Sales forecasting adalah prediksi penjualan, estimasi penjualan atau ramalan penjualan. Setiap perusahaan menggunakan istilah yang berbeda-beda namun tetap dengan satu arti yaitu melakukan prediksi. 

Memprediksi penjualan dengan metode sales forecasting merupakan hal yang sangat penting bagi sales manager dalam mengelola tim penjualan dan mencapai target penjualan yang diinginkan.

Nah, sebelum kita mengupas lebih dalam alasan mengapa sales forecasting penting, mari kita bahas definisi sales forecasting terlebih dahulu.

Yuk, Kenali Sales Forecasting

Metode sales forecasting merupakan sebuah proses untuk memperkirakan penjualan di masa yang akan datang. Dengan perkiraan penjualan yang akurat, akan memungkinkan perusahaan dapat membuat keputusan  yang tepat dan memprediksi kinerja jangka pendek maupun jangka panjang.

Untuk membuat perkiraan ini, perusahaan dapat melihat berdasarkan data penjualan sebelumnya, melakukan perbandingan industri, dan mencari tren ekonomi terbaru. Ini tentu akan memberikan wawasan lebih banyak agar perusahaan dapat mengelola tenaga kerja, arus kas, dan sumber dayanya dengan tepat.

Baca Juga: Menyusun Strategi Sales yang Efektif dengan Aplikasi Monitoring

Dengan memprediksi penjualan di masa depan, sales manager dapat memahami permintaan pasar, menentukan target penjualan yang realistis, menganalisis tren penjualan, menyusun rencana pemasaran yang lebih baik, dan mengelola anggaran penjualan dengan lebih efektif.

Nah, untuk mengupas lebih mendalam tentang mengapa sales forecasting penting. Yuk, kita lanjut ke pembahasan berikut ini!

Mengapa Sales Forecasting Penting?

Sales Forecasting

Pengoptimalan metode prakiraan penjualan akan membantu Anda mencapai target KPI sales dengan lebih mudah. Tak hanya itu, Anda juga dapat membawa banyak keuntungan lainnya.

Berikut beberapa alasan lain yang menunjukkan pentingnya prakiraan penjualan:

Memberikan pemahaman tentang permintaan pasar

Salah satu keunggulan utama metode sales forecasting adalah memberikan pemahaman yang lebih baik tentang permintaan pasar. Dengan memprediksi penjualan di masa depan, sales manager dapat menyesuaikan strategi penjualan dan memastikan bahwa produk atau layanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Ini juga dapat membantu dalam menentukan jumlah stok yang dibutuhkan dan menghindari kekurangan atau kelebihan stok. 

Membantu menentukan target penjualan  

Metode sales forecasting juga dapat membantu dalam menentukan target penjualan yang realistis. Dengan memprediksi penjualan di masa depan, sales manager dapat membuat target yang sesuai dengan kemampuan tim penjualan dan kondisi pasar.

Hal ini dapat membantu dalam menetapkan tujuan yang terukur dan memotivasi tim penjualan untuk mencapainya. 

Ukuran yang diprediksikan tentu selalu berhubungan dengan bagaimana pasar akan memberi reaksi/tanggapan terkait produk dan jasa yang Anda jual.

Penggunaan forecasting penjualan yang tepat akan membantu tim Anda dalam mengambil keputusan yang bijak terkait penetapan tujuan, penetapan budget, hiring, dan hal- hal lain yang bisa mempengaruhi arus kas perusahaan.

Baca Juga: Siklus Penjualan (Sales Cycle) Bisnis Distribusi

Membantu menganalisis tren penjualan 

Selain itu, metode sales forecasting juga dapat membantu dalam menganalisis tren penjualan di masa depan. Dengan memprediksi penjualan di masa depan, sales manager dapat mengidentifikasi tren positif atau negatif dan menyesuaikan strategi penjualan sesuai dengannya.

Ini dapat membantu dalam mengantisipasi perubahan pasar dan memastikan bahwa tim penjualan selalu siap untuk menghadapinya.

Cara membuat prakiraan penjualan untuk menganalisis tren penjualan, pastikan Anda mempertimbangkan apa saja yang mungkin menyebabkan tren berubah misalnya: musim, kompetitor baru, minat pasar, dan yang lainnya.

Karena itu, analisis tren penjualan harus dilakukan secara konsisten dan selama berbulan-bulan agar memberikan hasil yang lebih optimal. Analisis tren yang hanya dilakukan sekali dalam satu periode saja tidak akan memberikan hasil yang akurat. 

Membantu menyusun rencana pemasaran 

Metode sales forecasting juga dapat membantu dalam menyusun rencana pemasaran yang lebih baik. Dengan memprediksi penjualan di masa depan, sales manager dapat menentukan target pasar dan menyesuaikan strategi pemasaran sesuai dengannya.

Ini dapat membantu dalam meningkatkan efektivitas pemasaran dan memaksimalkan keuntungan perusahaan.

Untuk menyusun rencana pemasaran yang optimal perusahaan juga membutuhkan data-data riwayat pembelian pelanggan dan nilai kepuasan dari para pelanggan lama. Anda juga harus memperhatikan jumlah pelanggan lama yang melakukan pembelian ulang secara terus menerus ataupun pelanggan yang memilih untuk tidak melakukan pembelian lagi.

Dari data-data yang sudah terkumpul tersebut Anda dapat melakukan sales forecasting yang akurat dengan prediksi yang lebih optimal. Beberapa tools yang bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan data pelanggan ini adalah web analytics, aplikasi CRM Hadirr, fitur CRM Hadirr, dan email.

Baca Juga: Top 7 Aplikasi Mobile CRM yang Populer di Indonesia

Gunakan Hadirr Sales untuk Optimalkan Sales Forecasting

aplikasi sales canvassing
Fitur Hadirr sales di aplikasi CRM Hadirr

Untuk membantu memudahkan Anda dalam membuat sales forecasting aplikasi Hadirr dilengkapi fitur Hadirr sales yang dapat membantu Anda memantau aktivitas penjualan dan potensi penjualan, sehingga akan lebih mudah membuat prediksi penjualan dan meminimalisir adanya peluang yang terlewatkan.

Bagi sales canvasser yang bertugas melakukan kunjungan sales bisa menggunakan Hadirr sales canvassing. Fitur ini akan membantu Anda dan tim dalam melakukan monitoring waktu kunjungan, mencatat tracking lokasi kunjungan, dan menyimpan dokumen karyawan lapangan. Jadi canvasser tidak perlu repot-repot memberikan laporan pada atasan saat sedang kunjungan lapangan.     

Tim sales Anda juga dimudahkan dengan adanya absensi sales. Tim Anda hanya perlu melakukan selfie di ponsel untuk absensi harian. Secara otomatis aplikasi akan melakukan tracking lokasi dan mencatat kehadiran tim Anda.

Pekerjaan tim sales Anda akan terasa lebih ringan bukan? Yuk, tingkatkan kinerja tim sales dengan Hadirr!

Aplikasi Absensi Online Hadirr
Marketing Officer at Fast8 Group

Marketing Officer at Fast8 Group, also editor Gadjian & Hadirr blogs.