu dengan menanyakan seputar masalah pribadi. Bisa jadi karyawan tersebut memiliki masalah sehingga membuatnya sulit mengikuti peraturan yang ada di kantor. Perusahaan perlu menanyakan secara langsung dengan komunikasi dua arah dan mendengarkan keluhannya.

 

  • Memberikan Sanksi yang Tegas

Apabila perusahaan sudah memberikan beberapa upaya perbaikan kepada karyawan namun karyawan tetap tidak disiplin, maka perusahaan perlu memberlakukan sanksi yang tegas. Sanksi bisa dalam bentuk bermacam-macam tergantung kebijakan perusahaan misalnya pemberian SP (Surat Peringatan), maupun sanksi penurunan upah atau gaji. Apabila pelanggaran telah dilakukan secara terus menerus maka perusahaan dapat memberikan sanksi berupa karyawan di-PHK atau penurunan pangkat. 

 

  • Berikan Penghargaan Bagi yang Disiplin

Memberikan penghargaan atau reward kepada karyawan yang disiplin nyatanya berhasil untuk membuat karyawan tersebut yang tadinya tidak disiplin menjadi termotivasi untuk lebih disiplin. Dengan menggunakan penghargaan, diharapkan karyawan dapat berlomba-lomba untuk lebih menaati peraturan kantor. 

 

  • Ciptakan Lingkungan Kerja yang Nyaman

Alasan karyawan tidak disiplin dapat dipicu oleh berbagai faktor. Mungkin alasan di balik ketidakdisiplinan karyawan adalah akibat suasana di kantor yang kurang mendukung seperti sangat menekan dan membosankan. Sehingga diperlukan lingkungan kerja dan fasilitas yang nyaman agar karyawan tetap produktif bekerja, seperti sediakan ruangan bermain ataupun ruangan istirahat. 

 

  • Gunakan Absensi Online

Apabila karyawan tidak disiplin dalam masalah kehadiran, maka perusahaan bisa menerapkan sistem absensi online yang bisa menjadi solusi dari permasalahan tersebut. Dengan menggunakan absensi online, karyawan tidak dapat memanipulasi atau mengakali data absen atau tidak dapat melakukan titip absen. Sehingga HR dapat lebih mudah memantaunya.

 

Untuk penggunaan absensi online, perusahaan bisa menggunakan e-absensi online Hadirr, yang dapat mengakomodasi pelaporan kehadiran karyawan secara online di banyak tempat dengan menggunakan teknologi Global Positioning System (GPS) dan face recognition sehingga HR dapat memantau karyawan yang tersebar di berbagai cabang. 

Keunggulan lainnya, aplikasi Hadirr berbasis cloud, sehingga perusahaan tidak membutuhkan perangkat elektronik seperti mesin fingerprint, namun cukup menggunakan smartphone. Karyawan dapat melaporkan kehadiran mereka dengan melakukan foto absen selfie di aplikasi yang sudah terpasang di ponsel masing-masing.

Aplikasi ini juga memiliki fitur lend app untuk memudahkan karyawan yang ponselnya tertinggal atau rusak sehingga absen dapat dilakukan dengan menggunakan ponsel milik teman sekantor. Fitur offline mode pun memungkinkan karyawan tetap dapat absen meskipun tidak memiliki kuota internet. 

Baca Juga: 3 Faktor Mengapa Kamu Wajib Memonitor Data Absensi Karyawan

Aplikasi Hadirr menyajikan data kehadiran secara real-time. Sehingga perusahaan dapat mengecek data terkini absensi kapan saja dan dimana saja melalui aplikasi sekalipun lokasi absen tersebar di banyak tempat. Perusahaan pun tidak perlu melakukan rekap absensi karyawan secara bulanan, sehingga perusahaan dapat mengambil langkah lebih cepat untuk mengatasi karyawan yang kerap tidak disiplin.

Aplikasi Absensi Online Hadirr

Writer: Diyan Faranayli